Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
FL2N 2020 Tingkat Kecamatan Kemayoran

FL2N 2020 Tingkat Kecamatan Kemayoran

Tantangan Hari Ke-32

#TantanganGurusiana

Untuk pertama kalinya Kecamatan Kemayoran mengadakan Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N). Tahun-tahun sebelumnya saya hanya bisa menonton teman-teman guru di kecamatan lain yang dengan sukacita mendampingi siswanya pada ajang ini. Saya melihatnya di media sosial. Saya sangat ingin mengikutsertakan siswa sekolah saya untuk ikut. Maka tahun lalu saya coba untuk langsung daftar tingkat nasional. Memang tidak ada yang lolos seleksi.

Namun akhirnya tahun ini kecamatan tempat sekolah saya berada mengadakan FL2N. Ajang ini diadakan pada Senin, 24 Februari 2020 di SDN Cempaka Baru 12. Seperti yang kita ketahui, FL2N memiliki 5 cabang lomba. Sekolah saya mendaftar 4 lomba. Hanya lomba cipta syair yang tidak diikuti.

Saya cukup kaget dan terkesan dengan murid perempuan saya yang akan lomba mendongeng. Ia dan ibunya sudah mempersiapkan kostum dan aksesoris laki-laki betawi. Ya.... dongeng yang akan ditampilkan adalah kisah Si Pitung. Penampilannya sudah cukup bagus, lancar, dan interaktif. Logat betawi juga tidak ketinggalan ia pakai.

Pendamping tidak boleh masuk ke ruangan menulis cerpen dan cipta pantun. Maka saya menunggu di ruang membaca puisi. Siswa saya mendapat undian nomor 10. Sebelum siswa saya tampil, saya melihat ada satu peserta yang membawakan puisi dengan sangat bagus. Penghayatannya yang sangat dalam membuat peserta tersebut terlihat benar-benar menangis. Ekspresi sedih yang ditunjukkan begitu luar biasa. Melihat penampilan tersebut, saya jadi bisa belajar tentang bagaimana melatih siswa membaca puisi. Penampilan siswa saya tidak terlalu buruk. Namun tentu tidak dapat dibandingkan dengan peserta yang luar biasa tadi.

Ketika semua siswa sudah selesai, kami langsung kembali ke sekolah. Pengumuman pemenang belum dilakukan. Saya tidak terlalu cemas menanti hasilnya. Setidaknya siswa sekolah saya sudah tampil cukup baik dan lancar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post