Sri Ayu Sipah

Alumni IPB dan Kepala MTs Darul Hikmah Subah di Kankemenag Kabupaten Batang. Belajar dan terus belajar dalam universitas kehidupan untuk berika...

Selengkapnya
Navigasi Web
Geliat Literasi Batang dari Dinas Perpuska
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang

Geliat Literasi Batang dari Dinas Perpuska

Pagi menjelang, mentari menyembul malu dari balik kelambu awan. Angin semilir berhembus, bawa kabar akan adanya kebaikan hari ini. Siang beranjak datang, sang surya mulai hangatkan bumi, tebarkan energi panas motivasi untuk insan jalani aktivitasnya.

Kehangatan yang sama pada hatiku, malah terkesan panas oleh bara asa yang akan diperoleh pada rapat koordinasi dan evaluasi pelayanan perpustakaan keliling, oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang (Dinas Perpuska). Ini tak hanya terkait evaluasi perpustakaan keliling, juga bagaimana kegiatan literasi guru dan siswa yang tergabung Sagusabu dan Sasisabu tak hanya berhenti pada karya. Tetapi di mana nantinya semua karya ini akan bermuara.

Ruangan rakor tampak penuh dengan jajaran Kepala Sekolah yang menjadi mitra Dinas Perpuska, meski ada beberapa kursi depan yang kosong. Pembawa acara tak lelah ingatkan tamu undangan penuhi kursi terdepan, tetapi sampai acara dimulai tak nampak ada yang mau beringsut maju, sebuah contoh yang harusnya tak patut terjadi di tengah gencarnya gerakan keteladanan “Ing ngarsa sung tuladha”.

Acara berjalan hangat dan kekeluargaan, Bapak Rahmat Nur Fadhilah selaku Kepala dinas Perpuska sampaikan sambutan, mengapresiasi kerjasama yang terjalin dengan sekolah mitra. Kegiatan ini bagian dari evaluasi akhir tahun, guna perbaikan pelayanan perputakaan keliling pada tahun 2019 kelak. Beliau tipikal pemimpin yang mengayomi, untuk yang ke dua kalinya Kepala Sekolah mitra diundang oleh Dinas Perpuska selama beliau memimpin.

Pada saat ada sesi dialog dengan sekolah mitra, terungkaplah banyak fakta dan tersisip pula kebijakan untuk perbaikan pelayanan dan peningkatan literasi di Kabupaten Batang. Pertama, terkait koleksi buku dinas Perpuska yang tak bertambah, terkesan kuno tidak menyesuaikan perkembangan zaman, akan disikapi dengan pengajuan anggaran dalam rencana pengadaan koleksi buku tahun 2019. Diutamakan buku-buku karakter untuk siswa usia rendah, buku novel sastra yang sesuai usia siswa sekolah, dan buku menarik lainnya agar menumbuhkan minat baca pada siswa.

Kedua, ketiadaan katalog pada layanan perpustakaan keliling, disikapi dengan akan diadakannya katalog untuk memudahkan para siswa dalam mencari buku yang akan dipinjamnya. Ketiga, adanya literasi digital dengan peluncuran e perpus batang yang dapat diakses melalui playstore android. Keempat, peningkatan kerapihan dan kecekatan para petugas dalam memberikan pelayanan dan penataan buku, serta penjadwalan ulang terkait film edukasi yang akan ditayangkan berkala.

Kelima, Bapak Kepala Dinas Perpuska sangat antusias akan menyiapkan satu rak khusus, guna menampung buku karya guru dan siswa di dalam pelayanan perpustakaan keliling. Sebagai bentuk apresiasi hasil karya putra daerah, agar buku-buku tersebut dapat dibaca oleh seluruh siswa seantero Kabupaten Batang, juga sebagai bagian dari penyebaran virus menulis buku di seluruh lembaga pendidikan.

Literasi pada sebuah daerah tak akan bisa berjalan sendiri, dibutuhkan banyak sinergi dengan pihak-pihak terkait dan pemegang kebijakan agar bisa menjadi tolok ukur kemajuan pendidikan suatu daerah. Terimakasih Bapak Kepala Dinas Perpuska Kabupaten Batang beserta jajarannya, dari sinilah geliat literasi Batang akan bermula.

Selamat datang di dunia literasi, dunia baca tulis kunci gerbang peradaban zaman, dunia buku tempat ilmu bertumpu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses untuk kabupaten Batang. Semoga geliat literasinya semakin berkembang dan maju.

06 Dec
Balas

Matursembahsuwun doanya Ibu Dyahni, agar kami bisa segera menyusul ketertinggalan ini. Dunia literasi begitu ramai di kabupaten lain. Bismillah bertahap Batang akan bangkit.

06 Dec

Sukseskan literasi di Batang

06 Dec
Balas

Hayoo Bu Ike, di pundak Panjenengan asa ini bertumpu. Majukan literasi Batang.

06 Dec

Alhamdulillah, perhatian yg luar biasa dari pemerintah terhadap geliat literasi di daerah Batang, membuka peluang bagi karya para guru dan siswa. Sepertinya harapan Mbak Ayu terkait karya guru mendapat jalan terbaik Sukses selalu dan barakallah

06 Dec
Balas

Terimakasih doanya Bumda Ropi, insya Allah tak akan hanya berhenti di sini. Ada banyak mimpi ke depan untuk memfasilitasi karya anak bangsa mendapat ruang dan penghargaan tersendiri dari jajaran pemda dan pejabat daerah. Agar gairah menulis mereka tetap membara.

06 Dec

Semoga geliat itu akan semakin menggelora Bu Ayu....Sehat selalu dan sukses..Barakallah...

06 Dec
Balas

Njih Ibu Rini, matursembahsuwun doanipun. Kersanipun ketularan semangat Bu Rini dalam hasilkan karya.

06 Dec

Perhatian yang membanggakan dari pemerintah. Selamat dan sukses untuk Batang. Karya guru dan siswa disediakan rak tersendiri. Ikut senang, bahagia lierasi berkembang di Batang. Semoga daerah lain mengikuti hal sedemikian baik dan menggelorakan literasi... Sukses dan berkah, bu Ayu...

06 Dec
Balas

Matursembahsuwun Ibu Fila, Batang masih jauh tertinggal Ibu. Ini usaha kecil kami tuk coba giatkan literasi. Pada dasarnya literasi ini harus bertumpu banyak pada lembaga pendidikan, dan tak akan pernah berjalan maksimal tanpa campur tangan pemegang kebijakan.

06 Dec



search

New Post