Budi Hanif

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Meneroka Dapur Pentigraf Menjawab Kekinian

Meneroka Dapur Pentigraf Menjawab Kekinian

 

Meneroka Dapur Pentigraf Menjawab Kekinian

 

#Gurusiana# Reportase

 

           Mediaguru kembali hadir dengan webinar dahsyatnya. Kali ini merupakan webinar yang ke-V. Digelar pada hari Sabtu jam 08.00 sampai dengan 10 pagi, Webinar kali ini hadir dengan tema yang sangat tren dalam dunia literasi saat ini menjawab kebutuhan kekinian, yaitu tentang Pentigraf. Terjawab sudah semua kemelut  dikalangan penulis : Gimanakah cara  penulisan Pentigraf yang benar?. Banyak penulis telah mencoba melahirkan karya berupa cerpen tiga paragraf ini dalam tulisan gurusiana mereka. Akan tetapi masing-masing masih dibayangi rasa khawatir , apakah tulisannya sudah memenuhi standar penulisan yang benar sesuai kaedah atau syarat pentigraf?. Bahkan setelah di posting tulisannya ada yang minta di komentari.Takuuuut, takut salah komen karena ilmu yang mengomentari pun dangkal tentang ini.   Tak tanggung-tanggung CEO MGI  hebat sekali, bisa membaca situasi. The Best dulu buat Tim MGI memang okey.  Hehehe. 

           Webinar V ini menghadirkan penemu Pentigraf itu sendiri yaitu Bapak Tangsoe Tjahtjono dengan tema "Meneroka Dapur Pentigraf". Semua soal terjawab sudah melalui kupasan Pak Tang Soe setelah dipersilahkan oleh CEO. dengan santai Pentigrafis ini yang sudah tayang dari 80 an mengupas asal mula lahirnya pentigraf ini bisa berkarya dengan menghemat waktu . Karya cuma tiga paragraf sebanyak 210 kata , Ada alur cerita dan latar yang jelas, ada konflik cerita, tokoh boleh manusia, hewan  dan apapun. Ada  berupa kejutan di akhir cerita. Penulis harus berani KO, berani nakal . Kalimat lansung hanya  boleh 1 kalimat saja selebihnya diuraikan dengan deskripsi yang menarik untuk dibaca.  

       Pak Tang Soe juga mengupas sebelumnya juga ada karya sastra yang pendek seperti halnya pentigraf , yaitu puisi pendek karya Situ Simorang tahun 1955 yang berjudul " Malam Lebaran,, Bulan di atas Kuburan. 2 bait. dengan bersajak AA. Pantun Kilat ( Karmina). Dan puisi pendek khas Jepang: Haiku 

       Pembahasan diperkuat dengan kehadiran pemred mediaguru, Mas Eko Prasetyo, kesayangan para guru di mediaguru. Mengupas contoh pentigraf beliau yang berjudul Dua Sisi.

       Walau signal hilang timbul, sambil menuntaskan penyelesaian rapor siswa penulis tetap bisa mengikuti. Namun saat penulis dapat kesempatan untuk bertanya setelah diberi kesempatan oleh Pak CEO signal kembali hilang, walau sedikit kecewa pertanyaan penulis terjawab sudah. 

        Pembahasan diselingi dengan kuiz antara lain tanggal lahir Pak Teng Soe, jumlah kata pentigraf? serta tokoh tetap dalam pentigraf CEO? Gurusioner menjawab berbagai kuiz tersebut siaoa yang cepat mendapat hadiah buku karya Pak Teng Soe.

       Webinar ke-V Mediaguru ini begitu luar biasa. Para pencinta pentigraf begitu menikmati hidangan para narsum bisa  memuaskan dahaga, dibukakan mata pikirnya dengan pengetahuan bagaimana cara menulis pentigraf dengan baik. Humoris Bapak CEO menutup kegiatan webinar yang disambut ucapan terima dari semua peserta baik melalui cloud me ataupun via chat yang tersedia dalam gruop. 

 

 

Salam literasi. 21 Juni 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap reportasenya bu

25 Jun
Balas

Mantap reportasenya bu budi....

27 Jun
Balas

Makasih bun, untuk infonya saya masih dangkal ilmu tentang pentigrafSalam literasi

23 Jun
Balas



search

New Post