budi harsono

budi harsono, guru smpn 2 ngunut tulungagung penulis pemula, pecinta lingkungan, pecinta sejarah saat ini berjuang untuk menghidupkan gerakan literasi sekolah...

Selengkapnya
Navigasi Web

MARAHLAH JANGAN SAMPAI KE HATI

"Ketika saya larang membawa hape, dia malah membunyikan musik dengan nyaring Pak. Siapa yang tidak marah?" teman guru bercerita dengan geregetan.

Saya minta data nama siswa, kelas serta kenakalnnya. Di sebelahnya teman BK menambahkan data kenakalan anak itu.

"Orang tua dipanggil tidak datang Pak. Dia anaknya orang kaya, bahkan orang tuanya punya nama besar di kabupaten." teman BK menambahkan.

"Tolong dicatat bentuk kenakalannya. Apa yang diomongkan kepada guru di kelas, sikap dia ketika ditegur. Agar saya punya data lengkap untuk memanggilnya," saya berusaha menenangkan teman saya yang nampak marah.

"Pernah saya biarkan saja Pak. Saya anggap anak itu tidak berada di kelas. namun jika membunyikan musik di hapenya dengan suara nyaring, siapa yang tidak marah?"

Petuga Bk menambahkan, sebenarnya sudah ada larangan membawa hape, namun anak ini kelihatanya sengaja membuat masalah.

"Bu, saya sering menyarankan. Silakan marah pada anak-anak, tetapi jangan dimasukkan ke hati. Usia kita lima puluh ke atas, marah akan membuat gangguan pada kesehatan kita," saran saya pada teman-teman ketika menghadapi anak bermasalah.

Dia tersenyum mengiyakan. "Yuk kita jaga kesehatan kita, dengan cara berusaha menahan emosi agar tidak marah!, tetapi kasus anak tetap kita tindaklanjuti!"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

amin barokallah

05 Feb
Balas

Jika marah sampai ke hati, nanti kita bisa sakit hati, ya kan Pak? Jazakallah khoir tipnya, Pak. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

02 Feb
Balas



search

New Post