Budiyanti Anggit

Menulis adalah bagian dari hidupnya. Dengan menulis hidup lebih bermakna. Oleh karena itu menulis dan menulis. Saat ini mengajar di SMP N 2 Banyubiru Kabupaten ...

Selengkapnya
Navigasi Web

TANAMKAN GEMAR MEMBACA SEJAK DINI (Tagur 41)

@parenting3

Membaca di kalangan anak masih sangat minim. Orang tua cenderung mengajak si buah hati untuk bermain. Hanya beberapa saja yang mengajak putra putrinya yang masih kecil untuk gemar membaca. Inilah kenyataan yang ada. Padahal membaca amat penting bagi tumbuhkembang anak. Dengan membaca kecerdasaan akan terbentuk. Mungkin orang tua beranggapan bahwa membaca membuat anak terbebani. justru sebaliknya dengan membaca banyak hal positif yang akan diperoleh anak. Dengan sedini mungkin kita tanamkan membaca maka di kemudian hari anak akan makin cerdas dan berprestasi. ada beberapa cara agar anak gemar membaca sedini mungkin.

Pertama, keteladanan orang tua. Keteladanan amat penting bagi anak. Bukan hanya saran atau perintah saja tetapi orang tua harus bisa memberi contoh kepada putra putrinya. Hal ini amat penting. Orang tua menjadi suri teladan anak. Belilah koran, majalah atau buku apa saja. Membacalah di waktu tertentu. Jangan lupa sediakan buku-buku yang pantas untuk anak sesuai umur. Tak menunggu lama anak akan meniru perbuatan orang tua.

Kedua, membuat sudut baca. Sudut baca amat penting untuk menanamkan anak gemar membaca. Ajak anak membeli buku dan bersama-sama menatanya. Biarkan anak berkreasi untuk mengatur buku. Cara ini akan menjadikan anak terangsang untuk membaca. Niatkan untuk menyediakan beberapa buku untuk diletakkan di sudut baca. Tak harus rak mahal, meja pun bisa untuk menata buku. Anak pun akan mudah mencari buku dan mengembalikan buku.

ketiga, membaca bersama. Luangkan waktu untuk membaca bersama. Misalkan setelah magrib semua anak dan orang tua membaca. Tak ada yang memegang HP. Kebersamaan itu penting. Hal ini bisa menjadikan saling belajar. Agar tidak bosan bisa juga orang tua memberi pertanyaan tentang bacaan yang dibacanya atau menceritakan kembali baik lisan atau tertulis.

Keempat, hadiahkan buku. Biasakan memberi hadiah buku. Pada saat even tertentu misalkan pas ulang tahun, kenaikan kelas atau selesai membaca beberapa buku, kita berikan buku sebagai hadiah. Tidak harus mahal. Jenis buku sesuai usia anak. Hal ini jadi motivasi anak untuk gemar membaca.

Kelima, rekreasi ke toko buku. Agendakan rekreasi ke toko buku. saya yakin bisa. Bukankah rekreasi ke wisata sering dilakukan dengan senang. Oleh karena itu jika sebulan atau dua bulan sekali rekreasi ke toko buku akan menjadikan anak kita gemar membaca. Kita bisa menyisihkan sebagian uang belanja untuk rekreasi yang langka ini terwujud. Inyaallah ada niat akan ada jalan.

Kelima hal tersebut akan menjadikan anak gemar membaca sedini mungkin. Dengan penanaman sejak awal akan lebih mudah untuk mengembangkannya. Gemar membaca menjadikan anak cerdas, berpikir kritis dan lebih berkarakter.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post