Buhrin Wayka

Penilik PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota bandar Lampung...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERTEMUAN PENILIK DAN HIMPAUDI SE-KOTA BANDAR LAMPUNG

PERTEMUAN PENILIK DAN HIMPAUDI SE-KOTA BANDAR LAMPUNG

Hari telah siang, waktu telah menunjukan pukul 12.30 Wib, tampak terlihat sekumpulan orang yang memakai seragam batik berwarna biru bertuliskan Himpaudi dengan ciri khas logonya. Ya hari itu hari Rabu tepatnya tanggal 11 September 2019 ada pertemuan yang sangat penting di Kelompok Bermain Permata Bunda yang beralamatkan Jalan Perwira 2 Tanjung Baru Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung. Kehadiran pengurus Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini atau yang disingkat dengan Himpaudi dari dua puluh kecamatan se Kota Bandar Lampung dengan dua belas orang penilik PAUD dan Dikmas memang sudah direncanakan dari dua hari yang lalu. Perwakilan dari setiap pengurus Himpaudi terdiri dari ketua dan sekretaris pada setiap Kecamatan se- Kota Bandar lampung berjumlah kurang lebih 40 orang yang hadir dan ditambah dengan dua belas penilik PAUD dan Dikmas Kota Bandar Lampung.

Agenda Pertemuan antara Penilik dan Himpaudi Se-Kota Bandar Lampung diawali dengan acara pembuka dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Himpaudi Kota Bandar Lampung dalam hal ini disampaikan oleh Helmiyati selaku pengurus Himpaudi Kota Bandar Lampung, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Koordinator Penilik Kota Bandar Lampung yaitu Muhajir tak ketinggalan doa yang diimami oleh Buhrin selaku pemimpin doa pada siang hari itu berlangsung dengan husyuk dengan penuh pengharapan pada Allah SWT.

Acara rapat koordinasi pun berjalan dengan lancar diawali dengan disampaikannya paparan materi oleh Subarjito selaku Penilik PAUD dan Dikmas di Kecamatan Sukarame dan Kecamatan Sukabumi Paparan yang disampaikannya adalah Peningkatan percepatan layanan PAUD ( Kober, SPS,TPA) dengan salah satu inti paparannya menyampaikan Peraturan Presiden No 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. Kutipan yang disampaikan Subarjito ditengah-tengah paparan materinya adalah ungkapan Presiden Jokowi mengatakan , adanya anggaran bagi guru PAUD itu tak lepas dari adanya payung hukum , yakni Peraturan Presiden No 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter, “ kita harapkan ini menjadi payung hukum mengalokasikan dana bagi guru PAUD . kalau gak ada payung hukumnya mana berani Gubernur , bupati, walikota memberikan dana” ujar Jokowi saat bicara dalam pelatihan akbar Guru Pendidikan anak Usia Dini se DKI Jakarta 20/9/ 2017. Diakhir penyampaian materinya Subarjito mengajak pada seluruh lembaga satuan Kelompok Bermain (Kober) dan SPS untuk sama-sama meningkatkan mutu layanan PAUD dengan totalitas tanpa beban.

Dilanjutkan paparan materi kedua yang disampaikan oleh Muhajir selaku Penilik PAUD dan Dikmas Kecamatan Teluk Betung Barat dan Kecamatan Teluk Betung Timur. Muhajir menyampaikan kondisi satuan pendidikan Kelompok Bermain(Kober) dan SPS yang ideal, dasar hukum pegelolaan dan penyelenggaran TK, Kober/SPS yang berkaitan mengenai Kurikulum tertuang dalam Permendikbud N0.137 th 2014, kemudian Standar PAUD tertuang dalam Permendikbud no 146 th 2014.

Acuan penyusunan Kurikulum (perangkat pembelajaran), adalah berdasarkan pada 10 buku pedoman penyusunan kurikulum PAUD yang merupakan pejabaran dari permendikbud no.137 dan 146 th 2014.

Materi terakhir disampaikan oleh Sahmir Rasyid selaku Penilik Kecamatan Bumi Waras dan Kecamatan Panjang, Sahmir lebih menyoroti pada titik inti lembaga satuan PAUD layanan Kelompok Bermain (Kober) dan SPS adalah pada Prinsip-prinsip Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) selaku jantungnya lembaga satuan Kelompok Bermain dan SPS. Sahmir mengajak seluruh lembaga harus membuat KTSP agar kegiatan pembelajaran melalui bermain di lembaga satuan Kelompok Bermain dan SPS dapat berjalan dengan baik.

Tak terasa waktu pun terus berjalan dan waktu telah menunjukan pukul 15.30 saatnya istirahat dan melaksanakan sholat ashar, setelah selesai istirahat dan sholat ashar maka dilanjutkan dengan tanya jawab dan pembahasan khusus mengenai peningkatan kekompakan Himpaudi dengan Penilik dalam memajukan Pendidikan di Kota Bandar Lampung.

Semoaga terus maju, Himpaudi Jaya, Penilik mantab dalam membimbing lembaga satuan Kelompok Bermain (Kober) dan SPS untuk lebih baik lagi kedepannya.

By.Buhrin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses terus ya pak...Aamin

12 Sep
Balas

Sukses terus ya pak...Aamin

12 Sep
Balas

Sukses terus ya pak...Aamin

12 Sep
Balas

Trimakasih ibu,sama-sama sukses ya Bu.Agar bisa berbagi...

12 Sep



search

New Post