Bunda Dayah

Seorang pegiat pendidikan anak-anak di kota Banda Aceh dengan mendirikan Komunitas Kampung Dongeng Aceh. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Baca Ini Sebelum Buat RESOLUSI Menulis 2018
Buku Cerita Anak Aceh Go International ke Belanda

Baca Ini Sebelum Buat RESOLUSI Menulis 2018

Setiap kali saya mengunjungi perpustakaan atau toko buku, saya selalu memperhatikan dengan seksama judul buku yang tersusun rapi di rak. Aneka judul menarik membuat setiap orang penasaran membaca isinya. Walaupun dari judul buku yang menarik, bisa jadi isinya biasa saja. Namun ada pula yang judulnya biasa saja, tapi isinya luar biasa.

Dari berbagai buku-buku yang telah diterbitkan oleh berbagai penerbit di tanah air, saya kadang kadang jadi tidak percaya diri menulis. Sering saya termenung beberapa saat, apakah masih ada judul buku yang belum pernah dituliskan oleh para penulis-penulis keren ini?

Hal itulah yang membuat saya menjadi kuat bertekad menemukan ide baru yang dapat menjadi inspirasi dan membawa kemanfaatan bagi banyak orang. Dan Kesemuanya saya tangan dalam sebuah resolusi Menulis Buku di tahun 2018. Nah, resolusi ini akan menjadi tantangan bagi saya untuk mewujudkannya. Ini dia RESOLUSI MENULIS 2018 :

"PERTAMA, Dalam setahun kedepan saya akan menulis minimal 6 buku. Dengan kategori parenting, cerita anak, novel realistik. KEDUA, buku-buku saya akan sampai ke luar negeri"

Ternyata membuat resolusi itu mudah menuliskannya. Namun menjaga resolusi ini tetap ada dan terlaksana, maka diperlukan daya tahan yang mesti dilindungi dengan baik. Karena sepanjang perjalanan ke depan, naik dan turun semangat akan sering kita alami atau hambatan lainnya.

Ada beberapa tips menjaga Resolusi, diantaranya adalah :

1. Tetaplah membaca, minimal dalam 1 hari ada buku yang kita baca. Ini akan membantu kita untuk semangat menulis seperti apa yang kita baca.

2. Cari teman yang dapat memotivasi untuk membaca dan menulis. Ini sangat penting, Karena sering terjadi semangat yang berkobar, langsung mati seketika, pada saat bertemu dengan teman yang tidak mendukung semangat kita.

3. Menulislah setiap hari, meskipun hanya satu kalimat saja. Ini akan menjaga konsistensi kita mengeluarkan ide menulis.

4. Tulis resolusi Anda dan tempel di tempat yang anda sering akan melihat nya, seperti di pintu, dinding dekat tempat tidur, di dapur, di ruang tamu atau dimana saja.

5. Update setiap hari group - group menulis, sehingga kita akan terus mengetahui perkembangan kegiatan menulis, terutama teman teman lain yang telah lebih dahulu menulis buku. Seperti group Majalah Media Guru Indonesia, Media Guru Indonesia, website Gurusiana, dan lainnya.

6. Banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT, agar tetap istiqomah menulis. Karena bisa Kapan saja godaan dari dalam diri atau luar diri untuk menghentikan tulisan sebelum selesai.

Nah, Ini resolusi saya, semoga terlaksana dan bermanfaat. Mana resolusi mu?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap. Lanjutkan

29 Dec
Balas

Siap pak leck

01 Jan

Mantap bunday, moga terealisasi!

28 Dec
Balas

Mantap bunday, moga terealisasi!

28 Dec
Balas

Terima kasih ya bu safrida. Sukses juga buat ibu

01 Jan

Resolusi yang luar biasa... Makin percaya diri untuk menjadi yang terbaik.. makasih tips nya Bunda Dayah..

30 Dec
Balas

Resolusi yang luar biasa... Makin percaya diri untuk menjadi yang terbaik.. makasih tips nya Bunda Dayah..

30 Dec
Balas

Resolusi yang luar biasa... Makin percaya diri untuk menjadi yang terbaik.. makasih tips nya Bunda Dayah..

30 Dec
Balas

Sama sama bu mimi. Lanjuuut

01 Jan

Sipp.

29 Dec
Balas

Siiiip juga bu himmah

01 Jan

Keren idenya Bunda Dayah. Saya yakin Allah akan mengabulkan niat baik ini. Krn Bunda Dayah punya kapasitas yg cukup baik . Bravo Bunda Dayah. Jazakillah khairan katsiran

29 Dec
Balas

Keren idenya Bunda Dayah. Saya yakin Allah akan mengabulkan niat baik ini. Krn Bunda Dayah punya kapasitas yg cukup baik . Bravo Bunda Dayah. Jazakillah khairan katsiran

29 Dec
Balas

Terima kasih ya pak. Salut juga buat bapak. Ayo pak Semangat menulis

01 Jan

Thank you,sangaaat bermanfaat,siap laksanakan

29 Dec
Balas

Sama sama bu

01 Jan

Pengen nulis tapi tau memulai dari mana.

29 Dec
Balas

Pengen nulis tapi tau memulai dari mana.

29 Dec
Balas

Pengen nulis tapi tau memulai dari mana.

29 Dec
Balas

Pengen nulis tapi tau memulai dari mana.

29 Dec
Balas

Mulai dari sekarang bu. Ayoooo

01 Jan

Keren bunday... semoga resolusiny bisa tertular k guru2 yg lain dan membangkitkan semangat yg mulai menurun ni....semangaat bunday

01 Jan
Balas

Aamiin. Thanks ya bu Ida keceh badai

01 Jan



search

New Post