Bunda Dayah

Seorang pegiat pendidikan anak-anak di kota Banda Aceh dengan mendirikan Komunitas Kampung Dongeng Aceh. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penulis Atau Penjual Buku
Buku perdana karya Bunda Dayah di Media Guru Indonesia

Penulis Atau Penjual Buku

Para penulis tugas utamanya adalah menulis. Selain itu, sebenarnya bukan tugas penulis. Seperti, mengedit tulisan itu tugas editor, menjual buku yang sudah terbit itu tugas marketing dan lain sebagainya. Namun, yang sering terjadi, seorang penulis juga mesti memahami dan melakukan tugas lainnya selain menulis.

Bagi penulis pemula, menyelesaikan naskah buku akan terasa berat. Apalagi editornya, pasti akan lebih dahsyat perjuangan mengedit naskah tersebut. Namun seiring berjalan, penulis mestinya akan terus memperbaiki skill mereka dalam menuangkan id-ide mereka dalam bentuk tulisan.

Skil menulis itu diantaranya tata bahasa, tanda baca dan ketentuan ejaan bahasa Indonesia. Menjadi self-editor bagi tulisannya sendiri itu tugas sampingan penulis sebelum diserahkan pada editor. Benar bahwa tugas editorlah yang merapikan naskah buku seorang penulis. Namun jangan Lupa bahwa seorang penulis sejati mesti terus menerus memperbaiki skill nya memahami tata bahasa yang baik. Paling tidak, sang editor tidak terlalu mengepul dan berasap kepalanya saat mengedit tulisan kita.

Nah, ada yang menarik dari pengalaman saya beberapa waktu terakhir ini. Ketika saya memosting beberapa cover buku karya saya, ada yang bertanya, "Bunda, sekarang jualan buku ya?" Hmmmmmm, apakah saya lebih dikenal sebagai penulis Atau penjual buku ya. Pertanyaan itu tidak lantas membuat saya demotivated untuk terus menulis. Karena saya sudah memutuskan bahwa tugas utama saya menulis dan tugas sampingannya adalah marketer buku saya sendiri.

Sudahkah berzikir hari ini?

Yuk, menulis!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menawarkan buku juga bagian dari latihan menulis

26 Mar
Balas

Iya. Benar sekali pak Omank. Terima kasih sudah mampir ya pak

14 Jul

Penulis harus bisa memasarkan buku bu, kalau hanya mengandalkan orang membeli buku kita, kita bukan kelasnya Andrea Herata, atau Habiburrahman ElZarazi, dan penulis top lainnya, lihat tulisan saya terdahulu, kita harus pandai menawarkan dan menjual buku kita sendiri, karena kita penulis pemula bu

26 Mar
Balas

Siyap pak. Dapat ilmu baru nih pak Syaikhu. Terima kasih banyak ya pak. Semangat Literasi

26 Mar



search

New Post