Bunda Suherti

Tinggal di Bekasi Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Inilah Arah Penyederhanaan  Kurikulum  di masa Pandemi covid -19.

Inilah Arah Penyederhanaan Kurikulum di masa Pandemi covid -19.

Inilah Arah Penyederhanaan  Kurikulum  di masa Pandemi covid -19.

Tantangan ke 204

Arah penyederhanaan kurikulum yang kini dirumuskan oleh tim Kemendikbud sesuai dengan  yang disiarkan melalui kanal Youtube DPR RI.

Pertama, fokus kurikulum akan mencakup pada tiga hal, yakni literasi, numerasi dan pendidikan karakter. Jadi ada  tiga fokus yang foundational yaitu literasi, numerasi dan pendidikan karakter.

Bila semua unsur dari kurikulum harus dituntaskan, maka pembelajaran jarak jauh akan sulit menjadi efektif. Oleh karenanya disediakan  modul-modul yang bisa dilakukan, yang benar-benar berdampak pada literasi, numerasi dan pendidikan karakter. Jadi hipotesanya adalah kalau semua dikerjakan, semua unsur dari kurikulum dikerjakan, dengan PJJ akan sangat sulit.

Selama masa pandemi siswa maupun guru tidak wajib mengejar ketuntasan kompetensi inti (KI) maupun kompetensi dasar (KD).

Karena walaupun sudah tersedianya modul-modul yang fokus untuk literasi, numerasi dan karakter, tapi kalau masih ada kewajiban penuntasan KI dan KD, maka akan kembali lagi ke penyelesaian silabus secara komprehensif, yang dimungkin tidak ideal untuk pembelajaran jarak jauh.

Kemudian sebagai arahan bagi guru, orangtua dan siswa terkait fokus kurikulum di masa pandemi, Kemendikbud akan menyediakan modul pembelajaran sebagai panduan belajar dari rumah.

 Modul tersebut juga akan mencakup beragam peran orangtua terhadap proses belajar anak. partisipasi orangtua adalah faktor terpenting di dalam kesuksesan pembelajaran jarak jauh.

Observasi dan research yang  lakukan, satu hal yang sudah jelas, partisipasi orang tua adalah faktor terpenting di dalam kesuksesan pembelajaran jarak jauh.

Selain itu, bagi siswa yang mengalami ketertinggalan atau tantangan dalam pembelajaran, juga berhak mendapatkan bantuan remedial.

 

Program Belajar dari Rumah lewat TVRI dan platform teknologi pembelajaran pun, akan terus berjalan sebagai pilihan pembelajaran. 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

sangat informatif bunda, salam sukses selalu

09 Aug
Balas

Salam juga ibu cantik..terimakasih sudah mampir

10 Aug



search

New Post