Bunda Suherti

Tinggal di Bekasi Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sayur Bekasem

Sayur Bekasem

Tantangan ke 220

Bagi saya tentu saja tidak asing lagi dengan sayur bekasem. Bahkan sayur bekasem ini adalah menu pavorit saya. Saya sendiri sering membuat sayur bekasem. Tetapi sayur bekasem yang saya buat sekarang sedikit berbeda dengan sayur bekasem yang dulu sering di masak oleh ibu saya. Perbedaannya terletak pada bahan yang bekasem itu sendiri.

Dulu ibu saya selalu membuat bekasem, dengan bahan ikan kecil - kecil seperti ikan cere yang diambil dari sawah atau kali. Setelah dibersihkan ikan tersebut diberi garam agak banyak dan campuran nasi. Kemudian disimpan didalam toples yang ditutup rapat. Tujuannya agar higienis dan tidak ada udara yang masuk. Karena kalau ada udara yang masuk akan ada bakteri yang tumbuh. Bakteri itu akan tumbuh menjadi belatung. Bahan bekasem tadi dibiarkan dua atau tiga hari. Sehingga terjadi proses permentasi. Inilah yang menjadikan rasanya asem tetapi bukan busuk. Oleh karena dinamakan bekasem.

Membuat bekasem tidak sukit tetapi perlu ketelitian yang yang bisa membuatnya hanya emak - emak. Karena itu saya tidak bisa membuat bekasem selain bahan ikan kecil- kecil dari sawah atau kali itu sekarang ditempat saya susah di cari. Bekasem ini yang nantinya di campurkan sebagai bumbu khas pada sayur asem orang Bekasi, yang disebut sayur bekasem.

Untuk bahan bekasem ini sekarang saya ganti dengan teti asin yang dibersihkan terlebih dulu sebelum di campurkan kedalam masakan. Namun sebelum di campukan dengan bahan lain teri asin di tumis dulu dengan bumbu khas sampai matang.

Sayur bekasem(sayur khas orang Bekasi) Sayur ini banyak juga yang menyebutnya sayur kebon karena segala jenis sayuran bisa masuk kesini. Lebih komplit lagi dari sayur lodeh. Sayur ini di sajikan pada saat acara kumpul keluarga besar, seperti arisan keluarga. Disantap bareng bareng dengan rame nya keluarga semakin menambah kerukunan keluarga. Sayuran yg bermacam macam,rasa sayur yang rame, pedas, asin, asem,gurih, unik simbol dari kebersamaan keluarga.

Sayur bekasem kalau boleh dibilang inilah sayur lodehnya orang Bekasi. Sepintas memang mirip sayur lodeh, baik isi maupun penampilannya yang berkuah santan. Sedikit yang membedakan adalah isinya terdapat jantung pisang dan ditambahkan sedikit teri. sedangkan sayuran yang lain sama dengan sayur lodeh pada umumnya yaitu terong ungu, labu siam, kacang panjang, melinjo dan jagung manis.

Untuk taste dari sayur Bekasem sendiri lebih berbumbu karena memang bumbunya lebih lengkap dari bumbu sayur lodeh ada bawang merah putih, cabe,kunyit, jahe, daun sereh, daun salam dan lengkuas. Sementara untuk santan tidak terlalu kental tetapi cukup gurih dan aroma kunyit juga tidak menyengat.

#Banggalah jadi orang Bekasi.

Tambun Selatan, 30 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bingit untaian kata tentang masakan khas daerah Bekasi. Sukses selalu dan barakallahu fiik

30 Aug
Balas

Keren, Bunda. Saya baru tahu itu namanya sayur bekasem. Yang saya tahu pepes ikan dengan bumbu bekasem.

30 Aug
Balas

Mantaf nih, bun sayur bekasemnya, karya nyata anak Bekasi

30 Aug
Balas



search

New Post