BungRam

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjadi Orangtua Yang Ramah Terhadap Anak, Sebagai Kunci Kebahagiaan.

Menjadi Orangtua Yang Ramah Terhadap Anak, Sebagai Kunci Kebahagiaan.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kehangatan dalam hubungan orangtua-anak terkait dengan hasil positif untuk anak-anak. Harga diri yang lebih tinggi, komunikasi orangtua-anak yang lebih baik, dan lebih sedikit masalah psikologis dan perilaku telah dikaitkan dengan kehangatan dan kasih sayang orangtua.

Kita semua hidup dalam kesibukan, kehidupan yang penuh tekanan dan memiliki keprihatinan yang tak ada habisnya sebagai orang tua, tetapi jelas bahwa salah satu hal terpenting yang perlu kita lakukan adalah berhenti dan memberi anak-anak kita tekanan penuh kasih sayang. Penelitian selama dekade terakhir menyoroti hubungan antara kasih sayang di masa kecil dan kesehatan dan kebahagiaan di masa depan.

Menurut Child Trends - organisasi penelitian nirlaba terkemuka di Amerika Serikat yang berfokus pada peningkatan kehidupan dan prospek anak-anak, remaja, dan keluarga mereka - sains mendukung gagasan bahwa kehangatan dan kasih sayang yang diungkapkan oleh orang tua kepada anak-anak mereka menghasilkan kehidupan yang positif seumur hidup.

Penelitian menyebutkan dampak dari kasih sayang dan perlakuan orangtua terhadap anak sejak bayi, terhadap pertumbuhan fisik, mental dan juga kecerdasan.

Pada 2010, para peneliti di Duke University Medical School menemukan bahwa bayi dengan ibu yang penuh kasih sayang dan penuh perhatian tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih bahagia, lebih ulet, dan sedikit mengalami kecemasan. Penelitian ini melibatkan sekitar 500 orang yang diikuti sejak mereka masih bayi sampai mereka berusia 30-an. Ketika bayi berusia delapan bulan, psikolog mengamati interaksi ibu mereka dengan mereka saat mereka mengambil beberapa tes perkembangan.

Para psikolog menilai tingkat kasih sayang dan perhatian ibu pada skala lima poin mulai dari "negatif" hingga "teramat sayang." Hampir 10 persen dari ibu menunjukkan tingkat kasih sayang yang rendah, 85 persen menunjukkan jumlah kasih sayang yang normal, dan sekitar enam persen menunjukkan tingkat kasih sayang yang tinggi.

30 tahun kemudian, orang-orang yang sama diwawancarai tentang kesehatan emosional mereka. Orang dewasa yang ibunya menunjukkan kasih sayang, jauh lebih kecil kemungkinannya dibandingkan dengan yang lain untuk merasa stres dan cemas. Mereka juga cenderung melaporkan permusuhan, interaksi sosial yang menyusahkan, dan gejala psikosomatik.

Para peneliti yang terlibat dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa hormon oksitosin mungkin bertanggung jawab atas efek ini. Oksitosin adalah zat kimia dalam otak yang dilepaskan pada saat seseorang merasakan cinta dan koneksi. Itu telah ditunjukkan untuk membantu ikatan orang tua dengan anak-anak mereka, menambahkan rasa kepercayaan dan dukungan di antara mereka. Ikatan ini kemungkinan besar membantu otak kita memproduksi dan menggunakan oksitosin, menyebabkan anak merasakan emosi yang lebih positif serta harga diri yang lebih tinggi, kinerja akademik yang meningkat, komunikasi orangtua-anak yang lebih baik, dan lebih sedikit masalah psikologis dan perilaku telah dikaitkan dengan jenis kasih sayang ini. Di sisi lain, anak-anak yang tidak memiliki orang tua yang penyayang cenderung memiliki harga diri yang lebih rendah dan merasa lebih terasing, bermusuhan, agresif, dan anti-sosial.

Para peneliti mengatakan bahwa pertanyaan penting mereka selanjutnya adalah mengidentifikasi mengapa cinta orangtua berdampak pada anak-anak dengan cara ini. Para peneliti menyebutkan bahwa ketika orang tua saling mencintai, mereka cenderung berinvestasi lebih banyak pada anak-anak mereka, yang menyebabkan anak-anak mamikiki kemampuan beradaptasi yang baik, percaya diri, dan memiliki pemikiran yang positif dalam menjalani kehidupan mereka selanjutnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul sekali. Kasih sayang adalah modal anak kita tumbuh kembang dengan baik dan penuh percaya diri. Jadi jangan sia-siakan mereka

20 Mar
Balas

Follow pak

20 Mar
Balas



search

New Post