Burhani Abu Bakar Arsyad

Dilahirkan Oktober 1975 (dulu bintang Libra : 23 September-22 Oktober, sekarang menjadi Virgo : 17 September-30 Oktober) dari keluarga yang sanga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Idola (Bagian 4)
Ilustrasi gambar : POJOKBEKASI.com

Guru Idola (Bagian 4)

Tantangan Hari ke-1040

#TantanganGurusiana-3

***

Setelah pelaksanaan Ujian kenaikan kelas 4, tinggal menunggu kegiatan penyerahan laporan hasil pendidikan (Rapor). Selama proses pengolahan nilai, kegiatan siswa hanya dihabiskan dengan bermain di area sekolah. Selain itu juga ada yang kegiatan lain yang lebih ekstrim. Karena di belakang sekolah ada area perkebunan karet. Rata-rata murid yang laki-laki banyak menghabiskan waktunya dalam hutan pohon karet. Karena ada banyak buah-buahan segar yang bisa dimakan.

Untuk kegiatan ini, biasanya saya suka tapi tidak terlalu banyak menghabiskan waktu bersama teman yang lain. Ada banyak bahaya yang mengancam. Berbagai jenis binatang melata yang tidak bisa terpantau dengan baik, akan menjadikan saya harus mawas diri. Akhirnya saya memilih segera menyudahi petualangan bersama teman-teman di hutan karet.

Tepat pada hari Sabtu, dilangsungkan kegiatan pembagian Laporan Hasil Belajar (Rapor). Sama seperti tahun sebelumnya, saya masih berada pada posisi terbaik di kelas. Kebanggaan dan kebahagiaan terpancar dengan jelas diwajah. Tapi tetap saja tidak membuat saya merasa lebih baik dan sombong. Mungkin karena faktor umur, saya merupakan murid termuda di kelas, sehingga tidak begitu terasa oleh teman-teman yang lain. Biasanya ada satu yang selalu menjadi tandem sebagai juara 1 dan 2, orang tersebut adalah Rusmadi. Dia pulalah menjadi sosok sahabat sejati saya (kini beliau sudah berpulang, tepatnya saat saya sedang melanjutkan studi di Kota Padang). Semoga alm mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt.

Kenaikan kelas ini menjadi makin spesial. Karena saat nanti di kelas 5 kembali bertemu dengan sosok guru kelas yang sangat baik dengan semua muridnya, belum lagi hubungan baik dengan keluarga di rumah. Beliau adalah ibuk Rahmah. Sesuai dengan namanya, beliau memang guru yang penyayang. Bersama beliau pula, kemampuan belajar saya menjadi makin terasah.

Semua arahan dan bimbingan buk Rahmah tidak pernah dilupakan. Kebanggaan bagi beliau saat kami muridnya menjadi sosok yang baik kelakuannya dan baik pula prestasi belajarnya. Beliau selalu memberi nasehat di setiap kesempatan. Apalagi untuk usia yang sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Apa yang harus dikerjakan dan apa yang dilarang. Tidak perlu lagi setiap hari harus ditegur karena melakukan kesalahan. Begitulah nasehat beliau.

Akhirnya semua arahan buk Rahmah membuahkan hasil. Dalam sebuah kegiatan lomba kebersihan kelas, kelas 5 dinyatakan sebagai kelas yang paling bersih dan paling tertib. Dan disinilah awal kejadian saya mendapat perlakuan kasar dari kakak kelas 6. Karena mereka melakukan tindakan yang tidak baik, yang menyebabkan kelas menjadi tidak rapi. Tidak satupun teman-teman yang berani menyebutkan namanya. Hanya saya sendirian yang berani menyebutkan beberapa nama pelaku. Akhirnya oleh guru kelas 5, mereka diberi hukuman membersihkan semua yang mereka rusak.

(Bersambung)

***

~~ Mendalo Mas, 181122 ~~

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Duh duh... kecil2 sudah jadi preman. Iya, harus berani melawan. Kereennn

19 Nov
Balas

Terima kasih banyak teh.. hehe.. Sukses selalu

19 Nov

Anak shalih, anak pintar, cerdas, disiplin. Fainsyallah, anak didiknya pun mengikuti jejak Ustadznya. Barakallaah, sukses selalu adikku

18 Nov
Balas

Terima kawih banyak mbakyu. Sukses selalu

19 Nov

Mantap pokoke mas. Salam sehat dan bahagia bersama keluarga tercinta. Terima kasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.

18 Nov
Balas

Terima kasih banyak Pakdhe. Sukses selalu

19 Nov

Keren selalu Kang

18 Nov
Balas

Hatur nuhun pisan teh. Sukses selalu

19 Nov

Keren banget. Sukses selalu untuk Bapak

18 Nov
Balas

Terima kasih banyak pak Su. Sukses selalu

19 Nov

Josss...keren bgt. Andai dkt oma srh mas Hans ke sklh SD Oma dl. Biar tau banyak kemiripannya termasuk gr kls 2 sy b Mardinah. Mirip kan? Btw alinea ke-5 ada sdkt tipo mas gr 'kelakuannya' tertls 'kelakukannya' mf sekedar mengingatkan sj. Tx

18 Nov
Balas

Terima kasih banyak Oma gaul. Sukses selalu

19 Nov

Kadang untuk mengungkap sebuah kebenaran itu sulit. Karena sebuah tekanan yg akhirnya memilih diam. Tp syukur masih ada yg berani. Tandana dunia ini belum.mati Sukses selalu

18 Nov
Balas

Terima kasih banyak teh. Sukses selalu

19 Nov

Masa kecil yang penuh kenangan. Dulu saat saya SD, rasanya seneng aja, ga ada susahnya. Hehe... Salam sukses, Bapak.

18 Nov
Balas

Terima kasih banyak mbak. Sukses selalu

19 Nov

mantap keren cadas...ulasan keren menewen, masa kecil yang menyenangkan...salam literasi sehat sukses selalu ustaz Burhani bersama keluarga tercinta

18 Nov
Balas

Terima kasih banyak mas senior. Sukses selalu

19 Nov

Keren, pak.

18 Nov
Balas

Terimo kasih banyak Sis. Sukses selalu

19 Nov



search

New Post