Burhani Abu Bakar Arsyad

Dilahirkan Oktober 1975 (dulu bintang Libra : 23 September-22 Oktober, sekarang menjadi Virgo : 17 September-30 Oktober) dari keluarga yang sanga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rindu (tak) Terlarang (Bagian 9)
Ilustrasi gambar : Lovepik

Rindu (tak) Terlarang (Bagian 9)

Tantangan Hari ke-976

#TantanganGurusiana-3

~

Belajar dan juga sekaligus mengikuti kursus Bahasa Arab bukan perkerjaan ringan. Kursus Bahasa Arab dengan durasi waktu dari pukul 11.00 sampai 16.30 sangat melelahkan. Asyiknya Irsyad tidak pernah mengeluhkannya. Ia benar-benar menikmati kegiatan tersebut. Syekh yang memberikan materi Bahasa Arab yang sekaligus dosen di Universitas Al Azhar Cairo, Mesir, memberikan suntikan motivasi yang baik bagi anak-anak.

Walaupun tidak bertemu langsung dengan anak di sekolah, informasi pelaksanaan kursus Bahasa Arab masih bisa dipantau. Melalui ustadz dan musyrif, orang tua siswa mendapatkan laporan kegiatan kursus tersebut. Harapannya mereka bisa mendapatkan layanan dengan baik, sehingga progres kursusnya juga bagus.

Rentetan perjalanan pembelajaran dan kursus membuat siswa harus ekstra ketat belajar. Mengejar ketertinggalan materi pembelajaran selama mengikuti kursus, tentu saja tidak bisa diselesaikan dengan mudah oleh anak. Tapi bukan berarti tidak bisa mereka selesaikan. Buktinya Ryan dan Irsyad mampu melewatinya.

Saat penyerahan laporan hasil pembelajaran semester 1 masih memperlihatkan hasilnya memuaskan. Irsyad bersama Dafa tetap berada dijalur yang tidak berbeda dari tahun sebelumnya. Dafa dan Irsyad masih memimpin capaian prestasi belajar, berturut-turut peringkat 1 dan pada bidang akademik, serta peringkat yang sama pada bidang tahfidz dan keasramaan.

Progres kursus Bahasa Arab terus mengalami kemajuan. Setelah mengikuti kegiatan pembinaan secara daring, Irsyad melaju ke tahapan berikutnya, mulai dari level 2 sampai menjelang libur semester, sudah berhasil lolos ke level 3.

Liburan semester tidak bisa digunakan untuk bermalas-malasan, karena harus mengikuti kursus Bahasa Arab, jadwalnya tidak berubah. Kegiatan kursus dilaksanakan setiap hari Minggu sampai Kamis. Menyesuaikan dengan hari belajar efektif di Mesir. Ternyata di Mesir Jumat dan Sabtu adalah hari libur aktivitas di kampus.

Perlahan tapi pasti, Irsyad mampu mengikuti semua rangkaian pembinaan Bahasa Arab. Setiap ujian kenaikan level bisa dilewati dengan nilai memuaskan. Ini tentu saja sangat membanggakan. Selama pembinaan Bahasa Arab memang sepenuhnya berbahasa Arab. Karena diajarkan langsung oleh penutur asli Arab. Tidak pernah sekalipun bahasa Indonesia yang muncul selama pembinaan. Ini mempercepat proses pemahaman anak dalam memahami Bahasa Arab.

Setelah mendekati akhir semester 2 kelas 12, berdasarkan nilai rapor, Irsyad terjaring dalam kelompok siswa SNMPTN. Karena keinginannya yang sangat kuat untuk melanjutkan studi di Al Azhar, maka saya meminta pihak sekolah untuk mengeluarkan Irsyad dari daftar peserta SNMPTN. Ini merupakan bagian dari upaya menanamkan sikap positif dari anak.

Bagaimana sang anak memberikan kesempatan kepada temannya yang lain. Apabila tetap mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi (PTN) dari jalur SNMPTN, tapi saat namanya lulus lalu tidak diambil dengan berbagai alasan merupakan perbuatan dosa. Begitu juga dengan UTBK. Irsyad secara resmi tidak mendaftarkan dirinya sebagai peserta, tetap dengan pertimbangan yang sama.

(Bersambung)

~~

~~ Mendalo Mas, 150922 ~~

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen luar biasa pak Burhani kalau membuat cerita real bersambung, Bang Irsyad akhlaknya sangat sangat indah

15 Sep
Balas

Terima kasih banyak mbak. Sukses selalu

16 Sep

Sikap yang patut diacungi jempol. Memberi kesempatan pada yang lain itu luar biasa. Makin seru ceritanya, Pak

15 Sep
Balas

Hatur nuhun pisan teh.. Sukses selalu

16 Sep

Keputusan Irsyad sangat bijaksana keren lanjut Pa

16 Sep
Balas

Hatur nuhun pisan teh.. Sukses selalu

17 Sep

Mantap ceritanya pak ada nuansa yang luar biasa hebat salam literasi

15 Sep
Balas

Terimo kasih banyak Uni.. Sukses selalu

16 Sep

Eh, BTW oma bs bhs Arab lho mas tp cm tau ana ente boke...hahaha kt nya artinya ai lop yu bnr kah? Wakakkk...

15 Sep
Balas

hehe.. Oma mah bisa aja... Sukses selalu

16 Sep



search

New Post