Burhani Abu Bakar Arsyad

Dilahirkan Oktober 1975 (dulu bintang Libra : 23 September-22 Oktober, sekarang menjadi Virgo : 17 September-30 Oktober) dari keluarga yang sanga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sang Teladan
Ilustrasi gambar: UPT Bahasa UNP

Sang Teladan

Tantangan Hari ke-1246

#TantanganGurusiana-4

(Bagian 96)

***

Hari kedua ujian akan makin berat yang dihadapi. Paginya ujian kelompok MIPA, setelah istirahat sejenak, yang mengikuti kelompok MIPA sudah boleh meninggalkan lokasi ujian, sedangkan Hadi masih lanjut mengikuti ujian kelompok IPS.

Konsekuensi memilih program Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC), harus menyiapkan materi lebih komplit, selain kemampuan IPA, juga sekaligus kemampuan IPS. Setelah waktu istirahat usai, Hadi langsung menuju ruang ujian. Agar kesiapan diluar ujian juga bisa dimaksimalkan. Seperti sesi ujian sebelumnya, pensil sudah tinggal digunakan, begitu juga mental harus lebih mantap.

Waktu tinggal beberapa menit lagi, panitia dan pengawas sudah berada di dalam ruangan. Hadi merasa yakin menghadapi soal yang akan diujikan. Dari segi materi, hanya bidang Ekonomi dan Akuntansi yang harus diwaspadai. Terutama jika muncul soal dalam bentuk tabel-tabel yang bikin meriang, maka sudah jelas harus dihindari.

Panita langsung membagikan lembar soal dan lembar jawaban, Hadi menerima lembaran tersebut dengan tersenyum kepada petugas. Sembari mengucapkan terima kasih.

Tanpa terasa, waktu mengerjakan soal tinggal beberapa menit lagi. Itupun karena diingatkan oleh panitia. Bukan karena semua soal bisa dijawab, tepatnya lebih antisipatif, soal yang pasti bisa dijawab dengan baik dan yakin benar, maka fokusnya kepada soal-soal tersrebut. Sedangkan yang meragukan, apalagi yang susah dipahami, maka sudah pasti ditinggalkan. Begitulah pesan yang sering disampaikan oleh guru saat bimbingan.

"Baik, waktunya telah habis, silahkan tinggalkan lembar jawaban di atas meja masing-masing," tegas pengawas dengan suara lantang.

"Baik, Pak," jawab semua perserta.

"Tapi kalian belum boleh keluar ruang kelas," ujar salah seorang petugas.

Masing-masing lembar jawaban diteliti oleh pengawas. Ini sangat menguntungkan bagi peserta. Jika ada data yang belum terisi lengkap, masih diberi kesempatan memperbaikinya.

"Baiklah, semuanya aman. Silahkan keluar ruangan. Karena tidak satupun lembar jawaban yang bermasalah," jelas pengawas.

Tidak biasanya pengawas berbaik hati seperti itu. Padahal mereka tidak punya kepentingan dengan berkas lembar jawaban yang berisi biodata peserta ujian. Andaikan ada yang salah, itu adalah resiko dari kelalaian yang bersangkutan. Semoga saja ini pertanda baik bagi peserta, Hadi bermonolog sembari meninggalkan ruangan.

(Bersambung)

***

~~ Mendalo Mas, 130623 ~~

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Inget zaman kita2 tes-nya berdasarkan materi pelajaran. Skrg beda lagi. Pengawasnya keren ini.

13 Jun
Balas

Hatur nuhun pisan Teh. Sukses selalu

14 Jun

Jadi ingat Sipenmaru saya dahulu kala.

15 Jun
Balas

Mengikuti program IPC, keren Adik. Sukses selalu ya.

13 Jun
Balas

Terima kasih banyak Mbakyu. Sukses selalu

14 Jun

Aamiin ya robilalamin.Semoga lancar dan sukses buat Mas Burhani sekeluarga.

13 Jun
Balas

Terima kasih banyak Pakdhe. Sukses selalu

14 Jun

Keren banget. Sukses selalu untuk Bapak

13 Jun
Balas

Terima kasih banyak Pak Su. Sukses selalu

14 Jun

Amiinn...sy pun bgtu mas gr. Tiap jd pengawas ujian sy tliti dl sblm.mereka keluar ruangan. Kasihan kl ada yg terlewatkan.

13 Jun
Balas

Terima kasih banyak Oma gaul. Sukses selalu

14 Jun

Sukses untuk Hadi...keren Pak

13 Jun
Balas

Terima kasih banyak Pak Arif. Sukses selalu

14 Jun

Jadi ingat pas ikut Sipenmaru hehe... Btw, kok komen di tulisan saya kemarin gitu, Bapak? Hehe... Salam sukses.

13 Jun
Balas

Hehe.. Itu curhatan banyak guru Mbak. Pas libur, tapi tetap harus masuk sekolah.. hehe. Sukses selalu

14 Jun

Ingat waktu ikut UMPTN. Keren ceritanya. Sukses selalu untuk Pak Burhani.

13 Jun
Balas

Terima kasih banyak Mbak. Sukses selalu

14 Jun

Keren, pak.

13 Jun
Balas

Terimo kasih banyak Sis. Sukses selalu

14 Jun



search

New Post