Casminih Tapip

Kepala Sekolah di SMAN 1 Karangtengah Cianjur. Senang menulis dan terus menulis. Memiliki keluarga kecil, suami dan dua anak lelaki. Keluarga bahagia dun...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penguatan Tim Literasi Lentera Mahardika (Tantangan Menulis 365, Hari ke-734 (13))
Foto koleksi Casminih Tapip

Penguatan Tim Literasi Lentera Mahardika (Tantangan Menulis 365, Hari ke-734 (13))

Melek literasi sangat diperlukan pada zaman yang semakin bergulir menuju kemajuan. Betapa tidak. Untuk memahami dan memiliki kebijakan dalam menyikapi apa-apa yang terjadi di sekeliling kita, jiwa literasi diperlukan hadir di situ. Era yang menuju serba digital, apa jadinya apabila manusia yang hidup di dalamnya, tidak memiliki kompetensi literasi.

Harap dipahami bersama, literasi yang hendaknya melekat pertama kali pada diri kita yaitu literasi dasar, yakni literasi membaca dan menulis. Kedua literasi ini, sepertinya wajib dimiliki oleh kita semua, terutama kaum intelektual. Kehidupan kaum terpelajar, pasti sangat bergantung kepada kemampuan literasi dasar tersebut. Selanjutnya, ragam literasi yang lain, baru kita lekatkan sebagai pelengkap kompetensi literasi.

Menyadari akan pentingnya berkompetensi literasi, Kepala KCD VI Provinsi Jawa Barat, Hj. Endang Susilastuti, S.E.,M.M.Pd. meluncurkan gagasan spektakuler. Beliau memiliki program literasi menulis untuk warga KCD Wilayah VI dengan tajuk “Literasi Lentera Mahardika”. Tanpa terkecuali, pengawas, kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik, adalah peserta yang wajib mengikuti program literasi menulis tersebut.

Hari ini, Kamis, 17 Maret 2022, di aula KCD VI diadakan “Penguatan Tim Literasi Lentera Mahardika”. Acara ini merupakan bagian rangkaian kegiatan program literasi menulis di KCD VI. Para kepala sekolah yang ditunjuk sebagai koordinator dan Tim 45 sebagai nara sumber pada Pelatihan Menulis Lentera Mahardika, adalah yang hadir pada pertemuan kali ini. Kepala KCD VI menyampaikan sambutan sekait Program Menulis Lentera Mahardika, mengawali acara penguatan. Dilanjutkan dengan pemberian materi yaitu pengarahan sekaligus praktik menulis, oleh Ibu Badriah, M.Pd. Nara sumber yang tak diragukan lagi kualitas keilmuan menulisnya ini, dipercaya juga oleh KCD VI, sebagai ketua penyelenggara Program Menulis Lentera Mahardika.

Penjelasan penggunaan Blog Lentera Mahardika sebagai wadah untuk bersemayamnya tulisan-tulisan hasil gagasan warga KCD VI, disampaikan oleh Bapak Purba Abimanyu. Sekait pengenalan blog Lentera Mahardika dan cara-cara masuk dan pengoperasiannya, dipandu dan langsung dipraktikkan oleh para peserta. Seluruh peserta begitu antusias mengikuti meteri-materi yang disampaikan oleh para narasumber.

Bulan Mei menyambut Hari Pendidikan Nasional, KCD VI berencana melakukan panen raya tulisan warganya. Tentu saja akan diadakan acara gebyar panen tulisan warga KCD VI. Menulis itu mudah, indah, dan menyenangkan, adalah bahan bakar memacu semangat. Semoga, apa yang sedang dilaksanakan oleh seluruh warga KCD VI, akan berhasil sesuai rencana.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren reportasenya

17 Mar
Balas

Luar biasa dan mantap tulisannya bunda casminih, sehat dan sukses selalu

17 Mar
Balas



search

New Post