Casminih Tapip

Kepala Sekolah di SMAN 1 Karangtengah Cianjur. Senang menulis dan terus menulis. Memiliki keluarga kecil, suami dan dua anak lelaki. Keluarga bahagia dun...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rantang Cinta SMAN 1 Karangtengah Cianjur (Tantangan Menulis, Hari ke- 775 (7))
Foto koleksi pribadi

Rantang Cinta SMAN 1 Karangtengah Cianjur (Tantangan Menulis, Hari ke- 775 (7))

Sudah selayaknya apabila berbagi kepada sesama, senantiasa digencarkan. Apalagi, hasrat berbagi itu dilaksanakan pada bulan Ramadan. Pahala yang berlipat ganda, tentu saja akan diburu oleh siapa saja, terutama oleh umat muslim yang sedang menjalankan ibadah shaum. Berbagi rizki yang kita dapatkan dalam bentuk apa pun atau berupa makanan, adalah yang kita lihat di mana-mana. Pemandangan berbagi, menyeruak sangat indah memoles di banyak tempat.

Dinas Pendidikan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, juga memiliki program berbagi pada bulan Ramadan sekarang ini. Dalam area pendidikan, akan mengenal program kegiatan Rantang Cinta, Rantang ASN, Rantang Siswa, dan Rantang Guru. Apabila kita cermati frase-frase tersebut, seluruhnya menggunakan kata “rantang”. Barangkali telah dipahami bersama bahwa kata tersebut merujuk kepada sebuah benda. Hal yang istimewa dari benda tersebut yaitu digunakan sebagai wadah menyimpan makanan yang akan dikirimkan kepada orang lain. Jadi, pada kata “rantang” tersebut menyimpan kesan yaitu berbagi makanan.

Berkaitan dengan makna kata “rantang” tersebut, bergulirlah program yang menggunakan kata itu sebagai tajuk. Realisasi dari kegiatan yang mengambil judul dengan kata “rantang” pada bulan Puasa ini, yaitu berbagi makanan untuk berbuka puasa. Program yang dilaksanakan di sekolah-sekolah, berarti mengajak seluruh warga sekolah untuk berbagi makanan berbuka puasa. Kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, serta para siswa, diasah untuk cemerlang dalam kesadaran “berbagi” tersebut.

Warga SMAN 1 Karangtengah Cianjur, tentu saja tidak melewatkan kegiatan berbagi yang diprogramkan Disdik dan Pemerintah Provisi Jawa Barat itu. Hari Rabu tanggal 20 April 2022 ini, mereka (kepala sekolah, guru, dan TAS), melaksanakan program Rantang Cinta. Imbauan untuk tidak membeli makanan yang sudah dimasak, tentu saja sangat diperhatikan. Mereka menyiapkan bahan makanan, mengolah dan membagikan takjil berbuka puasa, dengan bekerja secara bersama-sama. Warga masyarakat terdekat yang melintas di jalan depan sekolah adalah sasaran yang dijadikan objek untuk berbagi.

Bersilaturahim dengan warga sekitar sambil berbagi makanan berbuka puasa, sungguh suatu keindahan. Senyum dan sapa mengalir dalam keakraban yang terkemas dalam Rantang Cinta. Semoga, berbagi kepada sesama akan mengkristal dalam diri keluarga SMAN 1 Karangtengah Cianjur. Terima kasih kepada Kepala KCD Wilayah VI, Hj. Endang Susilastuti, S.E., M.M.Pd. yang senantiasa mengingatkan warga sekolah akan kegiatan berbagi yang harus dilaksanakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post