Cek Gu Rani

Maharani Ritonga atau biasa disapa Bu Rani merupakan seorang guru di SDS PERSA yang berada di kecamatan Medan Baru. Kota Medan Sumatera Utara. Bu Rani mengawal...

Selengkapnya
Navigasi Web

Wacana masuk sekolah kembali di masa pandemic covid 19 Oleh Maharani Ritonga

Indonesia sedang berduka karena wabah covid 19, kita tidak tahu akan sampai kapan berakhirnya. Seluruh sektor terkena dampaknya, mulai dari kesehatan, ekonomi, perdagangan, pertanian dan tidak ketinggalan pendidikan. Akibat dari covid 19 ini, pendidikan kita melakukan sistem pembelajaran jarak jauh. Sudah pasti ada yang pro dan kontra akan program yang dilakukan ini.

Kendala dari orang tua diantaranya repot dengan pertanyaan anak yang mengerjakan tugas, kegaduhan kecil diantara anak karena Hp orangtua hanya 1 dan paket internet menjadi kendala . Bahkan kendala yang paling urgen yaitu orang tua yang tidak memiliki android.

Kendala dari siswa, terkadang anak lepas kendali bermain hp. kegiatan semula yang murni belajar akhirnya malah bermain game online.

Walaupun dibalik covid 19 ini banyak juga melahirkan guru-guru dan siswa-siswa yang kreatif. Membaiknya hubungan orang tua dan anak bahkan lebih harmonis . solusi dari pemerintah dan pihak swasta juga bermnculan diantaranya program belajar di TVRI.

Setelah sekian lama kita melaksankan pendidikan jarak jauh, perasaan rindu akan ke sekolah mulai memuncak. Rindu suasana sekolah, kegiatannya dan tidak ketinggalan canda tawa murid yang menjadi obat lelah tersendiri bagi guru.

Sekarang muncul wacana akan masuk sekolah di masa pandemic dengan memperhatikan protocol kesehatan. Suara riuh rendah pro dan kontra bermunculan. Berita banyaknya korban yang meninggal karena covid setiap hari membuat orang tua mulai resah akan keselamatan anaknya.

“Akademik bisa dipelajari darimana saja, kesehatan anak harus diperjuangkan” itu komentar orang tua yang tidak setuju kalau sekolah masuk. “Anak saya mulai bosan dan saya juga sudah kebingungan menghadapinya. Jika masuk sekolah kita akan patuh dengan protocol kesehatan” komentar orang tua yang mulai kewalahan menghadapi anak yang bosan di rumah.

Pendapat penulis jika akhirnya kebijakan ini dilaksanakan. Banyak aspek yang harus diperhatikan tidak hanya dari segi pendidikan saja. Apapun itu keputusannya pasti sudah penuh pertimbangan. Sebagai seorang guru akan patuh akan keputusan pemerintah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post