Chadidjah

Saya bertugas di SDN TEBET TIMUR 17 , JAKARTA SELATAN. Saya terinspirasi oleh salah seorang nara sumber dari kegiatan WEBINAR JABODETABEK, Dr .ASEP SUTISNA SANJ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mens Sana in Corpore Sano dalam Sebuah Tanya

Mens Sana in Corpore Sano dalam Sebuah Tanya

Mens sana in corpore sano ,sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya adalah "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat." Kalimat ini adalah sebuah pernyataan yang berisikan harapan dimana kita harus rajin berolah raga supaya tubuh kita memiliki stamina yang tinggi. Apabila tubuh kita sehat maka kita dapat melakukan routinitas kita dengan baik. Tujuan yang hendak kita capai dalam kerja dapat terselesaikan dengan baik sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Seperti itulah harapan dari kutipan kalimat berbahasa Latin tersebut. Akan tetapi , apakah harapan -harapan tersebut akan selalu terwujud ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya mencoba menghadirkan dua buah gambaran situasi dan kondisi berikut :

1. Pernahkah kita dihadapkan oleh suatu masalah yang mungkin datang dari anak ,suami/ istri,atau mungkin dengan rekan kerja kita .Masalah tersebut sangat menyita fikiran dan perasaan kita . Jika masalah yang kita rasakan terlalu berat kadang, tak ada yang bisa kita kerjakan selain menyelesaikan masalah itu dengan baik dan benar. Padahal saat dihadapi sebuah masalah yang mungkin dirasa berat itu fisik atau jasmani kita dalam keadaan sehat wal'afiat.

2.Ketika saya ke Kampung Melayu, saat bis Mayasari Bakti menurunkan penumpang tidak sampai terminal.

Semua penumpang turun . Kebetulan posisi berdiri saya dekat pintu bis belakang . Ditengah - tengah barisan penumpang turun ,ada seorang pemuda yang berdiri menyamping penumpang yang hendak turun. Masih segar dalam ingatan saya meskipun kejadian tersebut terjadi 20 tahun yang silam , postur tubuhnya tinggi besar ,berpakaian rapih memakai kemeja hijau dan berdasi. Tetapi ada yang aneh dengan perilakunya dimana tangan kanannya masuk ke tas seorang wanita. Tanpa saya sadari saya berucap " ihh"

meskipun pelan tapi sempat terdengar pemuda tersebut kemudian dia menatap saya dengan tatapan yang tajam. Saat itu juga saya bergegas tuk turun lebih awal dari pemuda tersebut dan mengambil langkah seribu, karena khawatir dengan keselamatan saya.

Dari dua contoh tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tidak selamanya di dalam tubuh manusia yang kuat terdapat jiwa yang sehat. kutipan dalam bahasa Latin "Mens Sana in Corpore Sano" tersebut bisa menjadi benar jika kondisi rohaninya benar -benar sehat . Boleh jadi kita bisa membalik arti kata itu menjadi " Didalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat". Meskipun tidak lazim dan lucu terdengar tapi itulah kenyataannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Inspiratif .. salam kenal Bu.. salam literasi

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu, salam kenal juga ya

04 Jul

Ya benar bu. dari contoh sudah memperlihatkan faktanya...salam

04 Jul
Balas

Salam kenal juga Bu Fatmiamro, trimaksh

04 Jul

Semangat olahraga semangat berkarya juga Bunda !

04 Jul
Balas

Terimakasih Bu, kita sama2 saling support, semangat juga ya Bu !

04 Jul

Terimakasih y Bu Yenti atas bantuan dan supportnya

04 Jul
Balas

Trimaksh Bu

04 Jul
Balas

Trimakasih Bu

05 Jul
Balas

Salam literasi!Follback ya bun

04 Jul
Balas

Salam literasi juga ,siap Bu

04 Jul

Iya benar ibu, badan kuat blum tentu jiwanya sehat,sedangkan jiwa yg sehat sdh pasti bdan pula sehat

04 Jul
Balas

Keren bu, lanjutkan. :)

04 Jul
Balas

Trimaksh Bun tp karya bunda jauh lebih kereen

18 Jul

Senammmm

04 Jul
Balas

Good job bun... Salam kenal, salam literasi

04 Jul
Balas

Terima kasih salam lenal juga , terima kasih y bu

04 Jul

Mantap

04 Jul
Balas

Trimaksh bun

18 Jul



search

New Post