Chyntia utari wahyuni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tahu tidak apa perbedaan dari Karya Tulis Ilmiah dan Karya Non Ilmiah?

Tahu tidak apa perbedaan dari Karya Tulis Ilmiah dan Karya Non Ilmiah?

"Tahu tidak apa perbedaan Karya Tulis ilmiah dan Karya Non Ilmiah"

Diantara kita pasti masih ada yang belum tahu apa perbedaan Karya Tulis Ilmiah dan Karya Non Ilmiah, nah berikut ini kita akan bahas perbedaan keduanya.

Sebelum membahas lebih jauh kita harus tahu pengertian dari keduanya.

Karya Tulis Ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhu kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Sedangkan Karya Non Ilmiah adalah karya tulis untuk karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subyektif, tidak didukung fakta umum dan biasanya menggunakan gaya bahasa popular.

Ciri-ciri dari Karya Tulis Ilmiah adalah:

Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata atau istilah. Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif yang disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal,dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau orang kedua. Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup. Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namum semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka.

Ciri-ciri dari Karya Non Ilmiah adalah :

Ditulis berdasarkan fakta pribadi Fakta yang disimpulkan subyektif Gaya bahasa popular Tidak memuat hipotesis Penyajian dibarengi dengan sejarah Bersifat imajinatif Situasi di dramatis Bersifat persuasif

Jenis-jenis Karya Tulis Ilmiah :

Skripsi Tesis Disertasi

Jenis-jenis Karya Non Ilmiah :

Dongeng Cerpen Novel Drama Roman

Nah, itulah sedikit perbedaan dari Karya Tulis Ilmiah dan Karya Non Ilmiah, semoga bermanfaat bagi pembaca, Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

18 Mar
Balas



search

New Post