Corona

Corona Kristin hariwurdani Guru Sejarah di SMA N 2 Magelang S1 di UNY. S2 di UPY Pendiri PAUD Cerdas Ceria Ketua Yayasan Cerdas Ceria Indonesia Pe...

Selengkapnya
Navigasi Web
PeMateri
Persatuan masyarakat Aceh

PeMateri

Pelajaran sejarah di era digital. Revolusi IV yang bener bener merubah semua aspek kehidupan dunia. Banjir informasi sehingga waktu terasa sangat singkat tanpa jeda. Hal ini membuat bataa waktu sejarah semakin nampak sangat jauhnya.....Bagaimana bersaing dengan ilmu yang harus disampaikan siswa generasi Z.

Dr.Husaini Ibrahim MA ( kepala lab pend sejarah FKIP Univ Syahkuala 0813604567639

Ada yang menarik tentang Aceh. islam sebagai daerah asal islam di asia tenggara pengaruh alam dalam masyarakat aceh, Aceh dalam dinamika silang budaya , Proses Indianisasi melahirkan konsep aceh Lhei sagoe (aceh tigasegi)indra patra, indra purwa dan indra puri; proses islamisasi menjadi perekat budaya dan dinamika masy aceh, karena ada tiga indra jadilah bentuk seperti bulan sabit. Ada tiga perjumpaan ulama, keturuna raja dan umara para indra. Masjid indrapuri,Aceh besar adalah maajid tertua di Asia Tenggara. Inilah menjadi basis pertahanan masyarakat aceh dan pelantikan para sultan.Masjid menjadi kekuatan dan lambang kekukuhan masyarakat Aceh. Saat belanda datang pun melakukan invasitewas di depan maajid. Mata uang berupa dirham sebagai buktijejak kesultanan islam aceh. Jika masyarakat sedang makan bwrsma dan besar menjadi titik lemah dipandang para penjajah. Kebanyakan masyarakat aceh adalah petani. Mata uang emas juga ada di kesultanan Aceh.

Dengan semangat keislaman orang Aceh yang suka merantau, dengan memberikan informasi dengan membangun bangunan berciri aceh yang berada di kedah telah dibangun dengan nama GAM.tradisi Khamduri Agam Pidie yaitu melakukan makan bersama. Adanya bukti hubungan aceh dengan luarnegri dengan pagoda di aceh dan india. Disitus Lamuri. Ada pengaruh budaya tersebut. Projek IPAL ( Pengolahan Air Limbah) kampung Pande dan Kerisauan Raja karena menjadi sumber sejarah menjadi hilang.

Akar sosial budaya masyarakataceh oleh kamaruzaman bustaman proyek yang sudah dilakukan 6 jilid mengenai Acehnologi. Proyek lima tahun terakhir sekitar 2000 halaman.sejarah manusia aceh, sejarah politik aceh sejarah antropologi,religi,sastr,bahasa,kontemporer, dunia aceh kerajaan dan diplomasi peperanganperjuangan pengkhianatan, ilnu ulama budaya, basis spiritual aceh ada spirit,budaya,agama menyatu dalam satu bingkai. Peta keilmuan menjadi kajian etika aceh,miral,tingkahlaku,budaya,seni,cara pandang,sosialbudayaritual,intelektual,konsentrasi, sistem ide, paradigma dan falsafah ,kesenian. Bagaimana mempelajarkan dari anak TK,SDSMP SMA dunia rasaberupa kemduri dan proses dan rasa mliku makanan khas aceh. Basis intelektual aceh berupa masyarakat ilmu,acehnologi,islabologi, basis etika aceh keseimbangan mengingat syukur berkah kabar baik paling sering melakukan khemduri makan daging. Basis Seni Aceh selalu dilakukan Saman di berbagai tempat karena ada Allah-Alam- Agama Basis Nalar aceh ada masyarakat,negri, kaum, Basis moral ada 4 keluarga ditanya silsilah pendidikanlingkungan aceh arah kehidupan.basis makna aceh saya -langkah-ada. Basis kontemplasi Meukat, Hareukat, euleume, po tala BKA. basis tingkah laku spiritual-intelektual-amal. Ilmu kenusantaraan seperti dayaknologi, bantenologi,sundanologi,javanologi bagaimana nanti kwragaman menjadi kekayaan bangsa indonesia.

Prof Taufik Abdullah.pengalaman pertama mengenai sejarah eropa dipelajari dan konsisten . gelar Drs dari sejarah eropa karena dosen2 orang Belanda,Inggris, India sehingga skripsi tentang nasionalisme di Eropa. Oleh karena itu sekolah di luar negeri. Membahas mengenai Aceh dan Minangkabau tulisan yang dipelajari bukan orang Aceh dan Minangkabau lebih mudah mempelajari Minangkabau. Setiap mata pelajaran di Amerika selalu menulis. Salah satu tulisan orang Thailand dibaca mengenai raja Tailand dan raja Burma. Bagaimana menulis perbandingan Aceh dan Minangkabau meskipun belum pernah ke aceh. Saat pegang buku raja Tailand lebih hangat daripada raja Burma.pernah Golkar kalah di Aceh dan pak Harto kalah. Muncul pertanyaan apakah Aceh anti orba? Perlu diteliti sehingga dirjend menteri untuk bisa datang ke Aceh. Kenapa hasil Leuksumawe tidak diberikan ke pemda aceh. Teuku Umar masih keturunan Minang yang pernah dimarahi Teuku Cik Ditiro karena pernah memihak Belanda.Proses yang sangat panjang berdirinya kesultanan Aceh.Aceh yang Wowwww.trimakasih tokoh tokoh pemateri singkat,jelas tapi tetap penasaran pengen dapat materi komplit untuk menambah ide ide pembelajaran ke siswa kami selanjutnya. Tetap Semangat menuju tempat tempat bersejarah.......di Banda Aceh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post