Corona

Corona Kristin hariwurdani Guru Sejarah di SMA N 2 Magelang S1 di UNY. S2 di UPY Pendiri PAUD Cerdas Ceria Ketua Yayasan Cerdas Ceria Indonesia Pe...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wawasan kebangsaan
Nara sumber

Wawasan kebangsaan

Wawasan kebangsaan

Doni koesoema seorang ahli penguatan karakter ,dosen multimedia. Pak Faisal ADC pemanfaatan audio visual, Albina tokoh dan budayawan Sabang.

Ziarah kubur selalu dikunjungi ahli sejarah.seorang penulis agar dikenang harus menulis.Penguatan pendidikan penguatan karakter di sekolah ada 3 pendekatan yaitu pendidikan di kelas, budaya sekolah, partisipasi masyarakat. Menjadi dasar penguatan karakter. Guru paling baik adalah pengampu mata pelajaran sejarah kaitannya ada di satu kata kunci yaitu visi transformasi. Dengan melihat sejarah dapat melihat pendidikan.Kenapa tidak suka sejarah ? Karena hanya menghafal saja.

Dengan merubah pembelajaran dengan memberikan perpektif yang lain sesuai dengan visi misi pendidikan Indonesia. Pendidikan karakter dan budaya bangsa menjadi penting karena tujuan pendudukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sholeh dan berakhlak mulia.catatan sejarah akan ada jika nama kita mudah ditemukan dalahm google. Orang pintar belum ada jaminan sukses. Rajin sholat, rajin ke gereja dll belum tentu berakhlak mulia. Seperti contoh Bunda Theresa, Habibie juga diakui. Pintar dan baik tidak cukup jadi orang sukses atau pejuang pejuang.Pintar ada definisi dan baik juga ada cara pandang yang berbeda. Orang baik iti harus di tunjukkan dalam masyarakat indonesia.

Saat masuk radikalisme 39% gerakan mahasiswa tergolong radikal dalam bidang nuklir, kumia,geologi. Kepandaian tanpa diintegrasi dengan akhlak bisa menjadi radikal. Jika pendidikan itu jadi maka harus dirubah. Pejuang kemanusiaan bisa merubah . 2030 indonesia mampu menjadi ekonomi yang besar.Jika salah didik akan menghasilkan Hitler yang membunh banyak orang, Polpot , atau Benitto Musolini. Kita tidak mengharap anak didik kaya mereka.

Waktu berganti dan berubah seiring zaman semakin tinggi kesadaran perubahan . perbudakan tidak lagi dibenarkan. Nazi Jerman di adili dan Hitler dianggap sebagai penjahat kemanusiaan. Perbudakan juga sudah dihapus. Masyarakat beradap nantinya tinju akan dihapus karena olahraga yang tidak manusiawi karena menjatuhkan. Manusia merefleksikan diri dari zaman ke zaman.

Hidup kita ini adalah sejarah. Baca yang kita penting untuk membaca karena keputusan menentukan siapa diri kita sendiri. Manusia yang punya karakter jika manusia itu punya identitas.

Pendidikan karakter tidak ada artinya kalo tidak belajar sejarah dan mempunyai visi ke depan.

Tiga perspektif sejarah masa lalu, masa kini dan masa depan. Sesuatu masa lalu menjadi fakta dengan pengalaman masa lalu. Masa lalu menafsirkan di masa lalu dan selalu ada ruang dan waktu.

Faishal ADC pemanfaatan audiovisual untuk pendidikan. Sejarah harus di tulis karena kita pelaku dan pembuat sejarah. 54% penduduk indonesia pengguna internet dari 143,26 juta jiwa (2016)

Kenapa anak Indonesia tidak tertarik sejarah. Pengguna terbanyak anak usia 13-18 tahun 75,50% .Tahun 2025 ada bonus demografi di Indonesia sehingga dimungkinkan 2030 Indonesia potensi menjadi negara maju. Google menjadi kapital karena kita pengguna aktif kalah dengan arus BEJ. Dominasi 62% onlineshop. Bagaimana pemanfaatan internet dengan membaca tulisan bacalah artikel. Menyiapkan strategi video kreatif mudah dibagikan, komunikatif dan interaktif, konsisten dan keberlanjutan penargetan, mudah ditemukan. Jika banyak yang mengapresiasikan maka orang tersebut paham apa yang telah kita lakukan. Videografer Thailand sangat menarik dan menginspirasi. 62 film dokumenter di Aceh dibuat tentang kearifan lokal dengan harapan suatu saat nanti pemerintah akan membeli produk tersebut. Dimulai tahun 2013. Dokumenter masih menjadi film terbatas karena serius.Mimpinya Indonesia menjadi mendunia dari film dokumenter tersebut.

Albina. Tentang Sabang sebagai sejarah nasional Indonesia. Pulau kecil yang penuh warna menjadi bagian sejarah besar di Indonesia sehingga Soekarno menyebut dari sabang sampai merauke.

Sabang adalah jalur pelayaran internasional. Ada stasiun informasi paling tua yang ada d smp2. Yang ada hubungan dengan hitler karena untuk spionase. Juga ada asrama haji di pulau rubiah para haji dikarantina selama 40 hari di situ. Hal ini dilakukan karena belum ada vaksinasi. Gelar haji dan hajah diberikan oleh Belanda. Sabang dijadikan tempat penampungan orang gila oleh Belanda karena menghadapi perang orang orang Aceh yang mempunyai filoaofi sendiri dalam berperang. Sabang sudah menggunakan listrik dan gratis karena ada perusahaan Belanda. Menggunakan sudah tenaga elektrik yang dipakai belanda dalam perdagangan. Oleh jepang dihancurkan. Proses akuisisi Sabang adalah anak bungsu karena setelah konferensi meha bundar. Di gedung darmawanita sekarang saat perjanjian penyerahan dengan dilakukan lagu Indonesia raya. Semua aset di bangun oleh Belanda sehingga Belanda agak berat menyerahkan Sabang. Berdirinya PT Pelni juga awalnya dibuat di Sabang karena banyak kapal kapal belanda. Semua suku ada di Betawi karena dibawa Belanda. Orang Betawi,Cina,Ambon dibawa sebagai buruh di Belanda. Saat Jepang banyak benteng maka disebut seribu benteng. 5x5 ukuran benteng Jepang di kantor Bappeda ini untuk menyimpan amunisi. Jepang juga membangun rumah sakit bawah tanah untuk persiapan dalam petang pasifik.

Bapak Imanda Surya Prioritas pembangunan dalam Sektor wisata menjadi keunggulan pembangunan Sabang berikutnya. Sektor perikanan dikembangkan dalam industri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post