Cucu Risa Asmarani

Guru SMAN 1 Karawang. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Penilaian Diagnostik

Dalam BDR guru harus dapat memberikan bimbingan kepada peserta didik berdasarkan kemampuan dan karakteristiknya. Guru sebaiknya melakukan penilaian diagnostik. Untuk mengetahui penilaian diagnostik, berikut ini paparan yang disampaikan salah satu narasumber dalam kegiatan workshop yang diselenggarakan Direktorat PSMA.

Penilaian diagnostik adalah penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor-faktor penyebabnya. Menurut Martin Fischer, diagnostik bukan di akhir tetapi merupakan awal kegiatan treatmen kepada siswa. Penilaian diagnostik merupakan proses sistematis untuk mengumpulkan data siswa yang berfungsi untuk melihat kemampuan dan kesulitan yang dihadapi dalam belajar. Berdasarkan informasi tersebut guru akan dapat menyusun program pembelajaran yang bersifat realitas sesuai dengan kenyataan objektif.

Menurut Brummitt, penilaian diagnostik adalah suatu bentuk pra penilaian yang memungkinkan seorang guru untuk menentukan kekuatan, kelemahan, pengetahuan, dan keterampilan individu siswa sebelum pengajaran. Terutama digunakan untuk mendiagnostik kesulitan siswa dan untuk memandu perencanaan pelajaran dan kurikulum.

Manfaat penilaian diagnostik menurut Brummitt adalah:

1. Merencanakan pembelajaran secara efisien

2. Memperoleh informasi lengkap tentang siswa (kelebihan kesulitan) belajar

3. Merancang baseline untuk asesmen belajar lebih lanjut

Tahapan penilaian diagnosik sebagai berikut:

1. Menganalisis kompetensi dasar asesmen

2. Mengidentifikasi kompetensi dasar prasyarat

3. Menganalisis keterkaitan materi pada kompetensi dasar prasyarat dengan kompetensi dasar di kelas asesmen

4. Menyusun soal

5. Menganalisis jawaban siswa

6. Interpretasi

7. Tindaklanjut

Semoga Bermanfaat

Kota Padi, 25 Agustus 2020

#Tagur 128

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereen semangat bun

25 Aug
Balas

Terima kasih bu Ida

25 Aug

Terima kasih ilmunya bu..salam kenal, sudah saya follow

25 Aug
Balas

salam kenal juga pa

25 Aug

Ulasan yg kerenn

25 Aug
Balas

terima kasih selalu support

25 Aug

Trimakasih Bu Risaaa ulasannya

25 Aug
Balas

terima kasih bu Susi sudah berkunjung

25 Aug

Sangat bermanfaat trimksh

25 Aug
Balas

terima kasih bu Lia

26 Aug



search

New Post