Cucu Ratnaningsih

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

"OM GEO"

“OM GEO”

“Kalian bawa Hp?” tanyaku pada siswa kelas 9 D saat pembelajaran matematika.

“Tidak bu,” serentak semua menjawab.

“Ibu tadi lihat kalian bawa hp” ujarku lagi sambil menatap mereka. Semua diam, rupanya mereka ketakutan hpnya dirazia. Di sekolahku ada aturan bahwa siswa dilarang bawa hp.

“Keluarkan hp nya!” perintahku dengan nada datar. Beberapa orang dengan wajah agak ketakutan mengeluarkan hp.

“Yang dikeluarkan hp android ya!” sambungku lagi.

“Iya bu,” beberapa siswa menjawab. Ragu-ragu mereka mengaktifkan hpnya.

“Buka Playstore!” instruksiku

“Selanjutnya kalian instal ‘GEOGEBRA’!” aku memberi komando.

“GEOGEBRA?” tanyamereka dengan wajah agak mulai lentur tidak kaku seperti tadi karena ketakutan hp nya diambil.

“Ya, GEOGEBRA,” kataku menegaskan.

“Yang bagaimana bu?” tanya mereka

“Ketik aja GEOGEBRA, nanti akan muncul ikon seperti rantai segilima” aku menjelaskan.

“Ada bu,” teriak Dafa simurid unik di 9D. Sontak semua menoleh Dapa yang duduk di tengah-tengah.

“Bagus, silakan download!” kataku. Suasana kelas mulai riuh, siswa yang masih menyembunyikan hpnya mulai tergoda untuk mengeluarkan dan bertanya: “kita harus mendownloadnya bu?”

Para siswa antusias, mereka saling bertanya dan berusaha agar segera bisa mendonload. Dafa yang paling tanggap kusuruh untuk membantu temannya. 5 menit GEOGEBRA sudah terinstal di hp mereka, sedangkan aku mendownloadnya di laptop.

“Ok, sudah bisa dibuka semua GEOGEBRANYA?” tanyaku.

“Sudah, Graphing Calculator ya bu?” beberapa orang siswa mengklarifikasi.

“Ya betul, jawabku.

“Terus kita harus ngapain bu?” tanya mereka. Rasa ingin tahunya mulai muncul.

“Kalian lihat ada tanda tambah?” aku mulai mengajak mereka mulai berelancar di GEOGEBRA.

“Ada bu,” jawab mereka serentak.

“Silakan ketik x^2 pada tanda tambah tersebut!” aku melanjutkan instruksi.

“Gak ada tanda ^ bu,” serentak mereka mengeluh.

“Ada juga tanda kotak putus-putus pangkat 2,” jelas mereka.

“Ah masa sih, pasti ada” sanggahku. Aku lupa kalau media yang kupakai beda dengan yang mereka gunakan. Setelah sadar segera kuhampiri siswa paling depan dan melihat tampilan pada layar monitoh hp nya. Ternyata betul tidak ada tanda ^ dan aku meminta mereka untuk mengklik tanda kotak putus-putus pangkat 2.

“Apa yang muncul pada layar hp kalian?” tanya ku.

“Wow amazing, grafik fungsi kuadrat bu” jawab mereka dengan takjub. Aku tersenyum melihat wajah-wajah mereka yang sumringah karena mendapat pengalaman baru. Selanjutnya aku melanjutkan instruksi agar mereka menambah data pada layar hp nya yaitu –x2 dan 2x2. Semua siswa melakukannya, mereka yang kebetulan tidak membawa hp pun antusias ikut bergabung pada temannya.

“Apa yang kalian lihat sekarang?” tanyaku.

“Wow..., tiga buah grafik sekaligus,” jawab mereka dengan kagum.

“Sekarang lihat grafik yang kalian gambar pada buku masing-masing, bisakah melihat perbedaannya?” pertanyaanku menggiring mereka untuk menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) hasil kerja mereka yang diharapkan kedepannya bisa membuat (C6) dengan benar. Mereka semua tertawa, mentertawakan hasil kerjanya yang masih ada kesalahan.

Pembelajaran dilanjutkan dengan menganalisis gambar beberapa grafik dengan fungsi yang bervariasi sehingga mereka memahami mengenai pergeseran grafik yang a nya sama tapi c nya berbeda dan titik-titik potong grafik dengan sumbu x. Tak terasa waktu tinggal 5 menit, akupun meminta mereka untuk merefleksi pembelajaran saat itu melalui pesan WA dan dikirim ke WA ku. Inilah diantaranya hasil refleksi mereka.

Daffa : “Saya senang sekali belajar menggunakan aplikasi geogebra, tidak perlu ribet menggambar dan tidak membutuh kan waktu yg lama untuk mengerjakan nya, ini semua berkat perkembangan teknologi yg sangat pesat, ibu cucu selaku guru matematika sayapun menggunakan aplikasi ini untuk mengajar saya, teman saya dan semua murid smpn 1 kota baru #BelajarModern”

Diavanka: “Belajar dengan menggunakan aplikasi geogebra seru banget, kita jadi lebih mudah menggambar sketsa grafik. Cara menggunakan aplikasinya pun simple hanya dengan memasukkan y nya berapa nanti langsung muncul grafiknya. Pokoknya keren banget <<

Arico: “sebenarnya saya tidak sangka kalou belajarnya bakal menggunakan handphone, mungkin pertama tama belajar dengan menggunakan applikasi GEOGEBRA agak sedikit sulit, tapi yang saya suka dari aplikasi ini simple dan tidak memakan waktu banyak.”

Ghita: “Assalamualaikum bu aku ghita linggar aku mau mengungkapkan saat belajar matematika menggunakan geogebra, awalnya aku bingung tapi setelah ibu ajarkan belajar matematika jadi terasa mudah, makasih bu cucu udah ngajarin aku pake aplikasi geogebraJJ

Nuraeni: “Perasaan Nur ketika ibu mengajarkan dan menjelaskan tentang aplikasi geogebra, sangat menyenangkan walaupun awalnya nngak ngertiJtetapi lama kelamaan ngerti juga ko buC sangat membantu J Makasih yaaa bu sudah mengajarkan bagaimana menggunakan aplikasi geogebraJ

Alayda: “Belajar pake geogebra enak, seru. Dan juga membantu dalam belajar matematika tentunya, terutama dalam belajar grafik fungsi. Dan kalau di geogebra jadi bisa membandingka jawaban yang aku kerjain dibuku sama di geogebra. Kalau berbeda dari geogebra berarti bisa aku perbaiki jawabannya. Jadi insyallah grafik yg dibuat dibuku kalau dicek dlu pake geogebra gaakan salah, hehe”

Tri: “Perasaan belajar menggunakan apk. geogebra sangat senang dan sangat terbantu untuk menggambar grafik fungsi jadi tidak boros buku, semoga semua pelajaran di smpn 1kota baru bisa menggunakan kemajuan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.”

Raihan: “Saya sangat senang sekali karena saya bisa memahaminya.”

Zulpa: “assalamualaikum, jdii hari inii Seneng bnget gitubuu, jman kitaaa semkin canggih hingga belajr titik2 koordinat pun sudh ada di Om geogebraJasikk jugaa ngga bikin ngantuk buu.”

Jaja: “Saya senang banget belajar pake aplikasi geogebra.

Maulana: “Seneng bngt tadi blajar pake aplikasi geogebra, hehe bagus bngt dahhJ.”

Stevanus: “Saya senang pake aplikasi geogebra dan mudah di paham bisa membantu saya untuk bisa belajar, tentang grafik fungsi kuadrat”

Isnina: “belajar matematika dengan aplikasi geogebra, menurut saya aplikasi ini bagus banget,mudah ngerti, ga pusing, teu lieur Bu wkwkwk JJJC...”

Jaka&Gani: “Setelah ada Geogebra belajar pun jadi lebih mudah, dan lebih efektif.

Zahra: “Aplikasi geogebra ini menyenangkan, karena lebih mudah memahami pelajaran tentang grafik. Perasaan aku sangat gembira dan senang karena aplikasi geogebra ini sangat membantu.”

Ikah: “Aplikasi geogebra ini mudah , menyenangkan , mudah dan membantu mengerjakan tugas grafik . pokonya perasaannya menyenangkan dan menggembirakan hati untuk belajar.

Titi: “Perasaan saya menggunakan aplikasi geogebra sangan menyenangkan karena bisa lebih mudah belajar dan dapat dipahami dengan mudah.”

Sania: “Perasaan saya ketika belajar menggunakan geogebra sangat menyenangkan dan bisa belajar dengan mudah dan cepat.”

Pembelajaran aku tutup dengan salam dan “SELAMAT BERKOMUNIKASI DENGAN OM GEO”

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeeeeen abis bu, salam utk OM GEO, hihihi. Barakallah

26 Oct
Balas

Keren banget. Bahasa matematika, matematika bahasa

17 Jun
Balas



search

New Post