Cucu Ratnaningsih

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

REKAYASA MASALAH MENJAWAB TANTANGAN 5M

REKAYASA MASALAH MENJAWAB TANTANGAN 5M

Dua tahun berjalan menggunakan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan dalam pembelajaran matematika. Penerapan paling sulit yang saya hadapi adalah ketika para siswa diminta untuk membuat pertanyaan yang menantang dari sebuah bacaan atau materi yang sedang dipelajari.

Minggu kemarin saya mencoba sebuah ide untuk membuat permasalahan yang saya rekayasa sendiri. Inilah permasalahaan yang saya ajukan kepada para siswa kelas 9E:

“Rendi ingin mengetahui luas permukaan sebuah bola. Dia pernah membaca bahwa untuk mengetahui luas permukaan bola bisa dengan melakukan percobaan menempelkan semua potongan permukaan bola pada lingkaran yang panjang jari-jarinya sama dengan panjang jari-jari bola. Dia mulai membuat sebuah lingkaran yang panjang jari-jarinya sama dengan panjang jari-jari bola, selanjutnya memotong permukaan bola menjadi bagian-bagian yang kecil dan menempelkannya pada lingkaran tersebut. Setelah lingkaran tersebut penuh dengan potongan permukaan bola ternyata masih ada bagian permukaan bola yang belum ditempelkan sebanyak tigaperempatnya”.

Selanjutnya saya meminta para siswa untuk mengamati maslah tersebut dan meminta mereka untuk membuat sebuah pertanyaan mengenai permasalahan tersebut. Setelah kurang lebih 10 menit, beberapa orang siswa mengemukakan pertanyaannya sebagai berikut:

1. Deni a : “berapakah bagian kecil yang sudah ditempelkan?”

2. Yola : “mengapa masih tersisa tiga perempat bagian yang belum

ditempelkan padahal jari-jarinya sama?”

3. Fajri : “apa rumus luas permukaan bola?”

4. Lorentius :”kenapa luas permukaan bola bisa dicari dengan bantuan

Lingkaran yang panjang jari-jarinya sama dengan panjang jari-jari bola?”

5. Amin : “Rendi melakukan percobaannya dengan cara?”

6. Andini : “kira-kira apa yang akan Rendi lakukan pada bagian tiga

Perempat yang masih tersisa?”

7. Denil : “kenapa Rendi memotong permukaan bola menjadi bagian-

bagian Kecil?

8. Anas : “darimana Rendi tahu jika potongan yang tersisa itu

Tigaperempat?”

9. Deni sahendra:”bagaimana cara menemukan luas pemukaan bola?”

10. Cempaka :”apa yang akan dilakukan Rendi jika sudah mengetahui luas

Permukaan sebuah bola”

11. Tito :”kenapa jari-jari lingkaran sama dengan jari-jari bola?”

12. Lutfi : “berapakah panjang jari-jari lingkaran”

13. Andika : “berapakah luas permukaan bola?”

14. Reza : “mengapa potongan bola pada lingkaran masih tersisa 3 per

Empat?”

“Luarrrrrrr biasa” itulah ungkapan yang saya berikan kepada mereka, karena mereka mampu membuat pertanyaan-pertanyaan yang mampu menyingkap pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dari materi yang akan mereka pelajari tentang luas permukaan bola.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih neng

17 Oct
Balas

Bagus Bund....

16 Oct
Balas



search

New Post