Cusin

Nama : Cusin TTL : Brebes, 5 Januari 1962 HP : 081324004469 Email &n...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kita Gemar Membaca Hidup Bahagia

Kita Gemar Membaca Hidup Bahagia

#lombaapril2023.mediaguru.id

Oleh : Cusin

Lomba bulan April 2023 temanya sungguh sangat cantik. Penyelenggara selalu menyuguhkannya sesuai dengan situasional. Bulan ini bertepatan dengan bulan Ramadan 1444 H. Tema yang dipilih “Membaca untuk Hidup”. Kalian masih ingat bukan? Pada bulan Ramadan ada suatu peristiwa yang sangat mulia, yaitu Nuzulul Quran. Malam diturunkannya Alquran. Allah SWT menyuruh kepada Malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu pertama kepada Baginda Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam adalah perintah membaca. Perasaan takut meliputi diri Nabi Muhammad SAW. Hal ini disebabkan karena pengalaman pertama yang beliau alami ketika menerima wahyu “Iqra” disampaikan oleh Malaikat Jibril di Gua Hira.

Surat Al-Alaq, ayat 1 yang bermakna “Bacalah atas nama Tuhanmu yang Maha Menciptakan. Membaca sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan membaca dapat merubah peradaban manusia. Kita harus mampu membaca ayat-ayat Allah yang tersirat maupun tersurat. Menurut ustadz Adi Hidayat, ayat yang tersirat (kauniyah) merupakan tanda-tanda kebesaran Allah yang bisa dilihat dari fenomena alam semesta beserta isinya untuk mengenal dan menguatkan iman kita kepada Allah SWT. Semua yang diciptakan-Nya dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sedangkan ayat yang tersurat atau tertulis (qauliyah) ialah tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang dapat dipelajari dalam Al-Quran. Maka dengan membaca kitab suci Al-Quran, akan memperoleh pahala dari Allah SWT.

Semangat membaca yang dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad telah membuka hati, akal pikiran, perasaan dan pengetahuan kita. Aktivitas membaca merupakan perintah untuk belajar. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut untuk berpikir, menganalisis berbagai masalah, mencari jalan keluar dan solusi hingga menemukan hal-hal baru. Ada yang mengatakan bahwa membaca sebagai jembatan ilmu, karena dengan membaca setiap orang dapat memperoleh pengetahuan yang lebih luas. Membaca adalah kebutuhan setiap individu, karena membaca merupakan salah satu sarana mendapatkan informasi dari berbagai sumber bacaan seperti buku, koran, internet dan berbagai sumber lainnya.

Saat ini, untuk mengetahui kisah-kisah zaman dahulu dapat diperoleh dengan cara membaca, meskipun sekali waktu kita juga menyimak pemaparan yang disampaikan oleh orang lain. Esensinya, membaca merupakan aktivitas paling penting dalam kehidupan. Maka sesuai dengan tulisan saya berjudul “kita gemar membaca hidup bahagia”. Fenomena sekarang ada beberapa jenis pekerjaan baru, yang sebelumnya tidak pernah diperhitungkan. Menjadi pembaca berita, pembaca Al-Quran (qori/qoriah), pembaca acara adat pernikahan, dapat mendapatkan pundi-pundi rizki untuk kesejahteraan hidup.

Ilustrasi dari implementasi membaca. Abdullah Mudzakir namanya, siswa kelas IX SMK 08 Kota Semarang, berhasil dalam dunia IT dan coding mendapat pengakuan dari Google Inc. Ia juga mendapat hadiah 5.000 USD setara dengan 75 juta rupiah, saat berhasil menemukan bug atau celah kerentanan dalam sistem Google. Ia tidak hanya pandai mengotak-atik kode-kode dalam IT, ternyata Abdullah Mudzakir juga pandai dalam membaca ayat Al-Quran atau tilawah. Keahlian Dzakir pun dilirik oleh salah satu perusahaan teknologi di Jakarta. Saat ini ia bekerja di perusahaan sebagai bug hunter atau orang yang mencari celah kerawanan. Kerjanya dari rumah, cari bug di suatu sistem aplikasi, karena suatu sistem pasti ada kerentanannya. Dengan demikian sekolah sambil bekerja. Semoga. (detik Jateng, selasa 07 Maret 2023, 09.58 WIB)

PROFIL PENULIS

Cusin, lahir tanggal 5 Januari 1962 di desa Randusari Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes. Purnabakti KS SD Negeri Karangjunti 01. Beberapa buku antologi Literasi Masyarakat pemenang lomba bulan Maret (2021), Rinduku Membahana kumpulan puisi (2021). Satu Buku Sejuta Cerita pemenang lomba bulan Mei (2021), Rasa yang Tertinggal tatkala Kedua Hidung Kita Bertemu (2021), Buku Fiksi berjudul Ayo, kita Lawan Koronavirus dengan Pantun (Kumpulan Pantun). Lestarikan Lingkungan, Sejahterakan Kehidupan pemenang lomba bulan Juni (2021). Mendidik Hidup Mandiri, Menuju Keluarga Bahagia pemenang lomba bulan Juli (2021). Pada tahun (2022) ada 10 Buku Antologi pemenang lomba bulanan. Pada tahun (2023) ada 3 Buku Antologi. Bisa dihubungi nomor WA 081324004469.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post