DAHLAN EFENDI

Guru yang lahir dan mengabdikan diri di Pasuruan, Belajar di SDN, MTsN dan MAN. S1 di IAIN Malang dan S2 di STAI Al Khoziny Sidoarjo. Minat pada masalah pendidi...

Selengkapnya
Navigasi Web

MUSHOLLAH KUNCI PENDIDIKAN KARAKTER

Setiap saya berkunjung ke guru PAI binaan. Pasti saya keliling lingkungan sekolah untuk melihat lingkungan sekitar sekolah. Terutama melihat bangunan tempat sholat atau musholla (kalau ada) apakah bangunannya permanen atau semi permanen. Musholla atau ruang kelas atau perpustakaan yang digunakan sebagai tempat sholat, merupakan sarana yang sangat vital bagi lembaga pendidikan. Bagaimana guru dapat melalukan praktek ibadah kalau tidak ada mushollahnya. Tidak mungkin penguatan pendidikan karakter tanpa mengenal ibadah agamanya. Lembaga pendidikan harus mampu menyediakan sarana ibadah dalam rangka penguatan pendidikan karakter.

Dalam tujuan pendidikan nasional adalah mencetak manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa dan seterusnya. Untuk membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa, tidak ada jalan lain yang harus dilakukan yaitu penguatan pengamalan agamanya, pemantapan menjalankan ajaran agamanya dan hidup sesuai koridor ajaran agamnya.

Penguatan pendidikan karakter yang utama di sekolah adalah penguatan pengamalan agamanya. Dengan harapan siswa yang mantap penguatan dan pengamalan ajaran agamnya, dapat menjadi kontrol jiwanya dalam menjalani kehidupan ini. Saya yakin bahwa nilai agama adalah kendali yang kuat bagi seseorang untuk hidup yang benar, baik menurut hukum agama dan hukum negara.

Mushollah adalah kunci utama pendidikan karakter, oleh karena itu setiap lembaga pendidikan harus menilikinya. Semoga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

benar sekali pak, pendidikan karakter bermula dari pemahaman agama yang baik

21 Feb
Balas

Kita kadang ironis... Sekolah lantai dua bercat bagus-bagus. Begitu ditanya ada mushollah, jawabnya tidak ada atau belum.... Tanda tanya besar mutu pendidikannya

21 Feb



search

New Post