Dahniar Purnama

Seorang Guru SD yang terus berupaya belajar agar dapat menjadi pendidik yang baik. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kue Tradisional Kembang Goyang
Doc pribadi. Inovasi bentuk kue kembang goyang bertumpuk dan mekar.

Kue Tradisional Kembang Goyang

Di balik namanya yang unik yaitu kembang goyang ternyata memiliki makna menarik. Bagi sebagian masyarakat Jawa yang masih kental dengan tradisi pasti selalu menyuguhkan kue ini saat acara penting maupun lebaran. Rasanya renyah dan gurih membuat orang-orang suka. Bentuknya juga cantik ketika dimasukkan ke dalam toples bening. Namun tahukah anda, darimana kue tradisional kembang goyang berasal? Sepeti dilansir dari wikipedia.id, kue kembang goyang berasal dari Betawi dan kemudian menyebar ke penjuru pulau Jawa. Nama kembang goyang sendiri diberikan karena bentuknya seperti kembang yang merekah dan cara memasaknya digoreng sambil digoyang-goyang agar adonan lepas dari cetakan. Berikut fakta menarik tentang kembang goyang. 1. Kembang goyang terinspirasi dari bentuk perhiasan sanggul pengantin perempuan Jawa yang berbentuk bunga. Pemakaiannya seperti konde dan dapat bergoyang - goyang.

2. Tersebar ke seluruh Nusantara. Di Sumatera kue kembang goyang disebut juga kembang loyang. Sedangkan di Bali, fungsi kue ini tidak sekedar sebagai kudapan tetapi sebagai sesaji saat hari raya Nyepi.

3. Bahan bakunya mudah didapat, yaitu tepung beras, tepung sagu, telur, gula pasir, santan, wijen, dan minyak goreng. Namun dengan berkembangnya zaman, rasa kue kembang goyang pun dapat di inovasi. Ada rasa pandan, coklat, vanila, dll.

Nah demikian ulasan tentang kue kembang goyang. Bila kita masih bingung menentukan jenis kue yang ingin kita buat, kue kembang goyang bisa jadi salah satu opsi. Selamat mencoba dan tetap #dirumahaja.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren

22 May
Balas

Terimakasih Bu.

22 May

Hmmm... yummy Bu

22 May
Balas

Iya Bu bisa di coba

22 May

Jadi rindu buat kembang goyang, biasanya setiap tahun baru asti buat

22 May
Balas

Ayo Bu. Segera di eksekusi. :-)

22 May

Rasanya manis dan gurih ... Enaaak

22 May
Balas

Betul sekali bu

22 May



search

New Post