Dana Deanita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jadi Guru PAUD itu

Dulu sekali..

Saya itu selalu berfikir..kalau jadi guru TK itu gampang..

Cukup dg

✅Modal bisa nyanyi..

✅Bisa Tepuk tangan..

✅Modal senyum manis..

✅Modal sayang anak kecil dan

✅Modal sabar..

Tapi..setelah saya "tercebur" ke dunia guru TK..

Perlahan lahan mulai terbuka fikiran saya..

1.Guru TK itu selain harus bisa sabar..

Tapi juga harus siap memiliki "kemampuan gurita"

😄kenapa gurita?

Krn saat tangan kanan sedang mengajarkan 1 anak mewarnai..

Tangan kiri harus bisa sambil mengajarkan anak lain melipat kertas..

Kepala menghadap ke anak lain jg yg sedang menangis sambil menenangkan..

Bahkan kalau bisa kaki sambil mengerjakan hal lain jg..

Sambil ngelap air yg ditumpahkan anak lain juga (misalnya)

2. Guru TK harus siap dg berbagai kemungkin tingkah laku anak..mulai dr yg ekstrim sampai yg "biasa"..kadang bisa meng- gigit..bisa mukul..blm lg yg ngompol..

3 yg saya sebutkan di atas ini masih versi biasa😅

3. Guru TK juga harus siap jadi "dokter spesialis anak dan perawat" dadakan..krn kadang ada anak yg sedang sakit tp maksa tetap sekolah.. kadang ada anak yg cuma mau minum obat kalo ibu gurunya yg kasih tau..

Ada juga anak yg tadinya susah makan..setelah mendengar "ucapan sakti" si buguru..sampe rmh lgsg jadi anak yg suka makan..

4. Guru TK harus faham tentang dunia psikologi anak..

Selain jd "dokter"..guru TK juga "dituntut" jadi "psikiater" khusus anak..

5. Belum lagi harus mengerjakan administrasi kelas..ada juga laporan perkembangan tiap anak setiap harinya..

bayangkan saja..jika 1 guru "memegang" 15 anak..

Itu artinya tiap hari dia harus mencatat perkembangan apa sj dr ke 15 anak itu..

6.Bahkan sebelum anak2 itu masuk sekolah para guru TK harus bisa mempersiapkan Program semester..Rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan..Rencana pelaksanaan pembelajaran harian yang harus disesuaikan dg minat bakat ..kompetensi dasar anak dlm rentang usia tertentu..

Ini kalau diteruskan bisa jadi buku🤣

Kami guru TK adalah gerbang terdepan bagi pembentukan karakter generasi bangsa..

Karna kami lah yg bersama mereka "para bibit org hebat" di usia emasnya😎

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

kerennnn.....ayo semangat....

20 Sep
Balas

Makasih ibu..sudah menularkan semangatnya...

20 Sep



search

New Post