Daniarti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Matematika Itu Menyegarkan

Matematika Itu Menyegarkan

Matematika adalah pelajaran sangat penting. Namun dianggap pelajaran yang sangat mengerikan bagi siswa. Seorang guru harus menanamkan konsep-konsep matematika dengan kuat sejak awal. Karena pemahaman konsep yang dikuasai siswa, seperti pondasi bagi rumah. Jika pondasi itu tidak diletakkan secara kuat dan sempurna maka dengan cepat akan runtuh. Begitu juga halnya dengan belajar matematika, konsep-konsep matematika harus tertanam dengan kuat pada siswa. Ini akan mempengaruhi pemahaman siswa selanjutnya hingga kejenjang yang lebih tinggi. Bagaimana cara mengubah pemikiran siswa tentang matematika? Jawabannya adalah jadilah seorang Inovator.

Jadilah seorang guru Inovator. Guru inovator merupakan guru yang tak pernah berhenti memikirkan sesuatu yang baru sebagai hadiah indah bagi siswanya. Jangan pernah terucap kata malas, jangan pernah terbesit rasa tak peduli, sayangi murid kita seperti anak kita, berikan kasih sayang luar biasa kepada mereka. Bagaimana caranya? Pahamilah mereka. Berikan materi pelajaran matematika yang menyenangkan. Ajak mereka belajar sambil bermain, ajak mereka mengingat sambil bermain, bawa mereka belajar dalam suasana pembelajaran yang tidak menekan jiwanya. Karena anak sekolah khususnya Sekolah Dasar masih amat menyukai bermain. Pada masa itu mereka banyak belajar dari bermain. Mereka bersosialisasi melalui bermain.

Permainan edukatif apakah yang bisa kita gunakan untuk mereka belajar? Salah satu permainan yang dapat kita berikan adalah dengan Permainan Perang Es Krim. Media ini saya gunakan untuk menanamkan konsep bilangan positif dan negatife. Media ini dapat digunakan dikondisi sekolah terpencil sekalipun, karena terbuat dari bahan murah dan mudah didapat.

Bahan-bahan pembuatan media yaitu:

1. Kertas karton

2. Gambar es krim

3. Stik es krim dua warna yaitu hijau dan merah

4. Lakban putih

5. Lem

6. Gunting

Cara Pembuatan:

gunting gambar es krim sesuai bentuk es pada gambar, kemudian temple pada kertas karton dan digunting lagi, kemudian es krim tersebut diberi lakban bening dan dirapikan.

Penggunaan media Pembelajaran:

Media ini dapat digunakan dengan cara perang antara es krim hijau dan merah. Es krim hijau merupakan bilangan positif dan es krim merah merupakan bilangan negative. Jika es krim merah bertemu dengan es krim hijau maka mereka akan meleleh.

Media ini saya buat pada tahun 2016 dan menghantarkan saya ke ajang lomba Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran P4tk Matematika Jogjakarta. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat dimodifikasi menjadi sesuatu yang lebih sempurna.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

hm3x.... jadipengen es krim ni....bagi dong ....

16 Nov
Balas



search

New Post