Daniarti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Utak Atik Yuk Berfikir

Utak Atik Yuk Berpikir

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki seorang pendidik adalah kemampuannya dalam mengembangkan suatu media pembelajaran. Media pembelajaran ini membantu pendidik untuk menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan berbeda dari biasanya. Bagaimana bisa menciptakan media pembelajara yang berbeda? Jawabannya adalah berani mengutak atik, nah….itu hobiku lho. Inilah cerita pengalaman pertamaku dalam mengembangkan media pembelajaran…Berpiki dan selalu berpikir... belajar tiada henti… dari berbagai sumber, baik dari diskusi dengan teman yang memiliki keahlian, buku, internet serta berbagai pelatihan yang aku ikuti.

Hingga pada suatu saat aku membuka menemukan sebuah website yang mampu menghasilkan sebuah komik dan pembuatan kuanggap sangat menarik dan begitu mudah digunakan. Website apakah itu?...Website itu bernama tondoo, yang dapat dimanfatkan seorang pendidik untuk mengembangkan komik pembelajaran walaupun guru tersebut tidak memiliki keahlian melukis.Rasa penasaran terus menghampirku…kubuka website tersebut kemudian mendaftarkan diri untuk dapat login Ketika sudah login pada website kemudian aku mulai mengutak atik setiap tombol yang tampil pada layar Komputer. dan akhirnya aku mulai memahami step by step dalam menciptakan komik-komik pembelajaran dengan website tondoo. Mau tau langkah pengoperasian website tondoo?

1. Bukalah website : www.tondoo.com

2. Klik “Sign Up for Free

3. Klik” Sign Up For Tondoo”

4. Isilah Username, password dan email, kemudian klik “Register”

5. Kemudian Klik Sig in

6. Setelah di Klik Create Toon

7. di Klik layout

8. pilih gambar dan background

9. pilih balon kata dan tuliskan kata pada balon kata.

Betapa bahagianya aku pada saat itu, karena hal tersebut merupakan pengalaman pertamaku dalam menciptakan sebuah komik.yang kemudian menghantarkan aku ke event nasional yang sangat bergengsi di tahun 2015 yaiu Inobel (Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional). Kenangan paling indah dalam hidupku karena untuk pertama kalinya aku keluar dari Kalimantan Barat dari sebuah daerah terpencil yang hari-hari kulewati adalah ribuan pohon kelapa, jalan yang becek, licin dan sepi. Hanya suara jangkrik yang terdengar di pagi hari. namun pada saat itu aku berada di Jakarta yang penuh dengan gedung pencakar langit dan padat. Selamat megutak atik!

Peserta Bimtek Literasi P4tk IPA

Daniarti,S.Pd.,M.Pd.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post