Darmawan Setiadi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

SAPIENS

#TantanganMenulis1000/Hari Ke-383

Kita sudah akrab dengan salah satu buku penting dalam satu dasawarsa terakhir ini, Sapiens: A Brief History of Humankind (2014) karya Yuval Noah Harari. Dalam dunia di mana perbedaan pendapat dan kritisisme adalah watak alaminya ini, buku penting Harari tidak bisa lepas dari kritik berbagai pihak.Jika kita terima asumsi Harari ini, artinya kita harus bertanya lagi: kenapa manusia perlu percaya agama? Karena, kebanyakan manusia membutuhkan pegangan yang bisa ia percaya, tempat ia menemukan kejelasan hidup, tempat ia menggantungkan harapan, terutama di tengah-tengah kehidupan yang serba keras dan penuh penderitaan ini. Oleh karena itu, kepercayaan dan iman sebenarnya bernilai secara fungsional.

Menurut Harari kepercayaan adalah teknologi mental paling canggih dan sudah banyak membantu kehidupan manusia. Melalui agama, kepercayaan menjadi sebuah sistem dan institusi yang memiliki rukun iman, rukun Islam, ibadah wajib, sunnah, kode halal, dan haram, yang kita jalani untuk menunjang kehidupan, meskipun variabel dan konstanta yang digunakan seperti Tuhan, malaikat, surga, neraka, siksa, azab, dan pahala sering tidak berdasar secara logis dan empiris. Ini berlaku untuk semua agama, bahkan bagi ideologi-ideologi seperti komunisme dan kapitalisme. Dalam kategori Harari, ideologi-ideologi tadi adalah serupa agama karena memiliki “sosok superhuman” yang dipercaya dan diperjuangkan, yakni kesetaraan dan kebebasan, hal-hal yang secara empiris sebenarnya tidak ada.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post