Dasirah,S.Pd.SD

Penulis lahir, dan menua di kota rembang , dr 2005 mengabdikan diri di SDN Ngroto, mulai 11 September 2020 Alih tugas ke SD Pancur.. Niat mengamalka...

Selengkapnya
Navigasi Web
DAMPAK  POSITP VIRUS CAK ININ

DAMPAK POSITP VIRUS CAK ININ

MERAIH ASA MELALUI WAG BELAJAR MENULIS GELOMBANG 16

Nara Sumber : Bapak MUKMININ,M.Pd. (CAK ININ)

Moderator : Ibu Sri Sugianti (Ibu kanjeng)

Resum 2 : Dasirah,S.Pd.SD.

DAMPAK POSITIP VIRUS CAK ININ

Jika virus corana atau dikenal dengan covid 19 harus kita hindari, bahkan kita juga harus hidup dengan protokol kesehatan yang ketat agar tidak tertular oleh virus tersebut. Tetapi virus positip cak inin adalah virus yang kita nanti penularanya, virus yang harus kita teladani, virus yang menginspirasi agar kita juga mampu menghasilkan karya-karya tulisan seperti cak Inin.

Cak Inin adalah narasumber pekuliahan ke 2, Nama lengkapnya adalah bapak Mukminin,M.Pd. sering di panggil cak Inin( https://cakinin.blogspot.com/2020/10/curiculum-vate.html )sesuai nama akun miliknya. Beliau lahir di Jombang 6 juli 1965. Beliau mengajar di SMP Kedung Pring, Lamongan. Dalam menyampaikan materi di dampingi oleh Ibu Sri Sugianti (Ibu Kanjeng).

“Man Jadda Wa Jadda” artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan sukses ini adalah kata bijak yang di sampaikan cakinin sebagai nara sumber pada pertemuan ke dua pada Pelatihan Menulis Gelombang 16 tepatnya tanggal 7 Oktober 2020. Cakinin menjadi penulis dan menerbitkan buku di usia 55 tahun,.usia yang bisa di bilang sudah senja, awalnya cak Inin ragu untuk memulai menulis, Namun berkat dorongan dari ibu Emi Sudarwati ( gugres pemenang Inobel 2016) yang sekaligus mantan murid SMPnya .Ibu Emi ini yang mendaftarkan Cak Inin untuk mengikuti Workshop di PBG Bojonegoro. Nah, berawal dari sinilah cak Inin mampu menerbitkan buku pertamanya, yaitu buku PBG MEMBAHANA Antologi Pusat Belajar Guru Bojonegoro.

Setelah karya pertama terbit, perasaan bangga yang ada di hati cak Inin,sehingga beliau terus belajar menulis dan mengahasilkan banyak karya. Cak Inin adalah orang yang hebat, beliaunya tidak malu belajar dengan orang yang lebih muda. Dalam pepatah Jawa “kebo nusu gudel”. Karena haus akan ilmu menulis, selanjutnya beliau bergabung dengan WAG Belajar Menulis gelombang 8 yang di asuh oleh Bapak Wijaya Kusuma. Guru Blogger Indonesia, Blog(http://wijayalabs.com)

Dalam waktu yang singkat, (kurang dari setahun ) Cak Inin mampu menerbitkan 7 buku, yaitu: 55 PANTUN NASEHAT, PBG MEMBAHANA, PENA DIGITAL GURU MILENIAL, SEMANGAT MENULIS BERSAMA IBU KANJENG, RONA KORONA DUKA DAN RIA, GORESAN PENA, MUSIM KETIGA

BELAJAR JADI PENERBIT

Berawal dari memosting cover bukunya “Jurus Jitu Menjadi Penulis Handal bersama Pakar” banyak teman-teman Cak Inin yang minta bukunya di terbitkan olehnya. Dari situ Cak ini belajar dari karyawan dan direktur Penerbit Pusaka Ilalang, dengan bantuan dari direktur tersebut akhirnya Cak Inin memiliki percetakan sendiri yaitu “KAMILA PRESS”

Cak Inin adalah orang hebat yang dermawan, di akhir pemberian materi Cak Inin membagikan tips menulis dan menerbitkan buku. Yang di singkat dengan NMATMI :

NIAT KUAT DAN NEKAD ( Nawaitul) menulis itu berbagi ilmu dan pengalaman /menulis itu ibadah.

MENCARI MENTOR carilah pembimbingpenulis sukses,kalau ingin sukses bergaulah dengan orang sukses (kalau ingin wangi bertemanlah dengan pedagang minyak wangi).

ATM (amati penulis sukses/mentor cara dan gaya penulisanya)

TIRU

- Tiru/ Ikuti apa dan bagaimana yang di lakukan penulis sukses / mentor

- Tiru dalam arti meniru dengan memodifikasi, judul boleh sama, isi dan penyampaian harus berbeda.

MANUT

Ikuti semua instruksi dari mentordan ikuti juga cara menerbitkan buku ke penerbit

ISTIKOMAH

Beristikomahlah untuk menulis setiap hari, walau hanya satu paragraf, satu puisi, satu kalimat atau satu kata bijak.

-

Tiada kata terlambat untuk menjadi seorang penulis. Sebaik-baiknya manusia adalah yang mau berubah ke arah kebaikan dalam segala hal dan bermanfaat bagi orang lain (Cak Inin 2020). Sesungguhnya Alloh tidak akan mengubah nasib suatu kaum,hingga mereka mengubah diri mereka sendiri (QS. Ar-Ra’d: 11 ) . Proses tidak akan pernah mengkhianati hasil, dengan proses yang panjang akhirnya cak Inin memetik hasilnya. Dengan virus positip yang cak Inin tabur saya berusaha menyelesaikan resum ini, Semoga bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi pembaca pada umunnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post