Dasirah,S.Pd.SD

Penulis lahir, dan menua di kota rembang , dr 2005 mengabdikan diri di SDN Ngroto, mulai 11 September 2020 Alih tugas ke SD Pancur.. Niat mengamalka...

Selengkapnya
Navigasi Web
TIPS MENULIS  BUKU BIOGRAFI

TIPS MENULIS BUKU BIOGRAFI

Malam ini hujan lebat mengguyur kota Rembang, ada rasa gelisah menghantui perasaanku, jika lampu padam, tentunya signal internetpun hilang itu artinya saya tidak bisa mengikuti perkulihan Belajar Menulis Gelombang 16. Tepat pukul 17.00 WIB. Om Jay yang sangat baik hati membuka kuliah dengan menyapa dengan salam kepada guru-guru hebat se nusantara. Meski masih dalam keadaan sakit (positip covid 19) namun beliau tetap semangat membimbing Kami. Terimakasih Om jay semoga lekas sembuh. Aamiin Ya Robbalalamin

Seperti biasa perkulihaan malam ini di pandu oleh moderator ibu Aam Nurhasanah, kepala sekolah dari Lebak Banten, dan nara sumber Bapak Suparno,S.Pd.M.Pd. kepala sekolah dari Magetan juga Alumni belajar menulis gelombang 3. Perkulihan di bagi dua sesi, sesi pertama yaitu materi dari nara sumber dan sesi ke dua pertanyaan dari peserta belajar menulis gelombang 16

Untuk mengenal lebih dekat dengan nara sumber inilah profilenya, Beliau adalah

Nama : SUPARNO, S.Pd.,M.Pd

TTL: Magetan 25 Juli 1966

Alamat: Desa Pojoksari RT 21 RW 3 Sukomoro Magetan.

Karir, menjadi Guru 25 th.

Kepala Sekolah 5 tahun

Pensiun insya Allah 2026

Prestasi yang pernah dicapai;

Lulus terbaik D3 IKIP Surabaya tingkat jurusan th 89.

Lulus terbaik tingkat jurusan S1. Universitas Wima th 1996.

Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten tahun 2011 Juara 2

Narasumber Nasional Guru Pembelajar 2016 s.d 2018

Jejak Literasi;

1. Perjuangan Hidupku , Telaga ilmu, 2019.

2. Pranatacara lan Pamedhar Sàbda

3. Potret Desa Pojoksari

4. Permasalahan BK di Sekolah.

5. Catatan harian seorang Kepala Sekolah

6. Catatan Kepala Sekolah.

Beliau mengucapkan terima kasih kepada Omjay Guru "spiritual"nya dalam menulis, karena telah memberikan kepercayaan kepada Bapak Suparno untuk ikut berbagi sharing pengalamanya dalam menulis. dan mendoakanya . Semoga Omjay dari hasil labnya negatif, dan bu Kanjeng, Bunda Sri Sugiastuti segera diberikan kesembuhan dari saki typusnya. 'ala hadihinniyah waliridhollohu ta 'ala syaiun lillahi alfatihah.

Biografi berasal dari kata biography artinya riwayat hidup . Sedangkan autobiography adalah riwayat hidup yang ditulis sendiri. Autobiography kb. (j. -phies) riwayat hidup yang ditulis sendiri.

Maanfaat menulis biografi?

1. Mengabadikan riwayat hidup kita, sehingga kalau kita sudah meninggal anak cucu kita, akan mengetahui bahwa kakeknya dulu semasa hidup di dunia ceritanya begini.

2. Dari pengalaman yang baik pada diri kita bisa menjadi pembelajaran bagi orang orang setelah kita. Sehingga menjadi ilmu jariah bagi kita.

3. Menjadi motivasi berprestasi bagi kita, karena suatu saat ingin menambahkan riwayat hidupnya menjadi cerita berprestasi lainnya.

4 Rasanya rugi segudang prestasi yang anda miliki kalau tidak dituliskan akan lenyap ditelan jaman.

Cara mengawali menulis biografi. Yaitu dengan membaca biografi orang orang ternama, maka anda akan terinspirasi mengenai gaya penulisannya, lay outnya, dan cerita cerita apa yang penting dituliskannya. Setidaknya bacalah dua buku biografi, lebih banyak lebih baik sehingga anda bisa membandingkannya mana yang anda sukai.

Itu adalah buku biografi Bapak Suparno,S.Pd.M.Pd.

Itu contoh outline dari buku saya Perjuangan Hidupku. Buku ini setebal 173 halaman. Saya tulis dalam 1 bulan. Karena semuanya pernah saya alami, maka tulisannya mengalir seperti aliran sungai yang jernih di gunung yang belum tersentuh tangan jahat manusia.

Menulis buku autobiografi adalah tingkatan menulis yang paling mudah , karena semuanya sudah di alamai atau dilakukan. Jadi menulislah apa yang kau lakukan, yang kau rasakan, yang kau pikirkan, yang kau impikan, yang kau hayalkan. Menulis biografi termasuk apa yang kau lakukan, menulis novel termasuk apa yang kau hayalkan atau menulis fiksi agak sulit karena tidak dilakukan.

Disisi lain menulislah apa yang kau kuasai, menulislah yang kau sukai. Karena yang dikuasai maka kualitas tulisannya menjadi lengkap, detail dan berbobot. Karena yang disukai maka menulis itu merasa enjoy, senang sehingga kegiatan itu dilakukan secara terus menerus sehingga pekerjaan menulis cepat selesai. Jika menulis yang kita sukai maka akan melibatkan rasa hati sehingga bahasanya juga enak dibaca dirasakan dalam hati pembaca.

Setelah membuat outline kemudian membuat jadwal menulis, misalnya setiap hari beliau bapak suparno harus menulis satu judul. Dan kita harus disiplin dan konsisten dengan jadwal itu. Tidak ada perkara besar yang bisa diselesaikan dengan tidak disiplin dan konsisten. Penulis itu memang orang hebat, orang luar biasa. Pemikirannya pasti melampaui kebanyakan manusia. Penulis itu pengetahuannya mendalam sedalam samudra , memiliki wawasan yang luas , seluas jagad raya.

Oleh karena itu penulis hebat pasti memiliki kegemaran membaca. JK Rowling penulis buku Harty potter sejak masa kanak kanak sudah menjadi kutu buku, karena difasilitasi oleh orang tuanya. Pada usia 11 tahun sudah menulis buku. Penulis itu kadang kadang dianggap sebagai orang aneh. Kadang rela bajunya sedikit, rumahnya sederhana, mobilnya sederhana, tapi bukunya banyak.

Inilah buku-buku Karya bapak Suparno,S.Pd.M.Pd.

Kembali kepada jadwal menulis, setelah buku ditulis selanjutnya di edit, setelah itu mintakan pendapat teman untuk diedit ulang. Setelah itu kirimkan ke penerbit. Pilih penerbit mana yang menurut penjenengan bisa mengantarkan buku anda untuk banyak dibaca atau dibeli orang.Covernya dibuat yang baik sehingga "menjual". Tunggu 15 hari buku anda sudah jadi. Di dalam buku autobiografi tidak usah dicantumkan daftar pustaka, karena di dalamnya berisi riwayat pengalaman hidup pribadi. Seperti halnya novel juga tidak dicantumkan daftar pustaka. Karena termasuk cerita fiksi yang terlahir dari daya imajinasi penulis.

Dalam menulis biografi, sisi kelam yang buruk, yang tidak ada nilai edukatifnya tidak usah ditulis. Cerita tidak nenyenangkan tapi ada nilai edukatif dan sekiranya bisa menginspirasi pembaca layak untuk ditulis. Kriteria buku biografi yang baik adalah yang selesai dituliskannya dan diterbitkan, yang ada nilai educatifnya, yang menginspirasi pembaca untuk mengambil keputusan yang menbuat pembaca melakukan yang terbaik dalam tindakan dan perilakunya, ada prestasi yang menginspirasi. Buku biografi yang sudah terbit sejauh ini hebat semua, lebih lebih para tokoh, tapi kebanyakan mereka tidak ditulis sendiri

Menulis buku biografi tidak harus hebat dulu, riwayat hidup dalam kesederhanaan, kejujuran, keikhlasan , kedisiplinan, pengorbanan bisa diangkat jadi topik yang menginspirasi. Kalaupun tidak ada yang baca, setidaknya murid murid kita, anak cucu kita kelak kemudian hari akan mengetahui kisah hidup kita. Barangkali kita bisa belajar dari orang orang disiplin, dan apa hasil akhirnya. Dan belajar pada orang orang yang tulus iklas dan bagaimana hasil akhirnya. Seperti pesan Omjay yang dihafal oleh seluruh peserta, menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi.

Maka dari itu marilah menuliis buku autobiografi senyanpang hayat masih dikandung badan. Kadang kadang banyak manusia ingin mengetahui kisah kita setelah kita tiada. Buku ini bisa menjadi warisan anak keturunan kita untuk menyatukan mereka dalam keluarga dan persaudaraan. Banyak tokoh penting yang namanya menjadi tenggelam ditelan jaman karena tidak memiliki buku autobiografi. Untuk itu lengkapilah jejak literasi anda dengan menulis buku autobiografi.

Nara sumber pada malam adalah orang hebat yang dermawan, yang membagi ilmunya untuk kemajuan literasi. Terimakasih Bapak Suparno,S.Pd.M.Pd. Semoga resum ini bermanfaat. Salam literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab ulasan resensinya bu. Salam sukses berliterasi

23 Nov
Balas

Terimakasih pak, atas kunjunganya . Salam literasi

24 Nov



search

New Post