David Misra

Sejatinya setiap langkah kaki mendekatkan pada kematian, mari tinggalkan jejak dengan tulisan yang menginspirasi yang bisa menjadi amal sholeh di negeri akhirat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cinta & Terima Kasih

Cinta & Terima Kasih

"Air yang diberi label cinta dan terima kasih, membentuk molekul air yang indah, sebaliknya air yang diberi label kamu bodoh membentuk molekul air yang rusak." (Prof. Masaru Emoto)

60 s.d. 70 % berat tubuh kita adalah air, banyak bukan? Air ini bisa mengekspresikan paradigma fikiran kita dan label yang diberikan orang lain pada kita.

Sebagai pendidik jauh-jauh hari Dosen kita telah berpesan bahwa jangan sekali-kali kita mengatakan "kamu bodoh" kepada para siswa kita, karena itu akan membentuk citra diri negatif dan siswa menjadi rendah diri. Kita harus senantiasa memberikan motivasi kepada peserta didik dengan ucapan, "Ayo kamu bisa, kamu hebat, kamu pintar", sehingga siswa termotivasi dan mempunya citra diri yang positif dan menjadi percaya diri.

Alkisah ada sebuah sungai di Jepang yang airnya kotor dan bau, setelah pembacaan do'a yang dilakukan untuk pembersihan air sungai tersebut, lambat laun air sungai yang dicek molekulnya setelah pembacaan do'a menjadi molekul yang indah, berkurang bau dan pekatnya.

Alkisah juga pelabelan pada nasi di dalam botol, nasi yang diberi label "cinta dan terima kasih" lebih segar dan tidak lekas basi, tetapi nasi yang diberi label "kamu bodoh" menjadi cepat basi dan nasi yang tidak diberi label lebih cepat lagi nasinya.

Artinya stimulus dan perhatian sangat dibutuhkan bagi seseorang, tentunya perhatian yang positif, karena perhatian yang negatif akan berdampak negatif dan tidak memberikan perhatian akan lebih negatif lagi.

Mari mendidik dan memotivasi dengan kata-kata dan kalimat yang baik, InsyaAllah akan memberikan dampak yang baik dan positif di masa-masa yang akan datang.

Jangan sekalipun kita melabeli siswa dengan kata "bodoh". Sejatinya tidak ada siswa yang bodoh tetapi dia belum faham dan belum mengerti cara mengajar kita, mungkin kita yang perlu mengembangkan ketrampilan dan kreativitas dalam mengajar agar siswa semakin termotivasi untuk belajar dan tujuan pembelajaran pun akan tercapai.

Terinspirasi dari Buku "Hikmah Air Dalam Olah Jiwa"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post