Dede Awan Aprianto

Guru sekolah dasar negeri di Kabupaten Purworejo. Menyelesaikan pascasarjana di Univ.PGRI Yogyakarta....

Selengkapnya
Navigasi Web
Selangkah demi selangkah menyusun publikasi ilmiah

Selangkah demi selangkah menyusun publikasi ilmiah

Sebagaimana diketahui bahwa publikasi ilmiah adalah beberapa jenis karya ilmiah yang dipublikasikan. Adapun jenis publikasi ilmiah adalah sebagai berikut.

 

(1) presentasi pada forum ilmiah; 

(2) publikasi  hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal; dan

(3) publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru. 

 

Publikasi karya tulis ilmiah guru terdiri dari

a. Laporan hasil penelitian

b. Tinjauan ilmiah

c. Tulisan ilmiah popular

d. Artikel ilmiah

 

Dalam buku berjudul "Menjadi guru penulis, selangkah demi selangkah dalam menulis laporan PTK, Modul, Karya ilmiah populer dan Buku" yang ditulis oleh Haryono, membagi bikin dalam 5 bab pembahasan.

 

Bab pertama tentang sudah saatnya guru menulis. Sebuah pendahuluan bahwa guru penulis adalah guru profesional, mengenal karya tulis ilmiah, dan publikasi karya tulis ilmiah.

 

Bab kedua tentang menulis laporan PTK, memahami PTK dan langkah-langkah menyusun laporan PTK. Disambung bab ketiga tentang menulis artikel ilmiahnya populer di media massa, apa yang menjadi tema tulisan sampai kiat tulisan dimuat tersaji lengkap.

 

Bab empat tentang menulis modul dan bab terakhir mengupas tuntas menulis buku. Langkah menuliskan buku modul dan menulis buku tersaji lengkap pula di buku ini.

 

Buku terbitan GavaMedia ini menyajikan pembahasan yang memang sangat diperlukan guru yang ingin meningkatkan kualitas menulisnya untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan. Buku ditulis selangkah demi selangkah disertai contoh ini membuat pembaca mudah untuk praktek langsung setelah membaca buku ini.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post