Dede Erlina

Aku, saat ini mengabdikan diri sebagai guru IPA di SMP 3 kota Solok Sumatera barat sudah 15 tahun lamanya. Aku ikut tes PNS tahun 2004 beberapa bulan set...

Selengkapnya
Navigasi Web
Keinginan atau kebutuhan ?????

Keinginan atau kebutuhan ?????

Prioritas,

Ada begitu Banyak pilihan dalam hidup, dari hal yang paling sederhana seperti memilih menu makanan atau hal yang cukup penting seperti memilih pekerjaan atau pasangan hidup.

Saat memilih atau memutuskan sesuatu biasanya kita menggunakan pertimbangan tertentu sesuai dengan keinginan, kebutuhan, atau kemampuan kita. Karena nggak mungkin kita pilih menu "dendeng balado" saat keuangan kita hanya cukup untuk menu "sambalado" saja. Artinya faktor kemampuan adalah faktor penentu terhadap pilihan yang akan kita buat.

Apa yang akan terjadi jika pilihan atau prioritas hidup kita didasarkan atas keinginan semata tanpa berpikir kita mampu atau tidak ???.

Memang sih, siapa yang tidak punya keinginan. "Condong Mato ka nan rancak, condong Salero ka nan lamak" , pepatah Minang yang menggambarkan bahwa sangat manusiawi sekali kalau kita punya keinginan. Tidak akan jadi masalah apabila saat kita punya keinginan, kita punya kemampuan untuk memenuhi keinginan tersebut.

Kemudian mengenai kebutuhan. Kebutuhan adalah sesuatu yang memang harus ada agar kehidupan terus berjalan. Untuk kebutuhan ini pun, kita seharusnya membuat prioritas atau harus pintar-pintar memilih mana kebutuhan yang paling mendasar dan memang harus dipenuhi. Tidak akan jadi masalah kalau kita punya kemampuan untuk memenuhi semua kebutuhan kita tersebut.

Masalahnya, saat kita ingin, saat kita butuh, tetapi kita tidak punya kemampuan untuk itu, apa yang harus kita lakukan ??

Membuat daftar prioritas adalah hal wajib yang harus kita lakukan. Dan tentunya daftar prioritas yang kita buat seharusnya berdasarkan kebutuhan kita, bukan karena keinginan semata. Hal yang aneh bukan, saat stok beras tidak ada di rumah, kita malahan mengutamakan membeli Handphone keluaran terbaru, limited edition pula.

Apabila kita sudah mengutamakan keinginan dibandingkan kebutuhan, maka tinggal menunggu waktu saja, Sekokoh apapun kondisi finansial kita, suatu saat akan collapse juga.

Maka, buatlah prioritas hidup kita berdasarkan kebutuhan ,bukan malah menomorsatukan keinginan. Disinilah dibutuhkan kemampuan memanajemen hidup. Tidak semua masalah hidup bisa diselesaikan dengan semboyan "just go with the wind blow". Iya kalau anginnya sepoi-sepoi, gimana Kalau anginnya adalah angin topan atau tornado ??? Yang ada ya kehancuran dalam hidup kita.

Jadi, buatlah prioritas dalam hidup untuk semua hal yang akan kita putuskan. Buatlah list atau daftar mana yang merupakan kebutuhan, mana yang hanya keinginan semata.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dih buuukkk... jd baa crto tunda wak tu buk?? Dak jd naik do kan.. dak jd lo wak makan jo dendeng diateh tgl 15 doh..hahahah

02 Mar
Balas

Hahaha..... dendeng jantung pisang Sajo Lai ka gantinyo

02 Mar

Jangan besar pasak dari tiang itu pesan Mande deyen.

02 Mar
Balas

Iyo Mande

02 Mar



search

New Post