Dede Saroni, M.Pd.

Nama: Dede Saroni. Guru MTsN 1 Kota Tangerang Selatan. Motivasi: Tetap dan terus menulis. Tetap dan terus bersilaturahmi. Tetap semangat. Salam literasi!...

Selengkapnya
Navigasi Web
Setidaknya udah Menorehkan Sejarah!(tantangan hari ke-877)
Jurnalmetropolitan.com

Setidaknya udah Menorehkan Sejarah!(tantangan hari ke-877)

Oleh:Dede Saroni

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan event sepak bola terbesar sejagat, FIFA World Cup 2022, prestasi timnas Qatar tak semoncer negara Asia lain yang pernah menjadi tuan rumah tahun 2002, yaitu Korsel dan Jepang. Saat itu, prestasi Korsel dan Jepang nggak jelek-jelek amat. Bahkan, Korsel bisa melaju sampe babak semi final. Setelah secara spektakuler, Korsel sebagai tim yang nggak diunggulkan berhasil menindukkan tim unggulan, Panser Jerman.

Sementara, Qatar yang tergabung di Grup A bersama Senegal, Ekuador, dan Belanda, tidak bisa berbuat banyak. Di pertandingan pertama, Qatar kalah dari Senegal 0-2. Lalu di matchday 2 kalah dari Ekuador, 0-2. And, di matchday 3, pertandingan terakhir, Qatar pun dilumat tim orange, Belanda, 0-2. Qatar pun menduduki peringkat paling buncit di Grup A dengan nilai nol jendol.

Tetapi, dari segi penyelenggaraan, Qatar sebagai tuan rumah nggak mau main-main. Biaya yang diglontorkan untuk sarana dan prasarana Piala Dunia 2022, 3 triliunan lebih. Ini yang terbesar selama dihelatnya Piala Dunia. Qatar pun nggak tanggung-tanggung membangun 8 stadion super megah standard dunia dengan sarana pendukung yang super mewah juga. Udah gitu hadiah bagi yang juara dan nggak juara juga paling besar dibandingkan dengan penyelenggaraan Piala Dunia sebelumnya.

Pokoknya, sebagai penyelenggara, Qatar sangat-sangat okeh. Mudah-mudahan ini menjadi tolok ukur bagi negara-negara di Asia, termasuk Indonesia jika ditunjuk lagi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Apalagi, pada tahun 2023 Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Dan, semoga prestasi sepak bola Asia terus meningkat, suatu saat bisa jadi juara dunia.

Cipayung, 30 November 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah. Terima kasih admin MGI yang sudah menyetujui tulisan ini. Semoga sobat-sobat gurusianer berkenan membacanya. Salam literasi!

30 Nov
Balas

Keren menewen ulasannya kang senior.. Sukses selalu

01 Dec
Balas

Terima kasih, Pak. Salam literasi

06 Dec

Keren banget ulasannya Bapak

01 Dec
Balas

Terima kasih, Bunda. Salam literasi

06 Dec

Keren Pak Dede

30 Nov
Balas

Terima kasih, Bunda. Salam literasi

30 Nov

Reportase yang keren, semoga selalu sehat dan sukses

01 Dec
Balas

Aamiin. Terima kasih,, Bunda. Salam literasi

06 Dec

Semoga sang macan Asia kembali bangkit.

30 Nov
Balas

Mudah2an, Bunda. Terima kasih. Salam literasi

06 Dec



search

New Post