Dede Saroni, M.Pd.

Nama: Dede Saroni. Guru MTsN 1 Kota Tangerang Selatan. Motivasi: Tetap dan terus menulis. Tetap dan terus bersilaturahmi. Tetap semangat. Salam literasi!...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ziarah Kubur(tantangan hari ke-988)

Ziarah Kubur(tantangan hari ke-988)

Oleh:Dede Saroni

Pukul 07.30, selesai absen pusaka, juga salat dhuha, aku nggak ke ruang guru, tetapi pemakaman Cimanggis-Ciputat. Aku emang udah niat banget ke sana, mumpung lagi ada waktu. Kebetulan, aku ngajar nanti agak siangan.

Kuambil surat Yassin di mushollah madrasah. Langsung aku menuju pinggir jalan, menunggu angkot. Nggak lama, ada angkot jurusan Muncul Ciputat. Aku naik angkot itu. Hanya 10 menitan, aku nyampe. Kuturun dari angkot. Kubayar ongkosnya. Setelah itu, aku nyebrang jalan. Sampelah aku pas gerbang makam. Eh, ada yang jual kembang dan air mawar. Kubeli 2 kantong kembang dan 1 botol air mawar. Kubawa kembang-kembang dan air mawar itu menuju makam Ayahku. Tiba di sana, kutaburkan kembang-kembang itu, dan kusirami juga air mawarnya ke makam Ayahku.

Kubersimpuh di samping makam Ayahku, menghadap kiblat. Kubacakan Fatihah buat almarhum Ayahku, Asmawih bin Biih, almarhumah Emakku, Maimunah binti Senin, almarhum adikku, Selamet bin Asmawih, dan almarhum mertuaku, Ukar Jafar bin Sahid. Nggak ketinggalan, kukirim Fatihah buat Kakek-Nenekku, Mamang-Encingku, dan Sahabat-sahabatku yang sudah meninggal dunia. Kemudian, kubacakan Yassin, zikir, tahlil, dan tahmid. Lalu, kututup dengan doa. Ya, Allah, menjelang datangnya bulan yang mulia dan agung ini, ampunilah dosa-dosa mereka. Lapangkanlah kuburnya, dan masukkanlah mereka ke surga-Mu. Dan, jadikanlah aku anak-anak yang selalu berbakti kepada mereka. Aamin. Kemudian, aku meninggalkan makam Ayahku dengan hati yang ikhlas.

Cipayung, 21 Maret 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah. Terima kasih admin MGI yang sudah menyetujui pentigraf ini. Semoga sobat-sobat gurusianer hebat berkenan membacanya. Salam literasi!

21 Mar
Balas

Alhamdulillah. Sudah beramal mendokan orang-orang tercinta yang tlah mendahului kita. Ziarah kubur tekah mengingatkan kira agar ingat kematian yg tak seorang pun tahu waktunya.

21 Mar
Balas

Ya, Bunda, betul sekali. Terima kasih. Salam literasi

22 Mar

Alhamdulillah, doa anak untuk orang tuanya. Semoga alm mendapatkan tempat di sisiNya

22 Mar
Balas

Aamiin. Terima kasih, Pak. Salam literasi

22 Mar

Alhamdulilah Senangnya orang tua memiliki anak sholeh tidak pernah lupa berdoa untuk kedua orang tuanya yang sudah berpulang.Sukses dan sehat selalu Bapak Dede.

22 Mar
Balas

Insyaalloh, Bunda. Terima kasih. Salam literasi

22 Mar



search

New Post