Dedi Saeful Anwar

Pria kelahiran Cimahi yang kini tinggal di Cianjur. Kesehariannya mengajar di SD Islam Kreatif Muhammadiyah. Menulis menjadi sebuah kegiatannya di antara rangka...

Selengkapnya
Navigasi Web

ASSET BASED THINKING

Asset Based Thinking

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

Temukenali hal-hal positif dalam kehidupan sehingga segala kekuatan yang ada di sekitar kita menjadi peluang yang dapat dimaksimalkan.

Jangan sampai kita dibutakan terhadap potensi dan peluang di sekitar kita. Maka pergunakan pendekatan berbasis asset (Asset Based Thinking). Pendekatan ini dikenal dengan PKBA, pengembangan komunitas berbasis asset. Hal ini digerakkan oleh seluruh komunitas

1. Perubahan Mindset positif

2. Meciptakan perubahan positif

3. Membuat pertanyaan yang positifif yang mendorong energi kreatifitas

4. Warga sekolah melakukan perubahan

5. Bertanggung jawab

6. Membangun dan membina hubungan dua arah

7. Sekolah dibangun dengan melihat pada potensi dan sumberdaya

8. Kekuatan sekolah berbanding lurus dengan keberagaman unsur sekolah

9. Suasana menyenangkan

10. Faktor utama kepemimpinan lokal

7 Aset Utama Komunitas

1. SDM

2. Modal sosial

3. Modal fisik (bangunan dan infrastruktur/sarana dan prasarana)

4. Modal lingkungan

5. Modal finansial

6. Modal politik

7. Modal agama dan budaya

Menurut Green dan Haines (2002) dalam Asset building and community development dengan mengenali 7 aset utama (SDM, Modal sosial, Modal fisik, Modal lingkungan, Modal finansial, Modal politik, Modal agama dan budaya) sebagai modal utama yang dimiliki oleh komunitas maka hal ini dapat menjadi kunci dari usaha perbaikan kehidupan pada komunitas baik di perkotaan maupun pedesaan.

===================

Cianjur, 16 September 2021

===================

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post