Dedy Tjahjono

Dedy Tjahjono berpendidikan S-1 di IKIP Negeri Malang tahun 1991 dan sekarang sedang menempuh S-2 di Universitas Islam Kadiri (Uniska). Sampai saat ini...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERJALANAN  FIELD  STUDY  UNIVERSITAS ISLAM KADIRI (UNISKA)  KE  YOGYAKARTA

PERJALANAN FIELD STUDY UNIVERSITAS ISLAM KADIRI (UNISKA) KE YOGYAKARTA

Perencanaan yang telah buat tim panitia field study telah berlangsung sejak bulan akhir tahun 2019 dan bisa teralisasi tanggal 8 dan 9 Pebruari 2020. Dimana rombongan Field study pasca sarjana uniska yang berasal dari Prodi MM, Mhk dan M.Ag ini terbagi atas dua rombongan bus dan juga dua lokasi pemberangkatan. Rombongan Kediri dan sekitarnya berangkat Dari kampus Uniska, khusus dari nganjuk berkumpul di pom bensin depan terminal Nganjuk. Tepat jam 00.15 semua rombongan field study berangkat lewat Nganjuk menuju menuju Yogyakarta melalui jalan tol Begagung.

Kurang lebih Jam 04.05 rombongan telah tiba Di Resto Bale Wukir Warung lesehan dan pemanggangan Spesial mangut dan Bebakaran warung sebrang wetan wukir sari, cangkriman barat balai desa Wukir sari dengan no Kontak 08112651275. Di lokasi Ini para peserta beraktifitas ishoma hingga makan Pagi. Nuansana sejuk dengan kolam penuh ikan yang bervariasi Ukuran besar kecilnya serta gazebo tempat untuk pengunjung menikmati makanan Akan memberi kesan tersendiri bagi para pengunjung. Makan Pagi bersama Di lokasi ini Akan menambah keakraban dan kebahagian peserta mahasiswa field study. Disamping itu lokasi ini menyediakan juga lokasi fotonya selfi dengan berbagai background.

Rencana selanjutnya menuju Kampus UII ( Universitas Islam Indonesia) tetapi agenda berubah ke lokasi wisata Agro Jejamuran karena pengelola UII masih ada acara lain yang bersamaan sehingga di tunda sore harinya. Kemudian bus berangkat jam 08.46 ke lokasi Agro Wisata jejamuran beralamat Jl. Pelda Sugiono, Niron, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511 serta berkontak person 0821-3431-0101. Akan tetapi tepat jam 09.46 rombongan tiba di CV Volva Indonesia yang beralamat Pandowoharjo Sleman Yogyakarta. CV yang dipimpin Bapak Agung Cahyono merupakan perusahaan jejamuran yang dikunjungi rombongan field study Uniska. Para peserta yang turun dari bus berkumpul menjadi satu di lokasi jejamuran dengan di pandu oleh seorang Nara Sumber untuk berkelilingi mengikuti proses kegiatan. Dengan sabar Pak Arief selaku Nara Sumber yang membimbing dan memberi penjelasan proses produksi usaha Jamur satu unit ke unit lainnya sambil menuju aktifitas pekerja di lokasinya. Unit yang dimaksud berupa : Cara pembuatan benih Jamur, Cara membuatan media jamur, lokasi pemeliharaan jamur, yang pada akhirnya pengelolaan limbah media jamur untuk pupuk. CV ini yang bermitra dengan tiga dinas pemerintah, yakni; dinas pertanian, dinas pariwisata dan dinas industry pangan serta rencana akan melakukan produksi pengalengan. Lokasi usaha yang cukup luas dengan didukung sumberdaya yang cukup baik dan peralatan yang sudah mulai menggunakan mesin. Pada akhirnya serah tanda cindera mata antara uniska dan wakil dari CV volva Indonesia dan foto bersama.

Perjalanan antara dusun Temon desa pandowoharjo ke the waroeng of Raminten yang beralamat di Jl Kaliurang No.16, Kopatan, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584.kurang lebih 30 menit untuk ishoma acara siang harinya. Penyambutan yang baik Dan sifat ramah khas masyarakat Jawa asli didukung speaker aktif yang melantunkan lagu-lagu Jawa membuat resto ini memiliki Ciri khas yang berbeda. Lokasi areal resto yang luas memanjang ke belakang dengan dipenuhi bentuk-bentuk gazebo dengan asesoris jawa dapat menampung pengunjung dengan berbagai macam rombongan.

Perjalanan berikutnya untuk Hari Sabtu ini yakni; menuju kampus universitas Islam Indonesia. Pada jam 15.20 tiba di kampus dengan alamat Jl cik Di Tiro no 1 Yogyakarta. Acara sambutan yang disampaikan oleh Bapak Ketua Kaprodi pasca Hukum Unska yang menyampaikan maksud kedatangan ke UII. Sedangkan sambutan dari UII oleh Bpk Dr. Agus. Trianta S. H., MHk Kaprodi fakultas Hukum UII, menjelaskan sejarah UII. UII didirikan, 17Juli 1945 di Yogyakarta oleh tokoh-tokoh bangsa sebagai kampus swasta. Untuk fakultas hukum program sarjana (S-1) di buka tahun 1995 dan program Pasca sarjana hukum tahun 2005 dengan Akreditasi A. UII sudah bekerjasama dengan perguruan tinggi international 10 negara. Ijazah di UII sudah disahkan oleh dikti dengan tenaga pengajar berjumlah 5 orang profesor dan 40 doktor. Untuk jam perkuliahan terdapat jam makan bagi mahasiswa sebagai daya tarik dengan jadwal perkuliahan hari senin smp jum.at. Berdasarkan data untuk Magister hukum Pasca sarjana berasal dari kurang lebih 110 alumni perguruan tinggi unversitas dalam negeri da nada juga yang luar negeri. Kurikulum yang dipergunakan sama dengan perguruan pada umumnya yakni kurikulum kkni 2017 . Sedangkan syarat pengajukan tesis bisa diajukan pada semester dua bila lulus metodologi penelitian hukum dengan minimal nilai B. Sehingga semester dua mengajukan proposal dilanjutkan thesis minimal 70 halaman.

Menjelang mahgrib bus rombongan kearah Abadi Hotel Yogya, tetapi sebelumnya para peserta menerima ID card atau kartu nomer kamar tiap kamar berisi 2 orang. Setelah Ishoma di hotel , para peserta field study wajib menghadiri acara gathering family untuk makan malam bersama dan keakraban di Ruang pertemuan hotel yang telah disediakan. Diketahui bahwa letak posisi strategisnya hotel ini yang berhadapan langsung dengan station Yogyakarta/ station tugu, dekat juga dengan kuriner Yogya, penjual oleh-oleh khas serta Jalan Malioboro yang terpopuler di Jogja.

Makan pagi/ sarapan mulai jam 06.00 telah tersedia hotel abadi yogya dan peserta rombongan diharapakan jam 08.00 telah selesai makan dan persiapan cek out hotel. Agenda hari kedua melanjutkan perjalanan ke arah HS silver dari Hotel Abadi jam 09.04. Tiba di lokasi 10.20 dengan Gapura HS Silver telah yang berlokasi persisi di pertigaan jalan Nyonto pembayun dan Jalan Mondorakan Kotagede Yogyakarta serta tepat di depan Madrasah Islam Banguntapan Bantul. Usaha ini memiliki bangunan luas dan telah mapan dengan nuasana seni khas yogya. HS Silver berdiri tahun 1953 oleh Bapak dan Ibu H. Harto Suharjo yang pada tahun 1965 telah membuka toko/ Art shop di Jl Mondorakan 1 Kotagede Yogya karta samapi sekarang. Tahun 1975 telah memiliki cabang di Bali. Pengelolaan manajemen tahun 1990 telah mengubah dari manual ke computer dengan system administrasi dan akunting serta juga memiliki sertifikat ISO 2000 ver 9001 pada bulan Agustus 2002 dengan badan penguji RW TUV.

HS Silver yang semula berdiri hanya berkayawan 5 s/d 10 orang perajin tetapi 2015 telah memiliki 40 orang. Produksi HS Silver berupa Perhiasan ( Bros, anting, giwang, cincin,dll) , Dekorasi ( (miniature, hiasan dinding), macam-macam silver (piring, sendok , gelas, dll). Pemasaran dilakukan dengan 2 sistem berupa retail /bijian (art shop) dan Whole sale (grosir), sedangkan daerah pemasaran yang telah dilakukan yakni dalam negeri (40 %) dan pemasaran luar negeri (60 %) di Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Asia.

Pembuatan kerajinan perak di HS Silver ini berbahan baku dari Perak murni, tembaga murni, lembengan kuningan, tawas, buah lerak dan jabung. Peralatan yang digunakan Kowi, tungku peleburan, gunting, penjepit, palu, amplas, alat urutan, alat poles, tang, mesin pres, sikat kawat, dll. Sedangkan pembuatan kerajinan perak dapat dilakukan dengan Fillingree, Solid Silver ( Perak padat) dan melakukan pembersihan kerajinan perak.

Dari HS Silver jam 11.37 . perjalanan dilanjutkan ke classic restaurant Oemah Djawa. dengan waktu tempuh kurang lebih dari 30 menit. Resto ini berlokasi di JL. Lowanu no 105 Sorosultan kota Yogya dan depan Pom bensin yang melakukan pelayanan antara jam 10.00 Hingga 22.00. Classic Rumah Jawa kuno dengan Bahan bangunan mayoritas terbuat Dari kayu dan menu masakan jawa sangat terasa di resto ini. Ada sedikit kelebihan Rumah makan ini adalah pameran Mobil Kuno yang classic ( Opel, Chevrolet, dll) an sepeda motor kuno ( Honda, Yamaha) .

Tiba di pantai Goa cemara Jam 14.40. Lokasi wisata pantai ini yang jalannya kearah menuju ke laut tetapi banyak ditemui tanaman cemara. Pantai goa cemara ini merupakan kawasan pantai laut selatan atau samudera Hidia yang terkenal dengan gelombang yang besar. Pantai yang berlokasi di desa patian Kec. Sadeng kab. Bantul in menawarkan kegiatan naik kuda, naik ATP, lokasi tempat outbound dan beberapa souvenir pakaian serta sedikit makanan kuliner. Di pantai ini larangan keras untuk berenang bagi pengunjung dengan adanya baliho dan spanduk yang diletakkan dimana-mana.

jam 18.00 ishoma rombongan berada di Sambel Bule Resto bebakaran jl Babaran no 83 warungboto umbulharjo telp (0274) 428318, dengan suasana dan masakan khas jawa, tidak jauh berbeda dengan resto yang dikunjungi sebelumnya

Tujuan akhir rombongan adalah membawa oleh-oleh Yogya salah Satu nya lokasi Bakpia pathok 25 juanda Jaya yang dimiliki CV Sido maju Jaya dengan alamat Adi Sucipto KM 8 Jogya. Waktu menunjukan jam 20.52 bus rombongan start untuk jalan back to Nganjuk diteruskan ke kampus UNISKA dengan melalui jalan tol Colomadu. Bus yang melalui jalan tol ini istirahat sebentar di rest area Ngawi kurang lebih 30 menit kemudian melanjutkan perjalanan dan tetap jam 00.25 bis tiba di depan terminal Nganjuk untuk menurunkan peserta yang berasal dari Nganjuk. Perjalanan tujuan akhir tentunya menurunkan rombongan Kediri di Kampus UNISKA.

Dengan mengucapkan rasa syukur Alhamdulillah …...Field Study UNISKA berjalan lancar dan sukses serta pulang dengan selamat…….. Aamiin.

LINKS DOKUMENTASI FOTO KEGIATAN FIELD STUDY

1. Field Study hari 1 (pertama)

https://drive.google.com/open?i

d=1hRSNxYSiWbvySznyvOuZ5Z220Zo9YGXY

2. Field Study hari 2 ( kedua)

https://drive.google.com/open?id=186nr-zCOtsW8PdqQz_FIpxKmGvvjnV2U

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat datang di Jogja. Semoga ada kenangan yang baik. Salam kompak

11 Feb
Balas

...mantap betul.... Jogja benarbenar kota pariwisata...kota pendidikan... kota kuliner.

11 Feb
Balas

Sangat menyenangkan sekali field Study kemarin

11 Feb
Balas



search

New Post