Deep Yudha, Lilis Yuningsih

Lilis Yuningsih, S,Pd., M.M. adalah Koordinator Penggerak GLN Gareulis Jabar untuk kabupaten Indramayu. Guru matematika yang mendapat tugas tambahan sebag...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sabar Sebagai Upaya Memperoleh Pertolongan-Nya

Sabar Sebagai Upaya Memperoleh Pertolongan-Nya

Masih ada kalimat berikut tentang sabar dalam kehidupan sehari-hari "Sabar itu ada batasnya", "Jangan menunggu kesabaranku habis", yang mencerminkan bahwa sabar itu sesuatu hal yang sangat sulit diupayakan. Padahal seperti yang banyak ditemui dalam banyak ayat di dalam Al-Qur'an, sabar itu justru cara kita meraih pertolongan-Nya.

Berikut diantara ayat dalam Al Qur'an yang membahas tentang sabar :

1.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,

"[QS. Al-Baqarah(2:45)]

2.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

1 يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْن

"Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar."[QS. Al-Baqarah (2:153)]

Sabar memang sebuah kata yang mudah diucapkan namun tidak mudah dijalankan.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, Ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Siapa yang sungguh-sungguh berusaha untuk bersabar maka Allah akan memudahkan kesabaran baginya. Dan tidaklah seseorang dianugerahkan (oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala) pemberian yang lebih baik dan lebih luas (keutamaannya) dari pada (sifat) sabar.” (HR. Al-Bukhâri No. 6105 dan Muslim No. 1053). Demikian, semoga kita semua dimudahkan dalam memiliki sifat sabar, agar mudah meraih pertolonan-Nya. Aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin. Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap ulasannya

27 Sep
Balas

Terima kasih Bu Rismalasari, Alhamdulillah.

12 Oct



search

New Post