Deisy. A

Guru BK di SMPN 4 Manggar Belitung Timur ( Jadikan setiap kerjamu adalah ibadahmu)...

Selengkapnya
Navigasi Web

Hikmah di Balik Musibah Virus Corona

Tantangan Hari ke 40

Tantangan Gurusiana

Hikmah di Balik Musibah Virus Corona

Sejak merebaknya wabah virus Covid-19 di dunia, ada banyak perubahan yang terjadi pada diri , keluarga, lingkungan masyarakat, pekerjaan dan pemerintahan serta dunia tempat kita tinggal. Semua mengalami perubahan tanpa pernah kita sangka sebelumnya akan terjadi situasi dan kondisi seperti saat ini. Itulah rencana dan ketetapan Sang Maha Kuasa. Kita sebagai manusia tidak punya kemampuan untuk memprediksi apa yang akan terjadi. Semuanya diluar dari batas pemikiran kita sebagai hamba yang hakikatnya penuh keterbatasan. Takdir dan ketetapan- Nya menjadi sebuah misteri bagi kita makhluk yang lemah. Namun, sebagai orang yang mempunyai keimanan, kita wajib meyakini bahwa semua musibah besar yang Allah anugerahkan kepada kita adalah sebuah kondisi yang wajib kita syukuri dan kita nikmati. Karena musibah yang datang kepada kita semuanya atas kehendak dan izin-Nya. Allah punya rencana yang indah agar kita semua kembali menjadi orang-orang yang senantiasa pandai mengambil hikmah, ilmu serta pelajaran dari setiap kejadian atau musibah.

Ada banyak pelajaran besar yang dapat kita petik dari musibah merebaknya virus corona pada saat ini diantaranya, dengan adanya ketetapan “stay at home” setidaknya memberikan waktu dan kesempatan yang begitu luas kepada kita untuk beribadah dan lebih mendekat kepada-Nya dalam meningkatkan kualitas keimanan kita. Hanya dengan keimananlah musibah besar ini dapat kita terima dengan rasa syukur dan ikhlas. Karena Allah SWT akan memberikan solusi, ketika kita menghadapi musibah dengan penuh keimanan kepada Zat yang memberikan musibah ini. Selanjutnya, dengan musibah ini Allah ingin mengembalikan keceriaan dan kehangatan dalam sebuah keluarga. Mungkin selama ini, bagi sebuah keluarga yang mempunyai kedua orang tua yang sibuk bekerja, kurang mempunyai banyak kesempatan untuk berkumpul dan melakukan aktivitas bersama-sama. Dengan senantiasa berkumpulnya anggota keluarga kita dapat menjalankan peran dan fungsi yang maksimal terhadap anak-anak kita. Semakin besar kesempatan kita sebagai orang tua untuk lebih dekat dengan anak-anak kita dan merasakan betul peran kita sebagai ibu, guru dan sahabat bagi mereka. Hikmah lain yang kita peroleh dari musibah ini, kita menjadi lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri kita dan lingkungan sekitar dengan senantiasa mencuci tangan, berolah raga, berjemur dibawah sinar matahari dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Kita menjadi sangat menghargai dan berempati kepada tenaga medis yang selalu mengedepankan keselamatan masyarakat dibandingkan dengan dirinya sendiri dan keluarga, walaupun nyawa harus menjadi taruhannya demi menyelamatkan nyawa orang lain, sungguh sikap yang sangat mulia. Masih banyak lagi hikmah yang bisa kita jadikan pelajaran dari musibah ini.

Tetaplah kita tenang dalam menghadapi musibah ini sambil berikhtiar dan berdoa. Semoga Allah SWT menggolongkan kita ke dalam orang-orang yang ikhlas dalam menerima ketetapan-Nya.

Wallahu a’lam bissawab.

Manggar, 24 Maret 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin

24 Mar
Balas

Terima kasih bapak.sudah mampir.Barokallah sehat dan sukses selalu

24 Mar

Good mom artikelnya. Sayang aq msh tetap masuk.

24 Mar
Balas

Oya.ibu masih masuk kerja kah?

24 Mar

Aamiin YRA

24 Mar
Balas

Kiape sedare...la uda ke nyetor e..

24 Mar



search

New Post