Dela Rahma Safitra

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Eksplorasi Visual Tata Surya Discovery Learning Terintegrasi Aplikasi Space 4D & Padlet

Best Practice

Eksplorasi Visual Tata Surya: Discovery Learning Terintegrasi Aplikasi Space 4D+ dan Padlet

Oleh Dela Rahma Safitra, S.Pd

 

A.    PERENCANAAN

Pembelajaran tata surya seringkali membutuhkan pemahaman mendalam dan visualisasi konkret agar peserta didik bisa mengenal konsep secara utuh. Melalui model pembelajaran Discovery Learning yang didukung aplikasi Space 4D+ dan Padlet, diharapkan peserta didik kelas 6 dapat memahami tata surya dengan lebih menyenangkan, interaktif, dan mudah diingat. Penggunaan aplikasi ini mampu memfasilitasi peserta didik untuk bereksplorasi secara mandiri sekaligus memperkuat pemahaman melalui aktivitas visual yang mendekatkan konsep abstrak ke dalam bentuk nyata.

Adapun perencanaan kegiatan dilakukan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 1) Menyiapkan dan melakukan uji coba aplikasi Space 4D+ dan Padlet untuk memastikan aplikasi dapat diakses oleh peserta didik di perangkat yang tersedia, 2) Menyusun alur langkah-langkah Discovery Learning dalam rencana pembelajaran (RPP) yang mampu mengarahkan peserta didik pada eksplorasi dan diskusi kolaboratif di Padlet. 3) Menyusun langkah-langkah penggunaan aplikasi agar peserta didik lebih mudah dalam menjalankan aktivitas, termasuk cara melihat proyeksi empat dimensi di Space 4D+ dan cara memasukkan temuan ke dalam Padlet, 4) Membuat rubrik penilaian yang mencakup aspek kognitif (pemahaman konsep tata surya), keterampilan proses (eksplorasi di Space 4D+), dan sikap (kolaborasi di Padlet).

B.    PELAKSANAAN

Kegiatan ini dilakukan pada hari Senin, 22 Juli 2024 bertempat di kelas 6 Sholahuddin, SD Al Muslim. Adapun langkah-langkah kegiatan disesuaikan dengan RPP yang telah dibuat berikut ini:

1.   Pemberian Stimulus (Stimulation)

Peserta didik diminta untuk mengakses aplikasi menti.com dan menjawab pertanyaan umpan balik yang disajikan guru melalui presentasi interaktif mengenai pengertian dan anggota tata surya. Hal ini bertujuan untuk menggali pemahaman awal peserta didik.

2.  Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang. Selanjutnya, peserta didik diminta untuk mengakses aplikasi Space 4D+ untuk melihat proyeksi visual dari anggota tata surya seperti matahari, planet, dan satelit. Kemudian, peserta didik diberikan dua buah flashcard bergambar macam-macam planet yang dapat di scan dalam bentuk tampilan empat dimensi untuk memperkuat visualisasi konkret setiap planet dalam tata surya yang akan diteliti.

3.  Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik diarahkan untuk mengeksplorasi karakteristik tiap-tiap planet dalam tata surya dengan cara menscan flashcard. Selanjutnya, peserta didik diminta untuk menemukan informasi secara mandiri melalui fitur “Info” dan “Deskripsi Planet” yang tersedia dalam aplikasi Space 4D+. Selain itu, peserta didik juga dibimbing untuk mencari informasi tambahan dari materi dan video pembelajaran yang dapat diakses dalam konten digislamic.

4.  Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik diminta untuk mengunggah foto tampilan planet dalam proyeksi empat dimensi. Selanjutnya, peserta didik dibimbing dalam melakukan diskusi kolaboratif untuk mencatat informasi karakteristik planet yang tertera pada flashcard dengan melengkapi kolom informasi yang tersedia dalam aplikasi Padlet.

5.  Pembuktian (Verification)

Perwakilan kelompok peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil ekplorasi dengan memaparkan informasi mengenai berbagai karakteristik planet dalam dan luar dalam tata surya.

6.  Menarik Kesimpulan (Generalization)

Peserta didik menyampaikan kesimpulan bersama guru. Guru memberikan penguatan materi mengenai konsep karakteristik anggota tata surya.

C.    VISUAL HASIL

Berikut ini adalah dokumentasi pelaksanaan dan hasil laporan kegiatan:

D.    TINDAK LANJUT

Berikut umpan balik dari kegiatan yang telah dilakukan:

1.      Setelah eksplorasi karakteristik planet, peserta didik dapat mengeksplorasi benda langit lainnya seperti bintang, galaksi, dan komet dengan memanfaatkan Padlet untuk menyusun portofolio hasil temuan, termasuk gambar, fakta unik, dan video dari Space 4D+.

2.    Hasil karya peserta didik dapat diintegrasikan dalam platform digislamic sekolah sebagai konten dan bahan belajar tambahan yang kaya visual.

3.     Guru dapat melakukan sesi diskusi untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan pembelajaran, mempelajari dampaknya terhadap pemahaman konsep, dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam implementasi teknologi Padlet dan Space 4D+.

4.     Mempublikasikan laporan best practice di komunitas guru untuk berbagi pengalaman, termasuk hasil karya peserta didik, pengalaman penggunaan teknologi, dan rekomendasi implementasi.

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post