Dela Rahma Safitra

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Peran Farming Gardening Project dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan

Peran Farming Gardening Project dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan

Best Practice Peran Farming Gardening Project dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar Al Muslim

A. PERENCANAAN

Pada masa pandemi Covid-19, seluruh satuan pendidikan menerapkan aturan Belajar Dari Rumah (BDR). Hal ini menjadi tantangan bagi para pendidik untuk dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna, dengan memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup guna membangun karakter peserta didik. Salah satu upaya untuk membangun karakter peserta didik yaitu melalui kegiatan Farming Gardening Project.

Kegiatan projek berkebun atau sering disebut Farming Gardening Project merupakan pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi dengan pembelajaran Green Education (GE) khas Yayasan Al Muslim. Melalui pembelajaran ini, peserta didik diberikan kesempatan untuk mengalami secara langsung bagaimana proses menanam, merawat tanaman, menyiram tanaman, memupuk tanaman dan mengamati tanaman tumbuh hingga menghasilkan panen serta memberikan manfaat bagi makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, kegiatan Farming Gardening Project bertujuan agar peserta didik memiliki kemauan untuk memelihara lingkungan sejak dini, yang diwujudkan dalam bentuk kepedulian.

Adapun perencanaan kegiatan Farming Gardening Project dilakukan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 1) menentukan tema proyek yaitu menanam tumbuhan kacang tanah 2) memilih nilai karakter yang akan dikembangkan dari proses pembelajaran yaitu peduli lingkungan, 3) menyusun rencana pembelajaran (RPP) sesuai langkah pembelajaran berbasis proyek, 4) menyiapkan konten materi ajar dan lembar kerja yang mendukung proses pembelajaran, 5) menentukan evaluasi pengalaman belajar.

B. PELAKSANAAN

Kegiatan Farming Gardening Project dilakukan di pertengahan bulan September sampai awal Desember 2021. Tempat pelaksanaan kegiatan ini memanfaatkan lingkungan rumah dikarenakan pemberlakuan BDR. Dalam prosesnya, kegiatan ini membutuhkan kolaborasi bersama orang tua dalam rangka bimbingan dan pengawasan di rumah selama penugasan. Langkah kegiatan Farming Gardening Project disesuaikan dengan RPP yang telah dibuat berikut ini:

1. Menentukan pertanyaan mendasar. Peserta didik menyimak dongeng “Jack dan Pohon Kacang” di zoom bersama guru. Hal ini diharapkan dapat menstimulasi rasa ingin tahu peserta didik mengenai tumbuhan kacang tanah. Selanjutnya peserta didik diminta mengamati gambar tumbuhan kacang tanah dan difasilitasi dengan pola gambar tumbuhan kacang tanah yang dapat ditebalkan dan diwarnai sehingga memperjelas konsep objek tumbuhan.

2. Menyusun perencanaan proyek. Guru menjelaskan tahapan menanam kacang tanah dan peserta didik diminta untuk mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proyek menanam seperti biji kacang tanah, pot atau polybag ukuran sedang, dan media tanam yang sesuai untuk pertumbuhan kacang tanah.

3. Menyusun jadwal pembuatan. Peserta didik diberikan lembar kerja sebagai bentuk laporan pelaksanaan proyek. Guru menjelaskan cara pengisian lembar kerja dan waktu mulai menanam dari tahapan pemilahan biji, penanaman kacang tanah di pot, lama perawatan tanaman kacang tanah dan cara panen kacang tanah.

4. Memonitor keaktifan dan perkembangan proyek. Kegiatan proyek diawali dengan pengolahan media tanam bersama orang tua di rumah. Kemudian, peserta didik melakukan tahap pemilihan benih dan mulai penanaman biji kacang tanah ke dalam pot. Peserta didik diminta guru untuk mengamati proses pertumbuhan tanaman dari hari ke hari seperti kapan mulai tumbuh daun dan berbunga serta melakukan perawatan dengan menyiram secara rutin. Orang tua turut berperan mendampingi dan mendokumentasikan langkah kegiatan yang sedang dilakukan peserta didik di rumah.

5. Menguji hasil. Peserta didik mengamati ciri-ciri tumbuhan kacang tanah yang sudah siap untuk dipanen dan melakukan panen.

6. Evaluasi pengalaman belajar. Peserta didik melaporkan hasil lembar kerja dengan menuliskan perkembangan tumbuhan dan kendala yang dihadapi dalam proses merawat tumbuhan kacang tanah dalam bentuk jawaban pertanyaan.

C. VISUAL HASIL

Berikut adalah dokumentasi pelaksanaan dan hasil laporan kegiatan Farming Gardening Project:

D. TINDAK LANJUT

Berikut umpan balik dari kegiatan yang telah dilakukan:

1. Guru memberikan penguatan dengan pujian terhadap apa yang telah direfleksikan peserta didik. Misalnya dengan mengatakan, “Terimakasih, sudah peduli dan merawat tanaman kacang tanahmu dengan baik.”

2. Kegiatan Farming Gardening Project dapat terus dikembangkan dengan memperhatikan waktu dan tempat pelaksanaan yang lebih efektif. Karena kegiatan ini mampu membuat peserta didik menyadari dan meyakini sendiri bahwa mereka dapat bermanfaat untuk dirinya dan lingkungannya.

3. Pada pembelajaran berikutnya, peserta didik dapat melakukan pengolahan terhadap hasil panen sehingga nilai karakter yang dapat dibangun semakin beragam. Guru dapat terus menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua untuk menciptakan pendidikan yang utuh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post