Delfi yeni

Delfi Yeni adalah seorang guru Taman Kanak-Kanak yang bertugas sejak bulan Juli 1999 di TK Aisyiyah Anding Kecamatan Suliki Kab. Lima Puluh Kota Sumatera Barat....

Selengkapnya
Navigasi Web

KAMPUNG EROPA HARAU

Kampung Eropa Harau

Nama : DELFI YENI, S. Pd, MM

TK AISYIYAH ANDING KECAMATAN SULIKI

Saya sekarang berada di kampung Eropa yang terletak di Lembah Harau pengunjungnya sangat ramai sekali yang berasal dari berbagai daerah dengan membawa rombongan. Mereka di sini dapat menikmati keindahan alam yang sudah tertata dengan apik. Di Lembah Harau ada yang namanya Kampung Eropa, tempat ini sangat terkenal di kalangan pengunjung sehingga selalu dipenuhi oleh wisatawan yang datang ke Lembah Harau. Di kampong eropa ini ada objek Menara Eiffel, balon udara, sepeda gantung dan juga ada jembatan gantung.

Hari Sabtu pengunjungnya sangat ramai, beberapa rombongan terlihat memasuki lokasi kampung Eropa. Sangat ramai sekali, ada yang berombongan, ada yang berpasangan. Bersama keluarga juga ada, bahkan kelompok lansia terlihat sedang melaksanakan acara senam bersama. Suasananya sangat ramai sekali, pengunjungnya membludak.

Dalam Kampung Eropa ada bangunan mini Menara Eiffel, balon udara, sepeda gantung, kincir angin dan lain-lain. Mereka yang berkunjung ke sini pasti tidak akan melupakan untuk foto selfie, yang akan memenuhi halaman medsos. Sekarang suasana sudah berada pada sore hari, tetapi pengunjung masih ramai. Masih terdengar sorak-sorai anak-anak berteriak kegirangan, musik dari kelompok lansia masih terdengar dengan jelas.

Kampung Eropa adalah objek terbaru yang ada di Lembah Harau. Komplek ini berdekatan dengan Pondok Pesantren Modern yaitu ICBS. Di sampingnya juga ada kebun tanaman strawberry, tetapi belum nampak buahnya yang masak. Masih terlihat pekerja yang masih bekerja untuk membenahi lokasi kampung Eropa.

Nampak sekali bahwa lokasi ini memang diperuntukkan untuk mendukung program pemerintah daerah dalam rangka Harau menuju dunia. Pemerintah daerah Kabupaten Lima Puluh Kota sedang gencar-gencarnya menggerakkan pariwisata yang ada di kabupaten Lima Puluh Kota. Salah satunya adalah Lembah Harau.

Lembah Harau ini pengunjungnya sangat banyak dan ramai, layaknya dua buah sisi mata uang ada sisi negatif dan juga ada sisi positif. Sisi negatifnya adalah, sampah yang dihasilkan oleh pengunjung bertebaran di sekitar lokasi. Kondisi yang terekam oleh pandangan kita pada hari ini adalah begitu banyak sampah yang berceceran, hal ini tidak dapat hanya diserahkan kepada satu pihak saja tetapi harus ada pembenahan dari pihak pengelola, karena walau bagaimanapun lokasi yang seluas ini membutuhkan pekerja atau petugas yang cukup banyak.

Kemudian untuk parkir sudah cukup lumayan bagus. Sisi negatif yang terekam oleh pandangan kita pada hari ini adalah begitu banyak sampah yang berceceran. Hal ini tidak dapat hanya disalahkan kepada satu pihak saja tetapi harus ada pembenahan dari pihak pengelola karena walau bagaimanapun lokasi yang seluas ini membutuhkan pekerja atau petugas yang cukup banyak. Kemudian untuk parkir sudah cukup lumayan bagus, karena sudah menurut jenis jenis kendaraan yang masuk, misalnya motor diparkir sudah di area parkir motor, mobil pribadi juga sudah diparkir di area mobil pribadi, kemudian lagi bus pariwisata juga sudah di parkir pada suatu tempat.

Kemudian dari segi kuliner belum terlihat pengaturan atau belum tertib. ini terlihat tersebarnya para pedagang yang belum mematuhi aturan atau mungkin memang peraturan untuk berjualan itu yang belum ada regulasinya, sebagai contoh penjual es krim berada tersebar di sepanjang jalan di sekitar area, kemudian penjual es tebu juga tersebar di seluruh area, kemudian penjual mainan anak-anak seperti balon juga tidak diatur. Intinya untuk semua pedagang kaki lima belum ada tempat khusus di sini.

Di belakang Kampung Eropa ini berdiri kokoh batu Cadas bagaikan dinding yang menjaga Harau. Saya melihat dinding batu yang berada di sekeliling Lembah Harau ada satu atau dua air terjun yang selalu mengalir yang dapat digunakan untuk berenang bagi anak-anak dan pengunjung. Batu cadas ini seperti lukisan krayon oleh anak usia dini terlihat cantik asri dan saya kagum sekali, begitu indah kekuasaan Maha Pencipta.

Udara di sini sangat sejuk walaupun saya berada di alam terbuka tanpa pelindung topi ataupun payung tetapi saya tidak merasakan kepanasan karena udara di sini ini sangatlah Asri. Pencemaran tidak ada di sini yang ada adalah udara yang bersih, segar, sejuk dan terasa damai.

Saya tidak dapat membayangkan jika pada suatu waktu di sekitar ini ada sebuah pabrik yang akan mengotori udara di sini. Tetapi itu mungkin hanyalah pikiran buruk saya saja mudah-mudahan pemerintah daerah cukup bijak di dalam memberikan izin, sehingga keasrian dan kedamaian serta kesejukan Lembah Harau tetap terpelihara sampai nanti, sehingga anak cucu kita dapat menikmati alam Lembah Harau yang indah dan mempesona.

Saya berharap ini tetap abadi sampai akhir dunia tidak semua daerah mendapatkan anugerah terindah dari yang maha kuasa manusia bertanggung jawab mewariskan keindahan alam ciptaan Allah ini kepada anak cucunya. Kita selaku masyarakat yang berada di lingkungan pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota seharusnya mampu untuk mengemban tugas seperti lukisan crayon oleh anak usia dini terlihat cantik asri dan saya kagum sekali begitu indah kekuasaan maha pencipta.

Udara di sini sangat sejuk walaupun saya berada di alam terbuka tanpa pelindung topi ataupun payung tetapi saya tidak merasakan kepanasan karena udara di sini sangatlah asri pencemaran tidak ada di saya berharap ini tetap abadi sampai akhir dunia tidak semua daerah mendapatkan anugerah terindah dari yang maha kuasa manusia bertanggung jawab mewariskan keindahan alam ciptaan allah ini kepada anak cucunya kita selaku masyarakat yang berada di lingkungan pemerintahan kabupaten lima puluh kota seharusnya mampu untuk mengemban tugas yang mulia ini agar lembah aral tetap menjadi tujuan wisata dari luar ataupun dari domestik

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih bu. Motivasinya.

24 Feb
Balas

Hebat....Lanjutkan bukkk Luncurkan karyanya.....

24 Feb
Balas



search

New Post