Delmi Masnita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

kegiatan pramuka Membentuk Karakter Siswa / Tantangan Hari ke 8

Kegiatan Pramuka Membentuk Karakter Siswa

Tantangan hari ke 8 Medya Guru,oleh Delmi Masnita.S.Pd.I

Proses Belajar mengajar yang dilakukan setiap hari oleh guru guru lebih banyak berbicara tentang teori dari berbagai bidang ilmu,untuk materi yang bernilai praktek sedikit sekali,namun ada bidang studi olah raga dalam mata pelajaran itupun hanya lebih banyak terhadap permainan.

Tetapi dalam kurikuilum 2013 ada bidang ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa kelas 3 sd 6,yaitu kegiatan pramuka.

Pada kegiatan pramuka inilah sangat banyak kesempatan siswa memunculkan karakter karakter yang akan mereka pergunakan dalam kehidupan sehari hari.

Karakter siswa yang bisa dibentuk melalui kegiatan Pramuka adalah :

1. menjadikan siswa mandiri.

2. percaya diri.

3. trampil dalam berbagai kegiatan.

4. memudahkan siswa dalam bersosialisasi denggan lingkungannnya.

5. akan menumbuhkan rasa penuh tanggung jawab dalam diri siswa.

6. serta siswa akan terbiasa dalam melakukan sesuatu bekerjasama untuk meningkatkan rasa empati dalam diri anak anak untuk bisa menempatkan diri mereka pada posisi yang tepat.

Banyak sekali faedahnya kegiatan pramuka bagi yang mengerti,di Madrasahku kegiatan pramuka memang belum maksimal dilakukan oleh seluiruh siswa,karena memang pelatih pramuka itu sendiri yang belum ada,namun sejak hadirnya mahasiswa PL UIN Imam Bonjol Padang di MIN 2 Solok selama 3 bulan,maka kegiatan pramuka mulai digerakkan oleh guru guru dibantu oleh mahasiswa PL.

Dari 6 orang mahasiswa PL ada 2 orang yang di Kampusnya dia sangat aktif dalam kegiatan pramuka,Mega dan erna namanya.

Dan diakhir semester 1 kemaren,kordinator kegiatan bapak Budi Putra memberikan usul untuk melakukan kegiatan pramuka dalam bentuk Perjusa ( Perkemahan Jumat Sabtu ).

Kegiatan Perjusa regu pramuka PA dan PI terlihat begitu bersemangat,semua kegiatan mereka lakukan dengan sangat telaten,hingga menyisakan kenangan tersendiri bagi anak anak Madrasah.

sekarang diawal semester II dibulan Januari 2020,kegiatan itu kembali mereka lakukan dengan bantuan Mega sebagai Pembina Pramuka,sesuai dengan juknis BOS 2020 tentang petunjuk penggunaan dana BOS,disana dijelaskan bahwa kegiatan ekstrakurikuler akan lebih baik dilakukan oleh tenaga yang ahli dibidangnya dan berasal dari luar Madrasah,untuk pembayaran honornya, itulah salah satu unsur terbaik,setelah guru honor non sertifikasi,sementara untuk kegiatan ekrtakurikuler yang dilakukan oleh guru honor non PNS tetapi telah sertifikasi tidak boleh dibayarkan,kecuali pelaksanaan kegiatannya diluar jam dinas.

Kata anak anak,kak Mega pandai menarik minat mereka untuk mengikuti kegiatan pramuka,kak Mega pandai dalam latihan pramuka.

Itulah anak anak walau masih kecil kecil,namun mereka tau juga jika suatu profesi dilakukan oleh yang ahlinya,maka terasa lebih bersemangat.

Hidup pramuka MIN 2 Solok dibawah asuhan kak Mega..kak Budi..kak Loly..kak Amul dan kak Rinto.jayalah regu pramuka.

Solok,Sumatra Barat,senin 27 Februari 2020,tantangan Medya guru hari ke 8

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post