Delvia Andrini

Guru SMAN 2 Bukittinggi "Cinta yang patut kamu tunggu adalah rasa cinta pada diri sendiri,"...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sentuhan Gawai

Sentuhan Gawai

Tantangan Hari ke 71

Sobat...

Cara kita berkomunikasi sangat menentukan sekali pada keharmonisan hubungan kita dalam bersosialisasi dengan lingkungan. Apakah dengan keluarga, tetangga, di tempat kerja maupun dengan sahabat.

Berkomunikasi di dunia maya tentu akan berbeda dengan kita berkomunikasi dalam keseharian. Seperti berbicara dengan chat bisa saja menyebabkan salah persepsi atau salah pengertian jika kita salah menggunakan kata.

Berbicara dengan tulisan kita tidak bisa melihat ekspresi dari lawan bicara kita. Untuk itu jelilah memilih kata yang mau ditulis, serta hati-hatilah dalam membuat sebuah komentar. Karena sudah banyak hubungan silaturrahim terputus karena masalah komunikasi ini. Karena kesalahpahaman di gawai persabatan menjadi hancur.

Lliukan jemari di gawai sukses mengikis nilai-nilai kebersamaan yang dulunya indah dan berwarna.

Sinar yang memancar dari wajah yang tulus telah kita rasakan dan nikmati selama ini, saling bergandengan tangan memburu kebajikan, sebelum batu hitam itu hadir menutup mata hati dan merajut kebuntuan.

Hingga perlahan-lahan ada hati yang teriris perih oleh tajamnya pisau jemari yang diasah oleh sentuhan gawai. Mengobarak-abrik nilai-nilai persaudaran yang selama ini terjalin indah.

Ternyata Kebijakan dalam menyusun aksara sangatlah penting. Gemulainya sentuhan gawai kadang membuat kita terlena, kita ceroboh saat mengumbar kata, tidak sehati2 mulut dalam melempar aksara.

Begitu kejamnyakah sentuhan gawai???

Kemana perginya keanggunan kata yang selama ini kita agung-agungkan???

Yuk Sobat...gunakanlah bahasa yang santun, ramah dan bersahabat dalam berkomunikasi

Sama-sama mohon ampun kita pada yang satu atas semua salah yang telah terukir akibat kurang bijak dalam merangkai kata, atau salah meletakkan tanda koma dan titik.

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post