DELVIATI

PROFIL PENULIS Perempuan yang bernama lengkap Delviati, S. Pd., M. Pd. ini dilahirkan di Kota Medan pada tanggal 10 Januari 1970. Dari s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Meretas Belenggu Keraguan

Meretas Belenggu Keraguan

MERETAS BELENGGU KERAGUAN

Berawal dari analisis kebutuhan widyaiswara dan guru dengan kebutuhan menulis yang sangat penting diketahui, dipahami serta dilakukan sebagai bagian dari tuntutan profesi. Kegiatan ini dirancang dan dilaksanakan pada tanggal 11-13 Desember 2017 di LPMP Sumatera Barat. Peserta yang diundang terdiri dari Pejabat struktural, Widyaiswara, pengawas sekolah, Kepala sekolah serta guru-guru berbagai jenjang pendidikan yang dipilih dengan kriteria tertentu oleh LPMP.

Peserta pelatihan ini dibimbing oleh ahlinya. Narasumber yang didatangkan dari Media Guru Indonesia. Materi yang disajikan antara lain gerakan Satu Guru Satu Buku, Pengetahuan Dasar Dunia Buku, Kiat Menembus Penerbit, Metode Menulis Buku, Publikasi Buku, Bedah Naskah, Bahasa Penulisan Buku, Praktik Menulis Buku dan Strategi Pemasaran Buku.

Peserta dipandu langkah demi langkah oleh nara sumber dengan penuh kesabaran. Peserta yang merupakan penulis pemula seperti saya sangat terbantu menghilangkan keragu-raguan tentang kemampuan menulis yang dimiliki. Kami diberikan panduan menulis teori langsung praktik tentang outline, Pra Kata, sinopsis, testimoni, serta bagaimana kita menulis kolom tentang pengalaman kita belajar menulis.

Terkesan sekali dengan performance dari Bpk Muhammad Ihsan dan Mas Eko Prasetyo dalam membimbing kami. Pada mulanya saya merasakan berat, sulit dan seakan akan tidak akan mampu menulis. Detik demi detik berlalu tak terasa mulai pagi, siang dan sore bergulir demikian cepatnya. Kini jam dinding di ruangan Aula Engku Syafei ini sudah menunjukkan pukul 17:30 wib. Ini pertanda kegiatan akan segera diistirahatkan. Hari kedua ini terasa singkat dan saya merasakan satu denyutan kekurangan waktu. Keterseokan hari pertama tidak terasa lagi, belenggu takut menulis mulai terlepas satu demi satu. Hari ini terlahir keinginan menjadi seorang penulis. Terlepas dari bagus atau tidak, laku atau tidak, sukses atau tidak bahkan terlepas dari diterbitkan atau tidak. Keinginan yang menggebu ini belum pernah saya rasakan sebelumnya. Saking semangatnya saya sudah menyiapkan tiga tulisan beserta kerangkanya. Meskipun malu-malu untuk mengajukannya saya akan coba terus untuk menyelesaikannya moga terwujud dalam bimbingan dan bantuan berbagai pihak.

Penulis adalah peserta Bimtek Sagusabu di LPMP Sumatera Barat (11-13 Des 2017)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

tulisannya keren banget, bu. mengalir lancar dan renyah dibacanya. Salam kenal, bu Delviati

13 Dec
Balas

Terimakasih banyak pujiannya pak Leck Murman, senang dapat berkenalan dengan penulis yang sudah berpengalaman seperti Bapak. Mohon bagi ilmunya ya pak..salam manis dari Padang

13 Dec

Salam kenal Buk Delviati.

17 May
Balas

mantap bu Del, salam literasi

26 Feb
Balas



search

New Post