Deni Apriliawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
3.3.a.10 Aksi Nyata - Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid
Berkolaborasi mensukseskan Karya Wisata

3.3.a.10 Aksi Nyata - Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid

Oleh :

Deni Apriliawati, S.Pd

SD N Talang01

Calon Guru Penggerak Angkatan 4 – Kelas 119A

Kabupaten Tulungagung

Link Youtube : https://youtube.com/watch?v=nN-fO-69qlE&feature=share

A. Peristiwa (Fact)

Latar Belakang

Program yang berdampak pada murid adalah program yang meningkatkan keberpihakan pada murid, yang menguatkan apa yang dimiliki, mengajarkan anak atau mendorong kebermaknaan atau komitmen pada mereka, dan implementasi kepemimpinan murid atau secara kontekstual. Karakteristik lingkungan yang mendukung kegiatan mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana. Sekolah mampu mewujudkan program yang berdampak pada murid untuk menumbuhkan kreatifitas, bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid mengembangkan berbagai sikap-sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari mandiri, kreatif, dan gotong royong salah satunya melalui kegiatan karya wisata.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan pengalaman siswa melalui kegiatan secara langsung dan menumbuhkan kepemimpinan siswa dalam mengorganisir sebuah kegiatan sehingga dapat terlaksana sesuai yang diharapkan.

B- Buat pertanyaan

Melakukan sesi dialog dengan kepala sekolah, rekan sejawat, wali murid, dan murid tentang program karya wisata yang diminati murid dalam waktu 1 minggu.

A-Ambil pelajaran

· Survei dan observasi langsung pengalaman dan minat murid dalam keinginan berkarya wisata

· Guru memberikan pertanyaan ( yang telah diidentifikasi sebelumnya ) kepada murid, selama 3 hari bersama murid dan pihak terkait.

G-Gali Mimpi

Melalui musyawarah bersama murid, mendapatkan inspirasi (harapan/mimpi) umum dari lebih lebih banyak murid tentang program yang dapat meningkatkan bakat minat murid melalui kegiatan di sekolah

J-Jabarkan rencana

Identifikasi dan memanfaatkan asset sekolah dan lingkungan setempat untuk bisa diberdayakan dalam kegiatan karya wisata selama 1 minggu bersama tim dari murid.

A-atur Eksekusi

Menyediakan tempat dan ruang bagi murid untuk mengembangkan potensi melalui program kegiatan yang mendukung salah satunya program karya wisata.

Aksi Nyata yang saya lakukan memerlukan dukungan dari :

1. Kepala Sekolah

2. Teman Sejawat

3. Murid

4. orang tua/ wali murid dan komite sekolah.

Hasil dari Aksi Nyata

Hasil yang saya peroleh dari aksi nyata Modul 3.3 adalah bersama murid dan tim berkolaborasi untuk dapat menjalankan kegiatan yang telah diprogramkan agar dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan. Dengan adanya program tersebut kita dapat mendengarkan suara dan pilihan murid untuk kemudian menumbuhkan rasa kepemilikan murid berdasarkan pilihan yang telah ditetapkan. Sehingga dapat menumbuhkan sikap kepemimpinan dalam diri murid. Dalam setiap tahapan yang dilalui saya merasakan betapa antusias murid dalam melakukan berbagai alur kegiatan yang telah ditetapkan untuk dapat tercapainya tujuan yang diharapkan.

B. Feeling (perasaan)

Dengan adanya Program Karya Wisata ini murid merasa senang, bersemangat dan antusias untuk melakukan kegiatan tersebut. Hal tersebut terlihat dalam setiap tahapan yang dilaluinya mereka selalu bersemangat dan tidak merasakan lelah sedikitpun.

Dan saya secara pribadi juga merasa senang dan bangga dapat menjadi bagian dalam mewujudkan kepemimpinan murid melalui kegiatan karya wisata sebuah program kepemimpinan yang berpihak pada murid.

C. Pembelajaran (Finding)

Dalam pelaksanaan program tersebut saya dapat mengembangkan ide menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/ kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA dalam pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid. Tentang bentuk program sekolah sederhana dan membuat perencanaan program sekolah yang berbampak pada murid serta dalam pengelolaan program dengan strategi MELR dan manajemen risiko.

D. Penerapan ke Depan (Future)

Beginning

Bersama dengan komunitas praktisi identifikasi asset lain yang dapat diumanfaatkan dalam penyusunan program

Middle

Selanjutnya implementasi program yang berdampak pada murid dengan tahapan BAGJA

End

Komitmen dalam jadwal program serta melakukan monitoring dan evaluasi dalam pengelolaan program.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

13 Jul
Balas

MantapTak ada yang baru

04 Nov
Balas

MantapTak ada yang baru

04 Nov
Balas



search

New Post