Deni Apriliawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Aksi Nyata Modul 1.2 Peduli Lingkungan Memupuk Kepemimpinan Siswa

Aksi Nyata Modul 1.2 Peduli Lingkungan Memupuk Kepemimpinan Siswa

Deni Apriliawati_Kelas 119_CGP4_Tulungagung

Fasilitator : Bapak Suyatno, M.Pd., M.Kom.

Pengajar Praktik : Bapak Dr. Muhammad Ilman Nafi’an, M.Pd.

Pada Program Guru Penggerak Modul 1.2 kita telah membahas mengenai Peran dan Nilai Guru Penggerak. Adapun nilai tersebut adalah : a. Mandiri artinya tidak bergantung perintah orang lain, b. Reflektif adalah evaluasi diri terhadapi kelebihan dan kelemahan diri kita, c. Kolaboratif artinya memiliki sikap untuk berusaha melakukan kerjasama dengan orang lain, d. Inovatif artinya melakukan perbagai terobosan penemuan maupun mengadopsi teori baru untuk dikembangkan dalam pembelajaran agar lebih bervariatif dan dapat mengoptimalkan perkembangan peserta didik, dan e. Berpihak pada Anak artinya segala upaya pembelajaran yang kita lakukan adalah untuk kebutuhan dan sesuai bakat, minat dan keinginan peserta didik.

Selanjutnya kita juga mempelajari Peran Guru Penggerak, antara lain: 1. Menjadi Pemimpin Pembelajaran, artinya mendorong wellbeing ekosistem pendidikan sekolah, 2. Menggerakkan Komunitas Praktisi, 3. Menjadi Coach Bagi Guru Lain, 4. Mendorong Kolaborasi Antar Guru, 5. Mewujudkan Kepemimpinan Murid, yaitu mendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid di sekolah.

Untuk itulah saya memilih “Program Taman Sekolah” sebagai aksi nyata saya, dengan harapan kegiatan tersebut dapat mewujudkan Kepemimpinan Murid. Saya sangat senang sekali dalam melakukan aksi nyata tersebut. Anak-anak sangat antusias sekali ketika saya menyampaikan rencana untuk membuat taman sekolah. Saya berusaha memfasilitasi anak-anak untuk semakin peka terhadap lingkungan dengan memelihara lingkungan sekitar melalui pembuatan taman sekolah. Dalam membuat taman tersebut saya berusaha memunculkan kemandirian anak dan saya ingin mengasah rasa peduli peserta didik terhadap lingkungan dengan memelihara tanaman yang telah mereka tanam.

Rencana awal yang saya lakukan adalah melakukan Perencanaan, dimana saya berkoordinasi dengan Ibu Kepala Sekolah dengan menyampaikan rencana saya untuk membuat taman sekolah di depan Kelas 5. Kepala Sekolah menyambut baik rencana saya dan mempersilahkan saya untuk melaksanakannya. Selanjutnya saya mengajak murid-murid saya untuk berdiskusi mengenai program tersebut dan ditemukan kesepakatan sebagai berikut: Pelaksanaan program dilakukan pada hari Jum’at, 19 Nopember 2021, anak-anak sepakat untuk membawa tanaman dari rumah mereka masing-masing untuk di tanam di sekolah, serta membawa peralatan untuk menanam misal: sabit atau skop kecil.

Berikut link foto kegiatan aksi nyata yang kami lakukan :

https://docs.google.com/document/d/128k-yW2k7ve3bGe8sYM6GWjosoOGRCWh/edit?usp=sharing&ouid=105357389467669299783&rtpof=true&sd=true

Dalam proses pelaksanaan program tersebut anak-anak sangat antusias berbagi tugas dan bekerjasama dengan teman-temannya. Namun demikian tidak dipungkiri adanya beberapa kekurangan yang saya rasakan, dimana pada hari pelaksanaan masih ada anak yang hanya menonton temannya yang sedang menanam. Sehingga peran kita sebagai guru adalah memberikan arahan kepada mereka agar terlibat dalam kegiatan tersebut dan membantu temannya. Diakhir kegiatan anak-anak bersepakatan untuk merawat bersama tanaman yang sudah mereka tanam sesuai jadwal piket kelas.

Berikut ini saya sertakan juga link testimoni dari Ibu Suci Kurniastuti, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Negeri Talang01.

https://drive.google.com/file/d/10eEFBd9ouJMZVsuHFmn1EDEgrwtpNzhW/view?usp=sharing

Salam dan Bahagia

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post